Suka Berenang? Gaya Kupu-Kupu punya Fungsi Tersendiri untuk Kebugaran Tubuh Anda

25 Jan 2023 16:30 1437 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Gunanya Melakukan Renang Gaya Kupu Kupu Untuk Kebugaran Tubuh

Renang adalah salah satu cabang olahraga yang mengaplikasikan air sebagai media utama. Renang merupakan olahraga yang menyenangkan dilakukan oleh semua kalangan. Media air untuk olahraga renang tertampung dalam sebuah wadah yang sangat besar yaitu kolam renang. Kolam renang bisa dibuat dalam lingkungan tertentu yang sifatnya buatan manusia atau alami seperti area pemandian, pantai, danau atau sungai bisa dijadikan sebagai tempat renang yang menyenangkan namun tetap harus memperhatikan kondisi yang aman dan kebersihan air. Berhubungan dengan renang terutama di dalam kolam renang, beberapa orang suka melakukan gaya kupu-kupu karena gaya yang satu ini adalah gaya renang terbaru sehingga diminati untuk dicoba. Gaya kupu-kupu adalah salah satu jenis gaya renang yang sebagian besar teknik gerakannya menggunakan kekuatan koordinasi gerakan tangan dan kaki. Koordinasi gaya ini agar bisa dilakukan dengan optimal dibutuhkan latihan yang lama untuk menguasainya terutama bagi pemula akan tetapi dibalik teknik gerakan tersebut renang gaya kupu-kupu mempunyai manfaat yang beragam antara lain sebagai berikut :

1/ Membuat pikiran rileks

Salah satu alasan mengapa olahraga renang gaya kupu-kupu banyak digemari oleh orang adalah karena olahraga ini menyenangkan dilakukan dengan media air yang akan memberikan efek menyegarkan dan merefresh pikiran agar terbebas dari kepenatan hidup. Olahraga renang gaya kupu-kupu membuat semua otot tubuh bergerak sehingga saat melakukannya pikiran sementara waktu bisa terbebas dari kerutinan tugas / pekerjaan karena terfokus dengan gerakan-gerakan yang dilakukan sambil menikmati kesegaran air.

2/ Minim cedera

Salah satu keunggulan dari olahraga renang gaya kupu-kupu adalah aman dan minim cedera karena olahraga ini dilakukan dalam air dengan gerakan-gerakan yang praktis. Sehingga kemungkinan cedera sangat kecil kecuali kemungkinan tenggelam bagi perenang yang tiba-tiba mengalami kram bisa saja terjadi dalam olahraga renang pada umumnya.

3/ Melatih otot lengan

Beberapa besar teknik gerakan dari renang gaya kupu-kupu adalah gerakan koordinasi antara lengan dan kaki. Gerakan ayunan lengan pada gaya kupu-kupu digunakan agar tubuh bisa melaju ke depan (bergerak) sehingga gerakan dari teknik gaya kupu-kupu bisa membantu melatih otot lengan.

4/ Melatih otot kaki

Olahraga renang gaya kupu-kupu membantu melatih dan membentuk otot kaki adalah salah satu kelebihan dari renang gaya kupu-kupu dimana hal ini dikarenakan oleh adanya gerakan pada teknik gaya kupu-kupu yang menggunakan koordinasi lengan (tangan) dan kaki. Gerakan kaki pada gaya renang kupu-kupu diaplikasikan untuk membantu mendorong tubuh melaju lebih cepat ke depan dan bergerak dengan teknik mirip tendangan ke arah atas dan bawah mirip pada gerakan lumba-lumba.

5/ Melatih pernafasan

Manfaat selanjutnya dari renang gaya kupu-kupu adalah melatih pernafasan. Pada gerakan renang gaya kupu-kupu diperlukan koordinasi teknik pengambilan nafas yang baik. Pada gaya ini pengambilan nafas dilakukan dengan menghirup udara dengan mulut ketika kepala berada di atas permukaan air dan menghembuskan nafas secara kuat melalui mulut dan hidung sebelum kepala naik kembali ke permukaan. Gerakan ini melatih pola ritmik pernafasan. 

8. Memberikan kecepatan yang lebih cepat

Koordinasi yang dilakukan dari gerakan tangan disertai dengan tendangan kaki dalam pergerakan dalam air kolam serta teknik pernafasan yang sinkron diklaim membuat gerakan renang gaya kupu-kupu menjadi salah satu gaya renang yang menghasilkan kecepatan lebih cepat dari gaya bebas.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel