Pengenalan Hutan Buatan dan Faktanya

12 Dec 2022 14:25 942 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pengenalan Hutan Buatan Dan Faktanya

Hutan buatan adalah salah satu jenis hutan dimana keberadaannya bukan terjadi karena adanya proses alam melainkan karena sengaja dibuat dan dibudidayakan oleh tangan-tangan manusia. Karena hutan ini adalah buatan manusia maka hutan jenis ini memiliki sifat yang sedikit berbeda dengan hutan-hutan lainnya yang terbentuk karena alam.

Karakteristik Dari Hutan Buatan

Hutan buatan merupakan salah satu jenis hutan yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia sehingga hutan jenis ini mempunyai karakteristik khusus bila dibandingkan dengan hutan lainnya yaitu lebih mudah untuk dikenali.

Beberapa katakteristik dari hutan buatan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai karakteristik yang sifatnya homogen baik dilihat dari segi jenis tanamannya, umur tanamannya maupun metode penanamannya.
  • Perkembangannya bisa dengan mudah dikontrol oleh manusia.
  • Bisa berada di tengah-tengah pemukiman atau dalam kota.
  • Tetata lebih rapi dibandingkan dengan hutan alami.
  • Pada umumnya pepohonannya dimanfaatkan untuk kepentingan industri.
  • Biasanya jenis fauna atau binatang yang hidup di hutan buatan jumlahnya tidak terlalu besar dan kurang bervariasi seperti di hutan alami.
  • Jenis-Jenis Hutan Buatan

Hutan buatan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja melainkan terdapat beberapa jenis hutan buatan yang dengan mudah bisa dijumpai dan dikenali antara lain berikut ini :

  • Hutan karet.
  • Hutan pinus.
  • Hutan cemara.
  • Hutan sengon.
  • Hutan tusam.
  • Hutan jati.
  • Hutan melanding.
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Dari Hutan Buatan

Seperti diketahui bahwa hutan buatan sengaja dibuat untuk mendatangkan suatu manfaat tertentu sehingga hutan buatan ini memiliki banyak sekali manfaat. Secara umum hutan buatan berguna untuk lingkungan sekitar dan bagi sesama mahkluk hidup lainnya. Beberapa manfaat dari hutan buatan adalah sebagai berikut :

1/ Sebagai penyeimbang alam

Tujuan pertama dibuatnya hutan buatan adalah untuk penyeimbang alam terutama apabila hutan buatan dihadirkan di tengah-tengah kota. Kawasan perkotaan yang biasa diselimuti oleh polusi sehingga menjadikan lingkungan sekitar tidak sehat bagi pernafasan manusia dan akan menimbulkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itulah polusi yang ada di perkotaan perlu dinetralisir dengan ketersediaan oksigen yang diproduksi oleh pepohonan dari hutan buatan ini. Juga karena banyaknya hutan-hutan yang ditebangi secara liar oleh orang-orang tak bertanggung jawab memicu hutan buatan dibangun oleh manusia. Pembangunan hutan ini sengaja dilakukan sebagai penyeimbang alam.

2/ Sebagai salah satu wujud penghijauan

Penghijauan perlu dilakukan sebagai salah satu wujud pembersihan terhadap kotoran-kotoran yang ada di alam semesta. Salah satu wujud kotoran yang dimaksudkan adalah timbunan gas dan zat-zat yang tidak terpakai dihasilkan dari berbagai macam proses aktivitas manusia. Penghijauan akan membantu menetralisir zat-zat yang kurang bermanfaat bisa membahayakan kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya.

3/ Memenuhi kebutuhan industri manusia

Hutan buatan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan industri  suatu perusahaan. Salah satu tujuan dibangunnya hutan buatan ini adalah sengaja untuk menyediakan bahan baku industri tertentu seperti pabrik kertas yang sengaja membuat hutan pinus agar mudah mendapatkan bahan baku berupa kayu pinus. Atau hutan jati yang dimiliki oleh suatu perusahaan furnitur agar mudah mendapatkan bahan baku dari kayu jati.

4/ Sebagai objek wisata

Fungsi keempat dari hutan buatan adalah sebagai objek wisata atau rekreasi. Dimana dalam hal ini hutan wisata yang sengaja dikembangkan oleh manusia menampakkan kondisi hutan terlihat rapi dibandingkan jenis hutan alami. Contoh kerapiannya terletak pada usia pohon yang relatif sama sehingga membuat pepohonan ini memiliki tinggi yang sama, jenis yang dipilih juga mendorong terciptanya kondisi hutan yang menghijau dengan udara segar menyelimutinya dan cocok dijadikan sebagai objek wisata.

Dampak Negatif Dari Hutan Buatan

Sebagai salah satu jenis hutan yang sengaja dibuat oleh manusia, tidak selamanya hutan buatan memiliki dampak positif atau bermanfaat. Adakalanya hutan buatan ini menimbulkan dampak negatif. Beberapa dampak negatif yang dihasilkan oleh hutan buatan antara lain sebagai berikut :

  • Mengurangi lahan.
  • Memperkaya satu pihak saja.
  • Jika digunakan untuk penelitian maka kurang maksimal.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel