Apa Itu Server Hosting?

21 Feb 2023 13:49 658 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Kesimpulannya, Server Hosting merupakan tempat menyimpanan data, dimana nantinya server akan menampilkan data-data tersebut pada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, Opera. Adapun server hosting terdiri dari kata server dan hosting

Apa Itu Server Hosting?

Server Hosting merupakan tempat menyimpanan data, dimana nantinya server akan menampilkan data-data tersebut pada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, Opera. Adapun server hosting terdiri dari kata server dan hosting. Berikut beberapa pengertian dari server dan hosting:

 

Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan data atau file computer, hosting memiliki entuk fisik yang biasa disebut dengan server. seperti gambar, vidio, audio dan sebagainya.

Tanpa adanya hosting, tentu saja anda tak bisa membuat website. Itulah kenapa, Anda perlu menyewa hosting terlebih dahulu untuk membuat website.

Selain dipakai untuk menyimpan data, web hosting juga sering dipakai untuk aktivitas file transfer pada FTP dan pusat data email. 

 

Cara Kerja Web Hosting

Hosting web akan bekerja ketika file yang membuat situs web diunggah dari komputer lokal lalu ke server web. Sumber daya server, (RAM, ruang hard drive, dan bandwidth) dialokasikan ke situs web yang menggunakannya. 

 

Apa Saja Fungsi dari Hosting

Jadi tentu setiap alat untuk digunakan pasti selalu ada fungsinya bukan? Maka web hosting ini juga sama, sebelum melakukan web hosting pastikan Anda memahami fungsi-fungsi terhadap hosting agar bisa memaksimalkan kebutuhan Anda terhadap hosting.

  • Tempat Menyimpanan Data

Fungsi utama dari sebuah web hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga bisa diakses oleh orang banyak dengan jaringan internet.

  • Alamat Akses atau Link Website

Hosting juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS. jadi biarpun website atau situs kamu sudah terdaftar dalam DNS tetapi tidak dimasukan dalam web hosting, website tersebut tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Bahkan bisa memunculkan keterangan error saat ada orang lain ingin mengaksesnya.

  • Menjaga Website atau Aplikasi Tetap Online

Fungsi terakhir dari web hosting yang terakhir sangatlah penting untuk sebuah website atau aplikasi, bahkan fungsi ini hanya ada di hosting . dimana website kamu akan selalu dalam kondisi online selama penyedia hosting website tetap terjaga dan tidak ada masalah.

Server 

Server adalah sebuah system computer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan computer. Server memiliki software dan hardware yang berfungsi sebagai pemberi data kepada web client agar browser bisa menampilkan halaman website tertentu.

 

Apa Saja Fungsi dari Server

  • Melayani Permintaan Client Computer

Secara umum, fungsi utama server adalah merespon setiap permintaan dari client agar bisa di proses. baik itu permintaan data atau aplikasi untuk dijalankan oleh klien.

  • Mengatur Lalu Lintas Transfer Data atau File

Server akan mengatur komunkasi dan transfer informasi pada client. Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya server jaringan ketika banyak klien yang akan mengajukan permintaan? dengan begitu perangkat server biasanya memiliki kapasitas seperti hardisk dan RAM yang cukup tinggi.

  • Mengamankan dari Serangan Kejahatan

Yang terakhir adalah untuk melindungi komputer atau website dari serangan hackers. Jika terjadi hal yang mencurigakan server akan mengecek alamat ip dan informasi lainnya, seperti ancaman malware, server dapat mencegah akses alamat ip tersebut. Dengan begitu data-data yang tersimpan pada komputer dapat tetap aman.

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel