Deretan Khasiat Cabai yang Berguna untuk Menjaga Kesehatan Bumil

1 Feb 2023 09:54 702 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Deretan Khasiat Cabai Yang Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Bumil

Biasanya remaja putrid an ibu-ibu hamil muda sangat menyukai makanan pedas, sehingga cabai menjadi salah satu jenis rempah yang wajib ditambahkan ke dalam masakan yang dibuat. Cabai memiliki banyak jenis yaitu ada cabai keriting, cabai rawit, cabai merah, cabai panjang, cabai hijau dan lain sebagainya. Yang membedakan antara semua jenis cabai ini adalah warnanya yaitu antara cabai merah dan cabai hijau memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda yaitu cabai merah / rawit menyimpan tingkat kepedasan yang sangat tinggi sedangkan cabai hijau tidak sepedas cabai merah / rawit sehingga aman saja dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain menyumbangkan rasa pedas dan segar, rempah cabai memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh pada umumnya yaitu seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

 

1/ Menstabilkan imunitas tubuh

Seperti diketahui bahwa ibu hamil lebih rentan terkena virus bahkan mudah jatuh sakit jika dibandingkan ketika mereka sedang tidak hamil. Dalam hal ini cabai hijau yang banyak mengandung vitamin C diyakini ampuh meningkatkan imunitas tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi 100 gram cabai hijau saja sudah mempunyai 143,7 mg vitamin C atau setara dengan 237 persen dari nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh.

 

2/ Mengatur kadar dan tekanan gula darah

Semua jenis cabai pada umumnya terbukti ampuh membantu dan mengatur kadar gula darah mencapai angka stabil. Kandungan gula yang terkandung dalam cabai terutama untuk jenis cabai hijau lebih rendah yaitu hanya sekitar 5 gram saja. Maka dari itu kandungan kalorinya pun tak kalah rendah yaitu hanya sebesar 40 kkal. Jenis cabai ini mengandung banyak manfaat terutama kandungan potasium di dalamnya berfungsi untuk mencegah ibu hamil terkena hipertensi dan mengurangi resiko penyakit jantung yang tiba-tiba bisa menyerang ibu hamil.

 

3/ Membantu menghilangkan jerawat

Jerawat adalah masalah umum yang menyerang ibu-ibu hamil seperti masalah kulit lainnya yaitu meningkatnya sensitivitas kulit, munculnya ruam panas hingga timbulnya stretch mark. Jerawat membandel bisa membuat ibu hamil tertekan selama masa kehamilan karena membuat penampilan mereka terlihat kusam dan tidak menarik. Untuk bisa menghindari kondisi ini maka cobalah mengkonsumsi cabai hijau. Ini merupakan solusi alternatif guna mencegah timbulnya jerawat. Cabai hijau merupakan sumber antioksidan dan senyawa sehat sehingga membuat kulit bebas dari noda meskipun anda sedang mengandung.

 

4/ Menurunkan resiko terkena kanker

Selama masa kehamilan, tubuh banyak sekali mengalami perubahan besar mengikuti perkembangan janin dalam perut. Antioksidan yang terdapat dalam cabai hijau memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap tubuh dari serangan kanker terutama kerusakan yang bersifat oksidatif. Konsumsilah cabai hijau dalam porsi tepat setiap hari yang menjadi solusi pencegahan dan bisa sebagai terapi pengobatan herbal bagi penderita kanker. Dalam cabai hijau mempunyai kandungan senyawa karotenoid dimana senyawa ini adalah sebagai sumber antioksidan guna mencegah kerusakan DNA dan menurunkan risiko terkena kanker.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel