Penerapan AI (Artificial Intelligence) di Kehidupan Sehari-hari Saat ini

14 Feb 2023 13:00 531 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kecerdasan buatan atau istilahnya artificial intelligence perlu disadari saat ini sudah banyak bertebaran dan diterapkan di berbagai bidang. Memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia.

Tahukah Anda bahwa teknologi kecerdasa buatan atau AI (Artificial Intrlligence) saat ini sudah banyak dipakai dimana-mana terutama di dunia industri. Bahkan AI pun sering kita jumpai di kehidupan seharu-hari. Kecerdasan buatan menarik banyak sekali perhatian dari mata dunia karena sangat membantu dalam urusan pekerjaan sehari-hari.

APA ITU AI???

AI atau yang sering disebut Artificial Intelligence adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang diterapkan pada mesin, bahkan di program sehingga dapat berpikir layaknya manusia.

Secara singkat AI adalah sistem komputer yang dapat melakukan pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh manusia.

Teknologi AI memerlukan data untuk dijadikan sebagai ilmu pengetahuan, sama seperti manusia. AI membutuhkan pengalaman dan juga data supaya kecerdasannya dapat meningkat. Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning, dan juga self correction. Dalam proses belajar AI akan dengan sendiri belajar berdasarkan pengalaman saat AI digunakan oleh manusia.

Kecerdasan buatan AI sudah sering diterapkan dibanyak bidang seperti industri, bisnis, medis, pendidikan, hingga dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh dari penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari:

1. DeepFace Facebook

Salah satu contoh AI yang sering kita jumpai adalah DeepFace yang dimiliki oleh Facebook. teknologi ini berfungsi untuk mengenali wajah orang yang ada dalam postingan foto. Dengan ini Anda tidak perlu lagi menandai seseorang yang ada dalam foto anda secara manual karena AI telah melakukan pekerjaan tersebut untuk memudahkan Anda.

2. Rekomondasi e-Commerce

Penerapan AI yang sering kita jumpai salah satunya adalah rekomondasi produk pada e-Commerce. Mungkin Anda pernah berbelanja ada produk-produk yang direkomndasikan pada Anda. Nahh, produk yang direkomondasikan kepada Anda itu bukanlah hasil prediksi seseorang, melainkan hasil dari proses prediksi AI.

3. Asisten Virtual

Contoh dari AI yang berikutnya adalah asisten virtual. ada banyak penyedia asisten virtual seperti Google assistant, Siri atau Alexa. Seperti asisten pada umumnya, asisten ini akan membantu Anda dalam berbagai hal seperti membantu anda dalam mengurus jadwal pertemuan, dapat diperintah untuk melakukan pengiriman pesan bahkab penyetelan musik untuk Anda. Asisten virtual ini akan terus belajar seiring dengan penggunaannya sehingga asisten ini dapat mengetahui apa yang Anda sukai dan juga yang tidak Anda sukai.

Secara garis besar, sebuah kecerdasan buatan dapat melakukan salah satu dari ke 4 faktor berikut:

1. Acting humanly, yaitu sistem dapat bertindak sebagaimana layaknya manusia.

2. Thinking humanly, yaitu sistem dapat berpikir seperti manusia.

3. Thinking rationally, yaitu sistem dapat berpikir sexara rasional.

4. act rationally, yaitu sistem dapat bertindak secara rasional.

AI AKAN TERUS BERKEMBANG!!!

AI akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya waktu dari masa ke masa. Tentunya, AI juga akan mrnjadi lebih baik lagi dengan lebih banyak perbaikan, pengembangan, serta penerapannya.

Kecerdasan buatan tidak selalu digambarkan secara negatif yang akan menggantikan peran manusia. Walaupun ada beberapa pekerjaan yang dapat tergantikan oleh AI, namun AI juga membawa pekerjaan atau profesi yang baru seperti data scientist, atau lainnya.

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel