Sari Buah Belimbing untuk Media Diet Sehat Remaja Putri

10 Jan 2023 12:52 416 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sari Buah Belimbing Untuk Media Diet Sehat Remaja Putri

Merupakan poin penting bagi setiap orang untuk memperhatikan penampilan karena penampilan menentukan daya tarik dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya adalah berat badan. Bagi beberapa orang, memiliki berat badan di atas normal biasanya diatasi dengan rajin berolahraga disertai dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Tak sedikit diantaranya melakukan berbagai macam diet, bahkan program diet yang tergolong ekstrim pun dilakukan guna mendapatkan impian mereka memiliki bentuk tubuh yang ideal. Namun disarankan untuk tetap mengutamakan kesehatan dan ketahanan daya imun tubuh dalam pemilihan cara program diet. Salah satu yang aman namun tetap memberikan pengaruh yang signifikan adalah melakukan diet dengan mengkonsumsi buah belimbing. Buah belimbing adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di wilayah tropis memiliki warna hijau terang dan setelah matang berwarna kuning berbentuk seperti bintang. Buah ini sangat familiar bagi orang-orang Indonesia tetapi hanya sebagian saja yang mengetahui tentang kandungan nutrisi dan manfaatnya.

Kandungan nutrisi berupa mineral dalam buah belimbing jenisnya sangat banyak antara lain serat, tanin, pectin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, kalium, selenium, kalsium, mangan dan vitamin A, C dan E. Buah yang berair banyak ini memiliki cita rasa yang manis, asam, sedikit pahit dan segar ternyata berpengaruh besar dalam mensukseskan program diet khususnya bagi remaja putri. Beberapa manfaat dari buah belimbing untuk diet sehat remaja putri adalah sebagai berikut :

1/ Mengurangi kadar kolesterol jahat

Seperti diketahui bahwa di dalam tubuh terdapat 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat cenderung menumpuk di dalam tubuh dan sulit terbakar menjadi energi tubuh sedangkan kolesterol baik adalah jenis kolesterol yang dapat berubah menjadi energi dalam tubuh. Kolesterol jahat yang dibiarkan begitu saja akan menumpuk dan menyebabkan adanya peningkatan berat badan namun saat ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah belimbing. Karena di dalam buah belimbing banyak mengandung pektin yang mampu mengikat kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

2/ Mempunyai zat antioksidan

Zat antioksidan dalam tubuh memiliki fungsi sebagai filter atau penangkal racun. Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah belimbing memiliki fungsi menjaga sistem metabolisme anda tetap berjalan dengan baik. Sistem metabolisme yang berjalan lancar akan membantu proses pembakaran kolesterol dan kalori menjadi semakin baik sehingga menurunkan kemungkinan penumpukan kalori dan kolesterol dalam tubuh.

3/ Kaya akan kandungan vitamin C

Buah belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu pembakaran kalori menjadi energi sehingga bisa untuk meningkatkan manfaat buah belimbing secara optimal untuk diet. Kandungan vitamin C sebesar 22,7 mg di dalam buah belimbing mempunyai banyak manfaat yang berhubungan dengan menurunkan berat badan.

4/ Mengatasi gangguan pencernaan

Kondisi pencernaan yang kurang bagus membuat asupan makanan yang dikonsumsi tidak mudah dicerna sepenuhnya oleh tubuh. Penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna dan tidak terbuang akan membuat perut terasa begah dan memicu kenaikan berat badan. Pencernaan yang lancar akan membuat mineral dan nutrisi dari makanan dapat lebih mudah diserap dan digunakan dengan baik oleh sistem metabolisme tubuh. Belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kondisi lambung dan melancarkan saluran pencernaan.

Cara Mengolah Belimbing Untuk Diet

Menu diet dari bahan utama adalah buah belimbing bisa anda ubah atau kreasikan sesuai selera anda, tidak harus dengan memakan buah belimbing secara langsung sebagai buah meja. Berikut beberapa tips dan cara mengolah buah belimbing untuk menu diet anda.

1/ Jus Buah Belimbing

Membuat jus buah belimbing sangatlah mudah, anda hanya perlu menghaluskan potongan buah belimbing dengan mixer atau blender. Bisa dengan menambahkan gula untuk penyedap namun bagi yang sedang melakukan program diet disarankan untuk mengganti gula dengan madu saja. Jangan lupa tambahkan es batu untuk memberikan sensasi dingin saat anda menikmatinya.

2/ Membuat sirup buah belimbing

Cara membuat sirup buah belimbing ini sangat mudah yaitu sebagai berikut : potonglah buah belimbing menjadi beberapa bagian, tumbuh belimbing hingga menjadi cukup halus dan mengeluarkan air lalu panaskan di dalam panci, tambahkan gula pasir dan secukupnya air bersih kemudian aduk-aduk hingga menyusut dan terlihat mengental, diamkan sejenak hingga tidak panas. Saring dan kemudian masukkan di dalam kulkas. Sirup belimbing siap dinikmati.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel