10 Hal Yang Menjadi Pantangan Seorang Teknisi Komputer

9 Feb 2023 11:30 1085 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknisi komputer bertugas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan, mengelola, mengembangkan dan memperbaiki perangkat keras dan lunak. Dalam menjadi teknisi komputer juga banyak pantangan dan etika yang harus kita terapkan contoh, harus bersikap jujur dan bertanggung jawab,ketika itu sudah berjalan maka pelanggan pun akan percaya dan merasa nyaman ketika berlangganan ke anda.

Teknisi Komputer 

Teknisi Komputer bertugas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan, mengelola, mengembangkan, dan memperbaiki perangkat keras dan lunak untuk infrastruktur TIK agar dukungan layanan TIK di unit kerja lancar dan tersedia dengan baik.

Menjadi seorang teknisi komputer, baik itu di tempat sendiri atau pun sebagai karyawan orang lain, pastilah memiliki bermacam tantangan. Berbagai tantangan ini bisa berupa hal-hal yang dapat memancing emosi, hal-hal yang dapat memancing untuk mengingkari janji, dan masih banyak lagi. Apabila pantangan ini dilanggar jelas kita akan di cap oleh pelanggan sebagai teknisi yang kurang baik.

Apabila itu terjadi dapat dipastikan bahwa pelanggan tidak dapat percaya lagi kepada anda, jika sudah seperti itu maka ke ekonomian anda berkurang, Nah supaya tidak terjadi hal tersebut maka dari itu anda harus menjadi teknisi yang baik,dan bertanggung jawab agar pelanggan merasa percaya dan tidak takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk menjadi teknisi yang baik, ada beberapa tips dan trik menjadi teknisi komputer yang baik. berikut cara/tips agar menjadi teknisi komputer yang baik :

  • Harus Sopan

yang pertama yang harus anda lakukan adalah bersikap sopan kepada siapa pun. Baik itu kepada pelanggan, atau pun ke orang yang lebih tua dari kita. sopan mengajarkan kepada kita bahwa etika itu penting dalam kehidupan sama halnya pada teknisi jika kita berprilaku sopan kepada siapa pun,ini menjadi penilaian  pertama anda bahwa anda termasuk orang yang baik.

  • Harus Jujur

Selain sopan, etika yang harus di terapkan seorang teknisi komputer yaitu jujur dan menanamkan  kejujuran itu dalam diri kita. Contoh: jika anda diberi tanggung jawab mengerjakan sesuatu namun anda tidak bisa mengerjakannya, maka lebih baik katakanlah dengan jujur bahwa kita tidak bisa atau belum bisa.

  • Harus menepati janji

Salah satu hal yang paling dibenci pelanggan adalah, ketika anda berjanji namun tidak bisa menepatinya. misalnya, anda berjanji akan menyelesaikan servisan laptop pelanggan dalam 1 minggu, dan ternyata karena ada urusan lain, Anda tidak bisa menepatinya. bahkan hingga pelanggan merasa kesal karena, berminggu-minggu tidak kunjung selesai.

hal tersebut merupakan hal yang tidak seharusnya anda lakukan, yang seharusnya anda kerjakan adalah sebisa mungkin menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu. justru lebih baik jika anda menyelesaikannya lebih cepat dari waktu yang ditentukan 

  • Bertanggung Jawab

Jika anda ingin menjadi teknisi yang baik, Seharusnya anda memiliki sikap tanggung jawab kepada para pelanggan. Sikap tanggung jawab ini sangat diperlukan, karena anda telah dipercaya dan diberi amanat oleh pelanggan, untuk mengerjakan  tugas anda sebaik baiknya.

Memang pekerjaan menjadi teknisi itu resikonya sangat besar. Jika anda melakukan kesalahan terhadap pelanggan, Maka yang harus anda lakukan pertama adalah anda harus bertanggung jawab, dengan cara seperti ganti rugi atau memperbaiki kesalahan tersebut.

  • Kemampuan komunikasi yang baik

komunikasi juga termasuk hal yang harus dilakukan bagi teknisi, Dalam berkomunikasi kita harus memiliki komunikasi yang baik, sopan, tidak kasar dan jelas. Agar para pelanggan merasa aman dan nyaman ketika berkomunikasi dengan kita 

  • Belajar Komputer

Belajar juga hal pokok ketika anda ingin menjadi ahli dalam bidang tertentu, Termasuk jika anda ingin menjadi teknisi komputer namun anda tidak mengetahui apa itu teknisi, pastinya anda akan bingung, jadi belajar juga wajib kita terapkan supaya menjadi teknisi komputer yang baik dan benar   

Di dalam teknisi komputer juga pasti ada pantangan yang harus anda hindari atau dilarangnya anda melakukan hal tersebut. Berikut pantangan yang harus anda hindari.

 

Pantangan seorang teknisi komputer

  • Tidak boleh membiarkan data-data pelanggan tersebar
  • Tidak boleh mengubah konfigurasi di dalam jaringan tanpa sepengetahuan pelanggan
  • Ceroboh
  • Menghindari konflik/tanggung jawab
  • Cara melayani pelanggan tidak sopan
  • Tidak disiplin
  • Tidak boleh mencuri,atau merusak komponen di dalam perangkat komputer 
  • Tidak Jujur
  • Cara berkomunikasi tidak lancar atau tidak jelas

Baiklah, saya rasa cukup sekian penjelasan tentang menjadi teknisi komputer, semoga bermanfaat bagi anda. Yang terpenting dari semua ini jagalah kepercayaan pelanggan dengan cara bersikap jujur dan bertanggung jawab

 

 

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel