Perkembangan Teknologi Jaringan

8 Feb 2023 17:00 747 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
banyak manfaat dengan adanya jaringan internet salah satunya adalah memperluas wawasan, memperbesar peluang bisnis, sebagai tempat berkreativitas. Selain itu juga jaringan internet tidak luput dari kekurangan misalnya terjadinya penipuan, sebagai tempat judi, pornografi bahkan pencemaran nama baik.

Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler                                                                         

1G, 2G, 3G, 4G, 5G


Jaringan seluler telah berkembang pesat sejak pertama kali digunakan, dengan tingkat kecepatan dan dukungan transfer datanya yang sudah semakin canggih. Sebelum kita bahas mengenai sejarah perkembangan teknologi jaringan mulai dari 1G sampai yang terbaru 5G.

Kira-kira, seperti apa perkembangan teknologi jaringan seluler dari awal hingga di masa sekarang? sebelum mengenal lebih dalam kita pahami dulu apa itu jaringan seluler.

Mobile Network atau Jaringan seluler adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan antar pengguna secara nirkabel menggunakan gelombang radio. jaringan ini didistribusikan di area daratan dengan setidaknya satu transceiver tetap yang berperan sebagai stasiun.

Dalam perkembangannya , jaringan teknologi telah melewati beberapa kali pengembangan teknologi yang cukup signifikan dampaknya. Pengembangan ini menuju pada sisi kecepatan , jangkauan dan berbagai hal yang semakin canggih.

Lalu, seperti apa perkembangannya dari mulai generasi 1G yang merupakan jaringan pertama sampai pada generasi 5G?

  • Jaringan Seluler 2G: GSM & CDMA (Generasi kedua)

Teknologi jaringan 2G diperkenalkan pada tahun 1991 di Finlandia yang ditandai dengan mulai digunakannya gelombang digital. pada zamannya perubahnnya pun sangat signifikat karena jangkauan yang lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya (1G)

Teknologi 2G ini disebut sebagai GSM ( Global System For Mobiles ) dan CDMA yang telah didukung pengiriman SMS dan suara sekaligus. 

Di era 2G ini, masyarakat indonesia bisa menikmati jaringan seluler secara bebas. mungkin dari kalian pernah merasakan era Nokia yang masih menggunakan jaringan 2G pada zamannya dan memiliki laya monokrom kala itu.

  • Jaringan Seluler 3G: WCDMA (Generasi Ketiga)

Teknologi jaringan 3G pertama kali ditemukan pada tahun 1998 dan diperkenalkan tahun 2001 di Jepang dengan berbagai peningkatan untuk memberikan kualitas jaringan internet yang lebih baik.

Teknologi 3G awalnya dikenal sebagai WCDMA (Wideband Code Divion Multiple Access) yang mendukung kecepatan internet hingga 2 Mbps atau hampir 10x lebih cepat dari teknologi sebelumnya.

Di era 3G, kita juga sudah menikmati layanan serba online seperti live streaming , game online, vidio call, vidio streaming dan lain-lain 

Teknologi 3G kemudian ditingkatkan lagi menjadi teknologi 3.5G HSDPA yang mendukung kualitas lebih baik dari segi jaringan ataupun kecepatan.

  • Jaringan Seluler 4G (Generasi Keempat)

Dari waktu waktu teknologi jaringan kini berkembang lebih pesat dan canggih ditandai dengan hadirnya generasi keempat yaitu 4G. Dari sisi kecepatan 4G memiliki kecepatan  500x lebih cepat dibandingkan dengan 3G pendahulunya. Sedangkan dari sisi fungsionalnya 4G tidak hanya terbatas pada telepon seluler saja, namun juga bisa digunakan di berbagai macam perangkat yang menggunakan gelombang digital..

Teknologi 4G juga membawa sensasi menerima panggilan di atas frekuensi VoLTE (Voice over LTE). ini membuat kualitas telepon menjadi jauh lebih baik dibanding pendahulunya karena memanfaatkan frekuensi dengan teknologi terbaru 

Standar yang ditawarkan dari jaringan 4G adalah kecepatan akses "searching" pelayanan games, vidio dengan kualitas tinggi dan masih banyak lagi. kecepatan maksimal jaringan 4G adalah 100 Mbps atau 1Gbps 

  • Jaringan Seluler 5G

â5G adalah generasi terkini dari perkembangan koneksi data yang saat ini masih dalam tahap pengembangan . di Indonesia jaringan 5G sudah berjalan di beberapa kota seperti Bandung dan Jakarta. pada generasi kelima ini, kecepatan yang disediakan diklaim bisa mencapai 1 GB/s bahkan lebih. jaringan 5G juga tersedia si perangkat "smartphone" yang telah mendukung koneksi jaringan 5G.

seperti yang sudah banyak diketahui, saat ini jaringan 5G masih dalam proses pengembangan. sehingga penggunaan jaringan 5G masih terbatas. walaupun begitu penggunaan jaringan 5G sangat penting untuk saat ini dimana jaringan 5G  lebih unggul dibanding jaringan pendahulunya dikarenakan jaringan 5G memilki koneksi lebih luas dan hampir tidak memilki delay bagi penggunanya 

dengan teknologi yang begitu canggih dan kecepatan jaringan yang memukau jaringan 5G juga memiliki kekurangan salah satunya adalah daya tembus yang masih sangat minim atau bisa dibilang rendah. 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel