Jaga Kesehatan Tubuh dengan Mengoptimalkan Khasiat Kulit Buah Jeruk Segar

8 Feb 2023 11:55 546 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengoptimalkan Khasiat Kulit Buah Jeruk Segar

Pada umumnya anda makan berbagai jenis buah-buahan di bagian daging buahnya saja termasuk buah jeruk. Tetapi siapa sangka kulit buah jeruk ternyata menyimpan khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh yang belum banyak disadari. Jeruk mengandung nilai yang bagus untuk kebutuhan gizi manusia yaitu salah satunya adalah sebagai sumber vitamin C, manfaat buah jeruk adalah memberikan asupan vitamin C dalam jumlah yang mencukupi untuk kebutuhan harian tubuh. Buah jeruk memang tidak diragukan lagi manfaatnya termasuk bagian kulitnya menyimpan manfaat yang tak terduga. Berikut adalah daftar manfaat kulit jeruk yang mungkin belum anda sadari dan sangat mengejutkan.

1/ Mengatasi perut mulas

Jika anda menderita sakit maag kronis, penyakit ini bisa dilenyapkan dengan bantuan dari kulit jeruk alami yaitu dapat menyingkirkan rasa mulas pada perut seketika. Penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan kimia aktif dalam kulit buah jeruk membantu meringankan mulas perut. Ketika digunakan selama 20 hari, penderita bisa merasa lebih ringan dan kondisi perut menjadi nyaman.

2/ Menyehatkan pencernaan

Kulit buah jeruk banyak mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi yaitu sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung sekitar 10,6 gram serat. Serat dalam kulit buah jeruk bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus termasuk sembelit dan kembung. Aplikasikan dengan air teh panas akan menenangkan sistem pencernaan anda.

3/ Memperbaiki kondisi pernapasan

Air buah jeruk segar banyak mengandung vitamin C yang berfungsi untuk pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. Antioksidan dalam air buah jeruk yaitu vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronchitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan paru-paru sama seperti kulit buah jeruk yang banyak mengandung air.

4/ Mencegah kanker (kulit dan paru-paru)

Percaya atau tidak ternyata kulit buah jeruk memiliki berbagai efek yang dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mengancam hidup manusia. Flavonoid dalam kulit buah jeruk membantu menyuplai vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit buah jeruk membantu mengurangi jumlah karsinoma sel-sel skuamosa yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit buah jeruk secara teratur mempunyai lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru jika dibandingkan mereka yang hanya makan buah jeruk saja.

5/ Menyembuhkan infeksi, flu dan demam

Kulit buah jeruk merupakan sumber terbaik yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin A dimana keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam dan berbagai infeksi dalam tubuh.

6/ Memutihkan gigi

Kulit buah jeruk mengandung senyawa yang disebut dengan istilah d-limonene, ampuh membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit buah jeruk pada permukaan gigi anda selama 2-3 menit lalu bilas dengan gosok gigi. Lakukan cara ini dengan rutin dua kali sehari maka gigi anda akan kembali memutih.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel