Cara Install Wordpress Pakai cPanel

16 Feb 2023 12:05 621 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
anda bisa langsung mengelola website karena WordPress sudah terinstal otomatis

Apa Itu WordPress?
WordPress adalah salah satu platform content management system yang bersifat open-source, artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform tersebut. selain itu, karena sifat open source-nya, WordPress dapat digunakan secara gratis.
WordPress pada saat ini terbagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org. walaupun memiliki nama yang sama sebenarnya WordPress ini berbeda. WordPress.com adalah platform pembuat website dari WordPress dan sekaligus memberi hosting dan domain.
Sedangkan WordPress.org adalah penyedia platform CMS WordPress yang dapat diunduh dan diinstall secara gratis, untuk menggunakan layanan ini pengguna harus berlangganan hosting dan mendapatkan domain di penyedia lain.
Cara menginstal WordPress menggunakan cPanel.
mengganti WordPress di cPanel bisa dilakukan dengan cara manual dan menggunakan auto installer Softaculous.di poin ini akan kita bahas cara install WordPress manual terlebih dahulu.

  •  Unduh File Instalasi WordPress:langkah pertama, unduh file instalasi WordPress di situs resminya.simpan file ZIP tersebut, tanpa perlu diekstrak.file ZIP ini akan digunakan pada langkah selanjutnya.
  • Unggah File Menggunakan File Manager:Langkah kedua adalah mengunggah file ZIP WordPress yang telah diunduh sebelumnya menggunakan file Manager cPanel.

*Akses File Manager di cPanel Anda.
*Buka direktori public_html di kolom sebelah kiri, lalu klik tombol upload di bar menu.
*Pilih file ZIP WordPress yang sudah diunduh sebelumnya.
*Tunggu sampai bar upload file berwarna hijau, lalu klik Go Back to di bawahnya.
*Pilih file ZIP WordPress, lalu klik kanan dan pilih “Extract”.
*Setelah diekstrak, file ZIP tadi akan berada di folder wordpress. Agar kita bisa mengakses blog melalui http://domainanda.com/wordpress ,kita harus memindahkan semua file di folder wordpress ke direktori public_html.
*Pilih semua file di folder wordpress, lalu klik kanan dan pilih move.setelah itu kita akan disediakan  tujuan public_html/wordpress. Hapus kata wordpress dan kita akan mendapatkan tujuan ke direktori public_html, lalu klik move.
*Setelah memindahkan semua file wordpress ke direktori public_html, kita bisa menghapus folder wordpress dan file ZIP-nya.

  • Buat Database MySQL

Membuat database di MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan MySQL Databases atau MySQL Databases Wizard. Di cara install WordPress menggunakan FTP, kami sudah menggunakan MySQL Databases.
Kali ini kami akan menggunakan MySQL Databases Wizard. Tidak jauh berbeda dengan MySQL Databases, Anda perlu mengisi informasi-informasi seperti nama database, username, dan password. Kemudian klik Create User
Setelah mengisi semua informasi di atas, Anda perlu memberikan hak akses ke pengguna Anda dengan memilih ALL PRIVILEGES, lalu klik Next Step.
Tahap membuat database di MySQL sudah selesai

  • Jalankan Instalasi WordPress

Nah, setelah mengunggah semua file instalasi WordPress dan membuat database MySQL, kini saatnya kita membuka domain kita di browser untuk melanjutkan proses instalasi.
Pertama, pilih bahasa yang akan kita gunakan di WordPress
Kedua, klik Let's Go untuk mulai mengisi informasi database MySQL yang sudah kita buat sebelumnya.
Ketiga, di bagian ini kita diminta mengisi informasi database MYSQL yang sudah dibuat sebelumnya, mulai dari nama database, username, password, database host, hingga table prefix.
Keempat, jika tidak ada error dalam pengisian database informasi WordPress akan melanjutkan proses instalasi. Klik Jalankan untuk Menginstal
Kelima, di bagian ini kita akan diminta untuk mengisi informasi website dan administrator:
Judul Situs : Judul Situs Web kita
Nama pengguna : Nama pengguna administrator
Kata sandi : Kata sandi administrator
Email Anda : Alamat email administrator
Visibilitas Mesin Pencari : WordPress akan mencegah mesin pencari untuk membaca situs web kita jika bagian ini dicentang.

  • Instalasi Selesai

Jika tidak ada error, kita sudah bisa langsung login ke admin WordPress kita.

Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 21
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel