Sehat dengan Vitamin B5

21 Dec 2022 10:00 733 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sehat Dengan Vitamin B5

 

Vitamin B kompleks selama ini mungkin sering anda dengar adalah salah satu jenis vitamin yang terdiri dari vitamin B1 sampai B12 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya ada vitamin B5 yang disebut juga dengan istilah asam pantotenat. Vitamin B5 ini mudah larut dalam air sehingga dijuluki sebagai salah satu vitamin serbaguna karena banyak kegunaan yang bisa disumbangkan untuk tubuh. Seperti dari berperan dalam metabolisme tubuh, kesehatan mata, keindahan kulit dan rambut hingga mengatasi stres. Vitamin B5 merupakan jenis vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat anda sedang melakukan diet karena membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Makanan Sebagai Sumber Vitamin B5

Dikenal ada banyak jenis makanan yang dapat anda konsumsi setiap hari guna mendapatkan asupan vitamin B5. Diantaranya adalah kubis, brokoli, jamur, ikan salmon dan kacang-kacangan yang merupakan sumber makanan paling banyak memiliki kandungan vitamin B5. Jenis makanan yang lain dikenal juga mengandung vitamin B5 adalah susu beserta produk-produk olahannya, ikan, ragi, telur, gandum, alpukat, minyak ikan, daging ayam, biji bunga matahari, daging sapi, ubi, biji-bijian, labu, pisang dan hati ayam/ hati sapi.

Khasiat Yang Tersimpan Dalam Vitamin B5

Vitamin B5 adalah salah satu jenis vitamin serbaguna karena mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh, seperti ulasan kami tersebut di atas. Diantara manfaat yang diketahui, penjelasan kami di bawah ini akan mengulas satu per satu khasiat apa saja yang diperoleh oleh tubuh dengan mengkonsumsi vitamin B5 dalam jumlah yang mencukupi, antara lain sebagai berikut :

1/ Membantu pembentukan berbagai komponen penting

Manfaat pertama adalah membantu pembentukan berbagai komponen penting untuk tubuh contohnya adalah karbohidrat, lemak, protein, antibiotik dan asam amino.

2/ Merangsang diproduksinya hormon adrenalin

Manfaat yang kedua adalah untuk dapat merangsang diproduksinya hormon adrenalin yang berguna untuk dapat mempercepat metabolisme di dalam tubuh dan membantu meningkatkan tekanan darah serta merangsang kerja otak menjadi tajam untuk anak-anak dan lansia.

3/ Menurunkan kadar kolesterol

Kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah besar dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dan trigliserida yang kurang bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk dapat menurunkan atau menormalkan kembali kadar keduanya adalah melakukan pola makan yang sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan mengandung vitamin B5 seperti daun seledri, bawang merah, kubis dan kunyit.

4/ Membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya

Penuaan dini tidak hanya bisa menyerang kulit wajah saja melainkan rambut anda juga rentan mengalami penuaan dini. Maka dari itu harus dipelihara kesehatannya seperti tumbuhnya uban. Vitamin B5 sangat bagus bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut, menjadikannya lebih sehat, kuat dan mudah panjang.

5/ Menyembuhkan luka dan menghindari timbulnya infeksi pada luka

Vitamin B5 dipadukan dengan vitamin C berperan aktif untuk menyembuhkan luka sehingga luka menjadi lebih cepat sembuh dan anda akan terhindar dari infeksi dan peradangan.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel