Lambung Sehat dan Bekerja dengan Optimal dengan Memanfaatkan Umbi Bengkoang

9 Feb 2023 18:05 788 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lambung Sehat Dan Bekerja Dengan Optimal Dengan Memanfaatkan Umbi Bengkoang

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Ada berbagai produk kecantikan seperti masker, lulur, pelembab wajah, krim wajah dan lain sebagainya menggunakan bengkoang sebagai dasar pembuatan beragam jenis produk-produk kecantikan wajah. Tidak hanya ini saja, ternyata ada banyak manfaat berhubungan dengan kesehatan tubuh bisa didapatkan dari buah bengkoang yang memiliki nama latin pachyrhizus erosus ini. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan lambung. Di dalam buah bengkoang banyak mengandung vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan lambung dan mengatasi berbagai penyakit lambung.

Sebagai salah satu organ penting dalam sistem pencernaan, kesehatan lambung mestinya selalu dijaga. Karena gangguan pada lambung dapat mengakibatkan gangguan pula pada sistem pencernaan. Sebagai organ yang berfungsi sebagai penyimpan dan pencerna makanan dan minuman, lambung yang terletak antara kerongkongan dan usus halus ini akan menampung makanan yang anda makan lalu mencernanya. Di dalam lambunglah terjadi pelepasan asam lambung sebagai pertahanan pertama tubuh terhadap serangan bakteri yang masih terdapat dalam makanan. Asam lambung membantu memecah komponen-komponen dalam makanan sehingga lebih lembut dan lebih mudah dicerna. Berikut adalah beberapa manfaat bengkoang untuk lambung yang bisa diperoleh antara lain sebagai berikut :

1/ Sumber serat

Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kesehatan pencernaan. Gaya hidup pada beberapa orang yang kurang sehat membuat banyak orang mengonsumsi ragam makanan yang kurang serat sehingga mereka kerap menderita berbagai penyakit seperti obesitas, sembelit, pencernaan tidak lancar dan lain sebagainya. Untuk itu penting bagi anda mengonsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran salah satunya adalah bengkoang segar. Makan bengkoang dalam porsi yang seimbang akan mendapat asupan serat yang diperlukan. Dengan asupan serat yang mencukupi akan menyumbangkan berbagai manfaat yang bisa anda rasakan yaitu membuat anda merasa kenyang lebih cepat sehingga mencegah konsumsi makanan yang berlebihan, menstabilkan kadar gula dalam darah, mencegah penyakit yang menyerang pembuluh darah dan penyakit kanker usus.

2/ Melancarkan pencernaan

Dengan adanya kandungan serat yang besar dalam buah bengkoang  yang anda konsumsi secara rutin setiap hari dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga apa yang anda makan dapat diolah, diserap dan sisanya dibuang dengan sempurna. Untuk memaksimalkan manfaat bengkoang bagi kesehatan lambung maka sebaiknya konsumsi bengkoang secara langsung dalam keadaan segar.

3/ Mencegah sembelit

Manfaat ketiga yang diperoleh dari mengkonsumsi buah bengkoang adalah mencegah sembelit atau sulit buang air besar. Meskipun ini adalah kategori sakit ringan tetapi jangan dianggap sepele karena bisa mengganggu kenyamanan dan membuat penderitanya merasa kesakitan. Jika dibiarkan terus-menerus tentu tidak baik bagi kesehatan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah bengkoang ampuh membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah bergerak di dalam saluran pencernaan dan lebih mudah dikeluarkan. Bengkoang bisa dijadikan sebagai camilan sehat dengan diselingi buah-buahan segar lainnya seperti dibuat rujak yang tidak terlalu pedas atau jus tanpa bahan pemanis.

4/ Mengatasi asam lambung naik

Seperti diketahui bahwa asam lambung merupakan salah satu jenis cairan yang diproduksi oleh lambung. Asam lambung sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan. Jika kadar asam lambung yang diproduksi tidak normal, apakah lebih rendah atau lebih tinggi dari yang dibutuhkan maka akan menyebabkan gangguan pada tubuh. Seperti jika kadar asam lambung yang diproduksi berlebihan sehingga terjadi kondisi yaitu asam lambung menjadi naik kemudian tersebar ke paru-paru dan bisa mengakibatkan hipotensi. Untuk mengatasi masalah ini maka dianjurkan untuk mengkonsumsi bengkoang segar. Sifat alkali yang dimilikinya sangat bagus untuk menyerap asam lambung sehingga mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

5/ Mengatasi gastritis atau radang lambung

Ini adalah salah satu jenis penyakit dalam bentuk peradangan yang muncul pada area selaput lambung sehingga menyebabkan penderitanya merasakan nyeri pada bagian perut bagian atas, muntah dan kembung. Terjadinya peradangan ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas secara berlebihan, infeksi bakteri tertentu, stres, atau efek samping obat-obatan yang sering dikonsumsi. Penyakit ini menyebabkan produksi asam lambung dan pepsin menjadi terganggu dan tidak normal, asam lambung meningkat dan selaput lendir yang melindungi dinding lambung mulai menipis. Jika dibiarkan terus-menerus dan faktor penyebabnya tidak dikurangi maka bisa menyebabkan tukak atau luka pada dinding lambung. Penyakit ini biasa diatasi dengan mengkonsumsi bengkoang.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel