Mencoba Hal Baru di Rumah Dengan Memasak Resep Puding Labu Kuning Lapis Coklat

27 Jan 2023 11:18 812 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mencoba Hal Baru Di Rumah Dengan Memasak Resep Puding Labu Kuning Lapis Coklat

Buah labu kuning di Indonesia biasanya diolah menjadi salah satu bahan untuk membuat kolak yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti pisang kepok, nangka dan kolang-kaling. Sementara di luar negeri, labu kuning sering digunakan untuk hiasan yang diukir menyeramkan saat berlangsungnya perayaan Halloween. Sementara biji labu kuning bermanfaat untuk obat tradisional beberapa jenis penyakit, dibuat kuaci atau dipanggang sebagai toping makanan. Juga labu kuning digunakan untuk membuat sup kental dengan susu dank rim yang biasa disantap dengan paduan kentang bakar atau roti.

Melihat ulasan singkat tersebut di atas, fakta menjelaskan bahwa buah bulat berwarna oranye ini bukan hanya mudah diolah melainkan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh karena kandungan gizi labu kuning jumlahnya sangat besar. Beberapa diantaranya adalah untuk membuat perut kenyang lebih lama. Dalam hal ini labu kuning bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan sebagai makanan diet. Di samping rasanya yang enak, labu kuning dapat memberi manfaat berupa penurunan berat tubuh karena rendah kalori dan karbohidrat. Makan labu kuning bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama karena labu mengandung serat cukup tinggi sehingga berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan. Rasa kenyang yang diperoleh menjadi lebih lama dan membuat anda terhindar dari hasrat untuk ngemil yang memicu kenaikan berat badan. Manfaat kedua dari buah labu kuning adalah untuk menajamkan penglihatan karena dalam daging buah ini mengandung betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Dimana diketahui bahwa penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik. Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin yaitu dua antioksidan yang membantu mencegah katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

Resep Puding Labu Kuning Lapis Coklat

Puding labu bisa dikombinasikan dengan puding coklat, anda buat lapisan yang rasanya legit dan manis saling melengkapi. Inilah resep puding labu kuning lapis coklat yang bikin nagih.

Sediakan bahan lapisan puding labu :

  1. 200 gram labu kuning kukus dan haluskan, buang kulitnya
  2. 1 bungkus agar-agar plain
  3. 300 ml susu cair
  4. 400 ml air putih
  5. 150 gram gula pasir
  6. ½ sdt garam

Sediakan bahan lapisan cokelat :

  1. 1 bungkus nutrijel cokelat
  2. 200 ml susu coklat
  3. 150 gram gula pasir
  4. 500 ml air putih
  5. 1 sdm cokelat bubuk
  6. ½ sdt garam

Bagaimana cara membuatnya ?

Pertama-tama masak lapisan kuning terlebih dahulu. Campur semua bahan lalu masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk lalu angkat dan dinginkan kemudian disaring ke dalam wadah cetakan agar tidak bercampur dengan yang bergerindil. Sisihkan.

Selanjutnya adalah tunggu hingga lapisan kuning sudah memadat lalu buat lapisan cokelatnya dengan cara campurkan semua bahan. Kemudian dimasak hingga mendidih dan angkat. Jika sudah tidak terlalu panas, tuang ke atas lapisan puding labu di atas dan sisihkan. Diamkan hingga memadat kemudian simpan di dalam kulkas, keluarkan dan nikmati sebagai camilan.

Coba yuk membuat di rumah. 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel