Bagaimana Cara Merawat Kucing Jenis British Short Hair Agar Tetap Sehat?

2 Feb 2023 13:10 1074 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Merawat Kucing Jenis British Short Hair Agar Tetap Sehat ?

Kucing jenis british short hair adalah salah satu jenis kucing yang merupakan hasil persilangan dari kucing domestik Eropa dengan kucing Mesir yang mengeluarkan kucing dengan bentuk tubuh yang besar dan memiliki bulu tidak panjang tetapi lebat dimana ada banyak jenis ras kucing di dunia ini tetapi jenis inilah yang dibilang sebagai salah satu jenis kucing gendut. Sebagai ras kucing gendut, kucing ini memiliki perawakan terlihat lebih lucu dibandingkan dengan kuicng jenis lainnya yang dilengkapi dengan bulu lebat dan pendek membantu kucing bertahan dari udara dingin di Eropa. Kucing ini biasanya dikawinkan dengan ras Russian blue karena sama-sama mempunyai bulu pendek tetapi lebat. Keduanya termasuk jenis bulu pendek yang tercantik di dunia. Bulu-bulunya sangat halus sebagai ciri khas dari kucing yang berasal dari daratan Eropa ini.

Cara Merawat Kucing British Short Hair

Merawat kucing british short hair tidak jauh berbeda dengan kucing jenis lainnya terutama dibagian bulunya supaya tetap bagus dan bersih perlu memperhatikan beberapa cara merawat kucing jenis ini yang benar antara lain sebagai berikut.

1/ Perhatikan makanan dan minuman

Kucing british short hair adalah termasuk salah satu jenis kucing yang mudah gemuk. Oleh karena itu anda harus mengatur makanan dan minuman yang tepat untuknya supaya tidak terlalu gemuk. Kucing yang terlalu gemuk mempunyai resiko penyakit lebih tinggi maka dari itu anda harus memenuhi kebutuhan lemak omega dan protein sebagai penyeimbang. Makanan terbaik yang dapat diberikan adalah daging ungags, ikan salmon, ikan tuna, daging merah dan lain sebagainya. Juga bisa menggunakan makanan kemasan. Sediakan minuman bersih di dekat kandangnya sehingga kucing tetap sehat dan tidak dehidrasi.

2/ Memandikan kucing

Tujuan anda memandikan kucing adalah untuk merawat bulu dan menghindarkannya dari kutu. Jangan gunakan sabun sembarangan tetapi gunakan sampo khusus untuk kucing karena kucing jenis ini mempunyai bulu yang lebih lebat. Anda bisa memandikan kucing ini seminggu sekali kemudian sisir bulunya dengan baik agar bulu yang rontok terangkat sehingga bulu tetap dalam kondisi halus. Gunakan air hangat-hangat kuku untuk memandikannya lalu keringkan dengan memakai hair dryer.

3/ Membersihkan gigi, telinga dan mata

Perawatan yang ketiga adalah pehatikan gigi, telinga dan mata kucing. Bersihkanlah area ini secara rutin setiap seminggu sekali. Gigi dibersihkan untuk menghindari tumbuhnya karang gigi, sedangkan membersihkan telinga gunanya agar kucing tidak terkena infeksi yang berbahaya yang bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Untuk mata bisa dibersihkan terutama ketika mata kucing berair bisa menjadi tanda terkena virus bakteri. Gunakan sikat gigi khusus untuk kucing, gunakan kapas yang diberi lotion khusus untuk bersihkan telinga dan obat tetes mata manusia ketika mengetahui kucing anda memiliki masalah dengan matanya.

3/ Litter box

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang suka menjaga kebersihan. Oleh karena itu anda harus membersihkan kandang kucing atau tempat tidur kucing secara rutin. Bak pembuangan kotoran diberi plastik lalu di atasnya diberi pasir sehingga lebih mudah dibersihkan. Di samping itu pilihlah litter box yang aman dan mudah dibersihkan serta tidak mengeluarkan bau menyengat ketika digunakan sehingga bisa mengganggu keksehatan kucing ini.

4/ Memotong kuku

Jangan lupa untuk memotong kuku kuicng secara rutin akan menyebabkan kucing tidak menggaruk-garukkan kukunya di sembarang tempat apalagi anda merawat kucing jenis ini di rumah. Bila kuku kuicng terlalu panjang maka bisa merusak benda-benda di rumah anda. Ketika anda akan memotong kuku kuicng maka anda bisa menutup kedua matanya dengan handuk atau penutup kepala agar kucing tidak banyak bergerak.

5/ Sediakan mainan

Kucing jenis ini suka bermain dengan manusia. Maka dari itu anda sebagai pemiliknya haruslah menyediakan beberapa jenis mainan untuk kucing yang bisa membantu menghilangkan rasa stres pada kucing. Karena pada dasarnya kucing adalah salah satu hewan yang suka bermain. Anda bisa membeli mainan khusus di petshop dan ajak kucing bermain minimal sehari sekali akan membantu kucing terhindar dari tekanan bathin / stres.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel