Optimalkan Salah Satu Teknik Pengobatan Cina Seperti Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

25 Jan 2023 10:30 709 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Optimalkan Salah Satu Teknik Pengobatan Cina Seperti Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

Sejak jaman dahulu manfaat akupuntur telah dirasakan oleh masyarakat di China. Beberapa dinasti yang pernah berkuasa di China diketahui telah menggunakan metode akupuntur untuk berbagai pengobatan. Teknik akupuntur adalah salah satu cara pengobatan kombinasi tradisional dan klinis yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum ke titik-titik syaraf yang berhubungan dengan bagian tubuh yang sakit. Terapi ini dilakukan berdasarkan pada prinsip pengobatan kuno yang digunakan untuk menyeimbangkan unsur yin dan yang dalam tubuh. Jarum yang digunakan dalam hal ini adalah untuk meraih keseimbangan dan jika ada penyakit di dalam tubuh berarti unsur yin dan yang dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan.

Manfaat Dari Akupuntur

Hingga saat ini akupuntur manfaatnya dapat anda rasakan banyak sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Mengobati migrain

Seperti diketahui bahwa migrain merupakan penyakit yang sangat mengganggu, kepala pusing dan berkunang-kunang. Jika dianggap sepele dapat menghilangkan kemampuan melihat dalam beberapa waktu yang dapat membuat orang merasa tidak nyaman. Praktik terapi akupuntur bagi para penderita migraine menahun dapat dikurangi perlahan-lahan hingga akhirnya sembuh. Juga memberikan efek positif lainnya yaitu peredaran darah menjadi lebih lancar.

2/ Mengobati sakit punggung

Sakit punggung bisa saja menyerang seseorang karena kelelahan maupun adanya kelainan syaraf tulang punggung. Terapi akupuntur dapat dilakukan secara bertahap untuk membantu mengurangi rasa sakit di bagian punggung sekaligus mengembalikan fungsi punggung menjadi normal.

3/ Meningkatkan kesuburan pria dan wanita

Masalah kesuburan pada pria maupun wanita sudah ada sejak jaman dahulu. Kesuburan bisa disebabkan karena adanya faktor gegeneticang menjadi bawaan dari lahir atau faktor lain seperti gaya hidup tidak sehat atau penyakit yang menyebabkan berkurangnya tingkat kesuburan pria maupun wanita. Gunakan teknik terapi akupuntur agar dapat membantu meningkatkan tingkat kesuburan pada pria dan wanita serta bisa membantu mengatasi masalah vitalitas pada pria.

4/ Mengatasi masalah tidur

Masalah sulit untuk tidur pada waktu malam hari atau disebut dengan istilah insomnia merupakan hal yang sangat mengganggu kualitas istirahat tubuh. Akupuntur bisa membantu mengatasi masalah tidur ini yang muncul karena adanya faktor stres atau faktor fisik. Metode akupuntur bisa diaplikasikan guna memperlancar aliran darah  dan mengembalikan fungsi syaraf yang mempengaruhi proses tidur manusia.

Resiko Akupuntur

Terlalu sering melakukan akupuntur atau diaplikasikan dengan cara yang salah menyebabkan munculnya beberapa resiko justru membuat tubuh terjangkit penyakit baru, antara lain sebagai berikut :

1/ Cedera organ : karena akupuntur melibatkan jarum yang menempel ke dalam tubuh, ada sedikit risiko organ seperti paru-paru yang kemungkinan bisa tertusuk meskipun kemungkinannya sedikit bisa terjadi, terutama dengan ahli akupuntur tanpa izin.

2/ Infeksi : kondisi ini adalah bahaya lain yang mungkin hanya bisa terjadi apabila praktisi tidak menggunakan jarum segar untuk setiap perawatan sehingga jarum yang dipakai bisa memicu kondisi ini. Ini adalah salah satu risiko karena adanya praktik yang tidak berlisensi.

3/ Biaya tinggi : menerima perawatan akupuntur dari seorang praktisi berlisensi kadang-kadang membutuhkan biaya lebih mahal. Kunjungan yang akan dilakukan bisa saja menelan beberapa biaya tergantung pada fasilitas yang diberikan dan beberapa ahli akupuntur terbaik biasanya mengenakan biaya sebanyak fasilitas yang dilakukan per perawatan.

4/ Tidak mencakup penyedia asuransi : dalam hal ini ada banyak penyedia asuransi kesehatan beranggapan bahwa akupuntur adalah sebagai metode pengobatan yang belum begitu penting dilakukan sehingga biaya yang digunakan tidak ditutup oleh asuransi. Beberapa perusahaan sering hanya meliput beberapa kunjungan atau hanya menutupi kondisi tertentu saja.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel