Tutorial memasang CCTV Wireless

11 Feb 2023 19:30 889 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kelebihan CCTV Wireless adalah para pengguna yang dapat mengecek dan mengontrol area yang dipasangi CCTV dari manapun bahkan dari jarak jauh menggunakan internet. Selain itu, cara pemasangan yang lebih mudah dan harganya yang lebih murah.

TUTORIAL PEMASANGAN CCTV WIRELESS

Tidak banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara memasang CCTV  Wireless di rumah mereka. Padahal sebenarnya pemasangan CCTV tidaklah sulit.

Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dan mengoneksikannya dengan perangkat yang ada. CCTV dapat bermanfaat bagi banyak hal selain untuk keamanan saja. Misalnya, untuk mengawasi kinerja karyawan yang ada di kantor.

Dengan memasang CCTV, Anda tidak perlu lagi mengawasi dengan cara mendatangi dan melihat ruangan satu per-satu karena Anda hanya perlu melihat layar monitor komputer Anda untuk melihat semua isi ruangan menggunakan CCTV. Selain itu, CCTV dapat menambahkan tingkat keamanan rumah ataupun kantor Anda.

Cara Memasang CCTV Wireless Dengan Mudah

Saat ini, CCTV bisa kita dapatkan dengan mudah. Banyak sekali yang harganya murah tetapi dengan kualitas bagus. Salah satunya yaitu CCTV Wireless yang dapat digunakan tanpa kabel.

Kelebihan CCTV Wireless adalah para pengguna yang dapat mengecek dan mengontrol area yang dipasangi CCTV dari manapun bahkan dari jarak jauh menggunakan internet. Selain itu, cara pemasangan yang lebih mudah dan harganya yang lebih murah.

Perencanaan Sebelum Memasang Kamera CCTV

  1. Untuk didalam ruangan, pilih sudut dalam ruangan dari mana sebagian besar pintu masuk ke ruangan terlihat. Apa yang ingin dipantau dan mendapat tampilan terbaik.
  2. Kabel dan koneksi harus dijauhkan dari cuaca seperti hujan.
  3. Sangat dianjurkan  untuk memasang kamera CCTV di posisi yang tinggi dan jauh dari bahaya.
  4. Tempatkan kamera cukup dekat dengan area yang ingin diawasi. Posisi terbaik ialah dari atas sekitar 4 meter.
  5. Pastkan kamera hanya memiiki tampilan langit sangat minim pada siang hari. Karena dapat membuat gambar latar depan menjadi gelap.
  6. Pikirkan tentang kemungkinan besar cara pencuri berpotensi masuk. Gunakan kamera pengawas untuk mendapatkan gambar terbaik ditempat tersebut.
  7. Casing kamera yang tahan air serta kondisi cuaca yang berbeda. Serta kabel dan konektor yang diberi perlindungan tambahan.
  8. Meski kamera tahan cuaca dan anti air, tapi jika terlalu lama berada di cuaca yang buruk akan rusak.

Aspek terpenting dalam memasang sistem kamera CCTV adalah memilih tempat yang tepat untuk kamera dan DVR, supaya bisa memaksimalkan jangkauan kamera dan meminimalkan kerusakan. Pemilihan lokasi yang tepat akan mengurangi kerugian yang memengaruhi kualitas video.

5 Langkah Memasang CCTV Wireless

  1. Pertama kali yang harus kita lakukan adalah mengoneksikan IP address kamera. Nyalakan IP address dari DVR untuk dihubugkan dengan perangkat yang akan digunakan misalnya laptop atau komputer.
  2. Kedua, sesuaikan alamat IP laptop atau komputer di control panel dengan alamat IP yang ada dari DVR atau CCTV.
  3. Jika peraturan alamat IP sudah beres, maka langkah selanjutnya adalah soal software IP installer pada kamera.
  4. Lalu, setelah semua langkah sesuai pada buku panduan tersebut dilakukan maka uji coba terlebih dahulu sebelum dipasang. Masuk pada browser yang anda miliki di laptop atau gadget yang dimiliki. Lalu setting menu security. Setelahnya, masukan alamat IP yang anda telah setting tadi.
  5. Jika berhasil, maka hanya tinggal melakukan pemasangan. Yang perlu diperhatikan, ambil sudut terbaik agar bisa mencakup area yang luas.

Nyalakan Sistem CCTV

  1. Mulailah dengan menyalakan kamera diikuti dengan layar dan DVR.
  2. Siapkan DVR sesuai dengan panduan pengguna yang disediakan dengan DVR.
  3. Periksa setiap kamera untuk mengonfirmasi, bahwa semua kamera berfungsi dengan baik, serta memberikan sudut pandang yang diinginkan.

Pemasangan CCTV Wireless hanya perlu membutuhkan switch terdekat saja tanpa perlu memikirkan ruangan dan dinding yang dibor untuk instalasi kabel.

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel