Perbedaan Generasi Jaringan Internet

8 Feb 2023 09:56 658 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Singkatnya, dengan bertambahnya angka di depan huruf G, berarti kecepatan dan kapasitas teknologi dari jaringan internet itupun bertambah.

PERBEDAAN KATEGORI GENERASI JARINGAN

Penggunaan internet pada zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan manusia sehari hari dalam melakukan berbagai aktivitas baik itu pekerjaan ataupun bukan. Internet mempunyai dampak yang sangat besar bagi dunia baik ilmu pengetahuan ataupun teknologi. Internet lebih baik dan efektif dalam mencari informasi dari pada menggunakan buku.

Lantas inilah beberapa perbedaan internet dalam beberapa generasi!

Perbedaan 2Gvs3Gvs4Gvs5G

Singkatnya arti "G" dalam internet adalah Generation. Setiap generasi didefinisikan sebagai seperangkat standar jaringan internet yang menggambarkan implementasi teknologi sistem.

A. 2G

Generasi kedua berbasi pada GSM. Generasi kedua mengacu pada jaringan digital, sedangkan generasi pertama mengghnakan jaringan analog. Kemampuan 2G dapat mencakup banyak pengguna pada satu aliran multiplexing. 2G dapat mengirimkan paket data dan juga suara. Berikut beberapa fitur utama 2G Kecepatan data hingga 64 Kbps. Penggunaan sinyal digital. Layanan yang diberikan seperti SMS. Kualitas suara yang diberikan lebih baik. Menggunakan bandwidth 30 sampai 200 KHz.

B. 3G

Standar 3G menggunakan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) sebagai arsitektur inti. Jaringan 3G menggabungkan aspek 2G dengan teknologi dan protokol yang baru untuk memberikan kecepatan data yang lebih cepat. Generasi ini memiliki kecepatan hingga 14 Mbps. Dan juga generasi ini berjalan pada antara kisaran 2100 MHz dan memiliki bandwidth 50 sampai 20 MHz. Berikut beberapa fitur utama 3G Kecepatan data hingga 2 Mbps. Peningkatan layanan badwidth dan kecepatan transfer. Layanan email yang diberikan besar. Kapasitas yang diberikan besar.

C. 4G

Perbedaan utama 3G dan 4G adalah dalam kecepatan tranfer data yang diberikan oleh 2 layanan ini. Teknologi utama yang digunakan jaringan 4G adalah MIMO (Multiple Input Multiple Output) dan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Dan juga standar yang dipakai oleh generasi keempat adalah WiMAX dan LTE. Apa perbedaan 4G dan juga LTE? 4G LTE adalah Perkembangan kemampuan teknologi dari 4G yang dapat memberikan layanan yang lebih baik dari segi kecepatan transmisi data maupun koneksi internet yang sangat cepat dan aman. Berikut beberapa fitur utama 4G LTE Mendukung multimedia interaktif, suara, dan video. Kecepatan dan Kapasitas yang tinggi. Biaya yang murah per bit. Jaringan seluler global yang terukur. Jaringan ad hoc dan multi-hop.

D. 5G

5G adalah generasi terbaru dari perkembangan teknologi internet data yang saat ini masih dalam tahap perkembangan. pada 5G kecepatan yang dutwarkan sebesar 1 Gbps bahkan lebih. Namun pada generasi ini sedikit memiliki kelemahan yaitu tidak dapat digunakan pada smartphone yang tidak mendukung jaringan 5G. 5G diperkirakan mempunyai kecepatan 60 sampai 120 kali lebih cepat dari 4G rata rata.

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel