Sehat dan Cantik dengan Bunga Mawar

21 Dec 2022 12:00 1927 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Sehat Dan Cantik Dengan Bunga Mawar

Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang dipercaya sebagai lambang dari kasih sayang, dikenal juga sebagai bunga yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Memiliki mahkota bunga yang cantik menjadikan bunga ini sebagai salah satu bunga favorit sebagai bunga hias yang disukai oleh kaum wanita karena bisa menyegarkan ruang dengan aromanya yang wangi.

Khasiat Bunga Mawar

Ada banyak anggapan bahwa bunga mawar adalah bunga biasa yang hanya berguna sebagai bunga penghias ruangan saja namun fakta berbicara lain, ternyata bunga mawar bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan terutama bagi kaum wanita. Berikut di bawah ini adalah penjelasannya.

1/ Menghilangkan jerawat di wajah

Air yang berasal dari bunga mawar adalah bahan pembersih alami untuk wajah karena air ini mengandung banyak antioksidan yang sangat ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara pengaplikasiannya sangat mudah yaitu campur air bunga mawar dengan air hangat-hangat kuku kemudian gunakan air ini untuk membasuh wajah terutama pada waktu pagi hari baru bangun dari tidur.

2/ Merawat kulit

Kulit yang sehat adalah kulit dengan pH dalam kondisi stabil, salah satu cara untuk menjaga keseimbangannya adalah manfaatkan air bunga mawar. Air bunga mawar bisa berguna sebagai bahan alami untuk perawatan kulit karena mampu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit yang berjerawat. Sering membasuh wajah dengan air bunga mawar dapat merawat kulit (kering atau berminyak) sehingga memberikan kondisi kulit terlihat sehat berkilau.

3/ Menjaga kesehatan rambut

Air bunga mawar dipercaya bagus untuk merawat rambut karena air bunga mawar memiliki sifat penyejuk alami yang fungsinya untuk melembabkan rambut. Cara menggunakannya adalah tuang beberapa tetes air bunga mawar saat anda sedang keramas berbarengan dengan shampoo pilihan sesuai jenis rambut, lakukan perawatan ini secara rutin tiga kali dalam seminggu. Ini membantu membuat kulit kepala menjadi sehat dan memberikan aroma wangi pada rambut yang segar.

4/ Menghilangkan bau mulut

Sebagian orang merasa terganggu dengan masalah bau mulut sehingga sulit bergaul di luar rumah. Untuk melenyapkan bau mulut bisa dilakukan dengan cara alami yaitu menggunakan air bunga mawar. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa kuntum bunga mawar, cuci bersih dan rendam dalam satu gelas air dingin (tanpa es). Campur juga dengan secukupnya gula batu dan biarkan selama semalam. Esok harinya saring  dan minum sampai habis. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu dan rasaka hasilnya.

5/ Untuk relaksasi diri

Air bunga mawar bermanfaat untuk relaksasi dengan tujuan membuat diri anda menjadi tenang dan menghilangkan stres yang biasanya disebabkan oleh ketegangan syaraf, psikosomatis dan penyakit jantung. Caranya adalah rendam diri anda dalam bak air hangat lalu taburkan kuntum bunga mawar di dalamnya yang banyak. Lakukan cara ini dengan rutin tiga kali dalam seminggu.

6/ Sebagai teh herbal

Bunga mawar bisa dijadikan sebagai obat untuk menjaga kebugaran tubuh yaitu memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat teh herbal yang bagus digunakan sebagai terapi untuk stres. Karena teh herbal bunga mawar mempunyai fungsi sebagai minuman hangat yang memberikan efek relaksasi.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel