Pengembangan Teknologi Jaringan

8 Feb 2023 13:00 768 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
jaringan seluler akan semakin lebih berkembang agar bisa mengimbangi perkembangan teknologi

Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler

  • Perkembangan Teknologi 1G,2G,3G,4G,dan 5G.

 “G” pada setiap Teknologi pada1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G adalah Generasi. Teknologi sudah maju dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya. GPRS adalah generasi pertaman yang disusul dengan Edge dengan memberikan layanan lebih cepat lalu 3G dengan menghadirkan layanan tercepat dan akhirnya teknologi sekarang 3.5G menyingkirkan semua menghadirkan layanan lebih cepat untuk akses data, dan pasti akan hadir layanan 4G.âââ

  • Perjalanan Generasi

G adalah Generation 

1G – Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps

2G – Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps

3G – Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps

3.5G – Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps

4G – Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 3-5 mbps

5G – Gigabit per second in a few years (?) 1+ gbps

disini akan dijabarkan secara singkat definisi dari setiap kata yang berhubungan dengan teknologi.

GPRS (General Packet Radio Service):suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Fasilitas yang diberikan oleh GPRS : e-mail, mms (pesan gambar), browsing, internet. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps.

EDGE (Enchanced Data For Global Evolution): teknologi perkembangan dari GSM, yang memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

UMTS (Universal Mobile Telecomunication Service):perkembangan selanjutnya dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling*). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps.

HSDPA (Hght Speed Downlink Packet Access): merupakan hasil dari perkembangan akses data selanjutnya dari 3G.HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA yang masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sama seperti 480kbps, tapi pastinya HSDPA lebih cepat. 

1 Generation.

Jaringan 1G pertamakali ditemukan di tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi jaringan. Yang harus kita ketahui bahwa ini adalah standar baru dari teknologi jaringan. karena ini sebuah ponsel generasi pertama mereka membuat nya sangat serius mereka membuat ponsel yang kuat dan handal yang akhirnya tersebar ke seluruh dunia.Generasi pertama atau 1G merupakan teknologi handphone yang menggunakan sistem analog.Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi yang disebut Frequency Division Multiple Access (FDMA).

2 Generation

pada Generasi kedua ini memiliki fitur CSD sehingga transfer data lebih cepat. sekitar 14.4KBPS. Anda juga dapat mengirimkan pesan tetapi Fitur CSD ini dapat menghabiskan biaya yang besar karena jika kita ingin terhubung ke internet kita harus menggunakan dial-up yang dihitung permenit.

3 Generation

pada tahun 2001 sampai 2003, EVDO Rev 0 pada CDMA2000 dan UMTS pada GSM pertama merupakan cikal bakal generasi ke tiga (3G) diperkenalkan. yang diharapkan bisa menjadi pengganti GPRS yang baik, sebab kita tidak perlu mengupgrade hardware secara ekstrim dan tidak terlalu banyak mengeluarkan budget.

3.5 Generation

3,5G ini memenuhi penggunanya untuk mengunduh beragam sajian multimedia, seperti streaming video, streaming musik, mobile TV,berita keuangan, memutar kumpulan lagu secara penuh, dan unduh karaoke dengan kecepatan tinggi.

4 Generation

4G yang memiliki kecepatan 500 kali lebih cepat daripada CDMA2000 yang bisa memberikan kecepatan hingga 1Gbps jika kita di rumah atau 100Mbps ketika bepergian.Sistem 4G dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.Ini dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel bisa dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi.

5 Generation

5G (jaringan seluler generasi ke-5 atau 5 generasi nirkabel sistem) adalah nama yang digunakan dalam beberapa makalah penelitian dan proyek-proyek untuk menunjukkan fase utama berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G/IMT-Advanced efektif sejak 2011.

Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 22
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel