Setting MikroTik Hotspot

11 Feb 2023 18:30 1031 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mikrotik Hostpot adalah solusi untuk pengguna WiFi yang ingin tersedianya menu login. Sehingga, pemilik WiFi bisa menjual WiFi yang mereka pasang

MIKROTIK.

mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal mencakup beberapa fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless yang cocok digunakan untuk ISP privider dan warnet.

 

HOTSPOT.

mikrotik router memiliki fitur hotspot,pada metode hotspot,yang kebanyakan WiFi hotspot tidak di password dan semua user bisa dikonek dan kemudian akan diarahkan login kedalam web browser,tiap user dapat login dengan berbeda beda username dan password metode seperti ini yang sering digunakan diwifi cafe,sekolah, kampus maupun area publik lainnya, hotspot merupakan teknologi nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain.

 

MIKROTIK HOTSPOT.

MikroTik hotspot adalah solusi untuk pengguna wifi yang ingin tesedianya menu login,hingga pemilik wifi tersebut bisa menjual wifi yang mereka pasang dirumah,kamu juga dapat mengatur bandwidth dan batsan unduhan dan harga paketnya. pengguna yang ingin menggunakan wifi tersebut harus login dengan cara memasukan username dan password dihalaman login,lalu bagaimana cara tersebut agar bisa dilakukan?,dibawah ini akan dijelaskan cara setting MikroTik hotspot.

KELEBIHAN HOTSPOT DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK.

denggan menggunakan mikrotik sebagai hotspot kita dapat mengkonfigurasi jaringan wireless yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu dapat manajemen user user tersebut, misalnya mengatur durasi titsal penggunaan hotspot per user,membatasi berapa besar data yang bisa didownload tiap user,mengatur konten apa saja yang boleh diakses user.

 

KEKURANGAN HOTSPOT DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK.

adanya kekurangan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi kelemahan tersebut dikarenakan mudahnya membangun sebuah jaringan wireless,wited equivalent privacy(WEP) yang menjadi standar keamanan wireless sebelumnya dapat mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.

 

CARA SETTING MIKROTIK HOTSPOT.

sebelum mengatur MikroTik hotspot kita harus pastikan jaringan internet nirkabel kita dapat digunakan denggan baik, setelah itu aktifkan fitur router MikroTik seperti contoh berikut ini:

Masuk ke menu ip. masuk ke menu ip lalu pilih bagian Hotspot untuk mengatur Hotspot, selanjutnya klik Hotspot setup.

Pengaturan Hotspot setup. jendela Hotspot setup akan muncul pilih interface yang akan diaktifkan untuk Hotspot dirumahmu,jika IP LAN Mikrotik untuk gateway akan teris secara otomatis lalu tekan next,jika muncul bagian address pool of network,lalu tekan next setelah itu pilih none untuk certificate.

Isi beberapa data yang dibutuhkan. masih dijendela hotspot lalu isi juga beberapa data,yaitu ip address SMPT dengan 0.0.0.0. DNS Name

Buat user name dan password. buat username pertama dan password yang akan ada dihalaman login mikrotik hotspot lalu masukan user dengan admin dan password kosongkan.

Test mikrotik hotspot. setting sudah selesai kita bisa coba dengan menghubungkan perangkat ke wifi tersebut dengan memasukan username dan password yang telah dibuat sebelumnya setelah itu lalu login.

Ubah username dan password. jika kita sudah sukses melakukan setting mikrotik hotspot yang ditandai dengan berhasil terhubung ke jaringan internet,ubah username dan password dengan cara masuk ke menu TP,lalu pilih hotspot dan tekan tab users. selanjutnya dijendela New hotspot user tekan tab general dan isi nama dan password sesuai ke inginan klik apply untuk menyimpan perubahan.

Selesai. cara setting mikrotik hotspot sudah selesai kita bisa mencoba apakah jaringan wifi tersebut sudah tersambung atau belum.

itulah cara setting MikroTik hotspot yang bisa kamu ikuti semoga dapat membantu.

Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 21
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel