Langkah-langkah dan Cara Instalasi Jaringan Komputer (LAN)

2 Feb 2023 12:10 8173 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam Instalasi ,ada banyak cara instalasi jaringan

Cara Instalasi Jaringan Komputer

Instalasi bisa dikatakan sebagai sebuah perangkat yang dapat digunakan agar bisa terhubung ke dalam alamat ip address. Dalam Instalasi ,ada banyak cara instalasi jaringan komputer yang bisa kalian pahami dan pelajari. Sebeleum mempelajari cara instalasi jaringan alangkah baiknya kalian cari tau pengertian Instalasi jaringan komputer. Dengan kalian mengetahui pengertiannya, maka akan lebih mudah kalian memahami cara-caranya.

Pengertian Instalasi Jaringan Komputer

Instalasi Jaringan Komputer dapat di artikan sebagai perangkat komputer maupun elektronik beserta perlengkapannya yang di pasang dan dapat dipergunakannya. selain itu definisi Instalasi adalah sebuah perangkat yang sudah siap pasang, jadi kalian dapat langsung menggunakannya tanpa merakitnya terlebih dahulu.

Pengertian dan Langkah-langkah cara Instalasi Jaringan Komputer (LAN)

LAN Merupakan singkatan dari Local Area Network, merupakan suatu jaringan komputer yang cakupannya wilayah lokal saja. atau jaringan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna di area LAN saja. LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet lewat perangkat jaringan yang sederhana

  • Fungsi dari LAN?
  1. Menghubungkan dua komputer atau lebih
  2. Berfungsi untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain
  3. Adanya sharing printer
  4. Sebagai remote komputer
  5. Adanya LAN chatting
  • Tujuan dari LAN
  1. âBertujuan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu wilayah yang cakupannya kecil.
  2. Bertujuan untuk memungkinkan dilakukannya komunikasi antar perangkat komputer dan perangkat lain dalam satu jaringan .
  3. Bertujuan untuk mempercepat proses berbagi data dan program antar komputer di dalam suatu jaringan.
  • Komponen dasar jaringan LAN
  1. âWorkstation
  2. Server
  3. Link
  4. Network interface card
  5. Network Software

Setelah kalian mengetahui apa itu jaringan Lan, maka akan lebih mudah kalian memahami cara cara instalasi jaringan LAN. Berikut Perlengkapan dan Cara Instalasi Jaringan LAN :

  • Perlengkapan
  1. âKabel UTP
  2. Konektor RJ-45
  3. Tang Crimping
  4. Lan Quizzer
  5. Lan card
  6. HUB/Controller
  • Langkah-langkah cara instalasi jaringan LAN
  1. âPertama kalian kupas kulitnya dulu irainnya kabel UTP sepanjang 2 cm dan lalu luruskan kabel-kabel tersebut ,urutkan warna sesuai type jaringan.Potong ujung kabel menggunakan crimping medium kabel tersebut rata dan memudahkan untuk dimasukan ke dalam konektor RJ45.
  2. Masukan RJ45 ke dalam interval crimping dan tekan.
  3. Lakukanlah pengkabelan.
  4. Apabila pengkabelan sudah selesai dan benar, pasangkan konektor kabel UTP ke-slot LAN book, dengan rincian satu ke pc dan yang lain ke hub.
  5. Buka Skillfulness commision=>Textile and net => Mesh connections, lalu anda akan melihat beberapa agenda yang menunjukan jumlah jaringan yang anda miliki.
  6. Cari loc Country Form 2 ,lalu klik kanan dan klik properties.
  7. Nantinya anda mendapatkan jendela baru yang berisi informasi iranian properties tadi. Lalu cari docket Cyberspace  protokol (TCP/IP) dan klik dua kali pada tab This connectedness uses the masses items.
  8. Kemudian akan muncul sebuah jendela baru lagi, maka centanglah poin ke dua use the stalking IP writing , lalu masukan ip accost anda menjadi: 192.168.1.1 untuk komputer kedua maka anda tinggal mengubah menjadi 192.168.1.2 dan seterusnya
  9. Lalu klik tombol OK setelah anda selesai membuat pengaturan tersebut.

Sekian penjelesan cara instalasi jaringan komputer LAN mudah bukan

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel