Jaga Kecantikan Kulit dengan Optimalkan Manfaat Buah Coklat

13 Dec 2022 13:30 660 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jaga Kecantikan Kulit Dengan Optimalkan Manfaat Buah Coklat

 

Buah cokelat atau kakao adalah salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan. Pohon ini selanjutnya berkembang ke seluruh dunia dan banyak dijumpai di daerah tropis. Buah coklat berisikan biji berjumlah sekitar 30-50 butir dimana biji-biji tersebut kemudian diolah menjadi produk coklat. Buah coklat mentah banyak mengandung antioksidan dalam jumlah besar serta kalsium dan vitamin dan lemak. Lemak dalam buah coklat digunakan sebagai bahan membuat obat-obatan, salep serta berbagai sabun untuk mandi. Buah coklat juga berguna untuk kesehatan sehingga buah ini bermanfaat dalam bidang kesehatan kulit dan kecantikan.

Melalui artikel kami kali ini hanya akan membahas manfaat buah coklat yang ada hubungannya dengan kecantikan kulit. Silahkan menyimak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Untuk eksfoliasi

Yang pertama adalah buah coklat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan cara melakukan eksfoliasi yang aman bagi kulit. Cara penggunaan buah ini untuk mengangkat sel-sel kulit mati adalah mencampur bubuk kakao dengan susu tanpa gula. Campuran yang membentuk pasta ini digunakan sebagai masker di area wajah dan leher agar bisa membersihkan sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sekaligus melembabkan kulit. Bisa digunakan sebagai scrub guna mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan bibir.

2/ Untuk memperbaiki tekstur kulit

Buah coklat yang sudah diolah menjadi cocoa butter mempunyai kandungan omega-3, 6 dan 9, vitamin E dan K, zinc serta zat besi. Jika semua komposisi tersebut digunakan dalam rangkaian perawatan kulit maka bisa membantu mengatasi masalah kulit sebagai akibat adanya radikal bebas. Cocoa butter juga mengandung antioksidan yang ampuh membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit sehingga menurunkan kemungkinan munculnya kerutan-kerutan halus sebagai akibat paparan sinar matahari. Antioksidan dalam buah coklat mempermudah regenerasi kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan.

3/ Mencegah dan mengatasi jerawat

Sebagai sumber antioksidan dalam jumlah besar maka buah coklat menyimpan banyak kegunaan yaitu untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Senyawa antioksidan berperan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus menguatkan skin barrier sehingga penyebaran jerawat semakin melebar di wajah bisa ditekan dan diatasi. Caranya adalah memanfaatkan bubuk kakao sebagai masker. Gunakan secara rutin akan membantu mengatasi jerawat dan menghilangkan komedo.

4/ Perlindungan dari sinar UV

Pada kenyataannya sinar ultraviolet memberikan banyak manfaat untuk tubuh disamping bahaya yang dimunculkan. Dari sisi manfaat, sinar UV sangat membantu untuk bisa merangsang pertumbuhan tulang namun sinar UV justru bisa membahayakan kesehatan kulit jika anda secara langsung terpapar sinarnya dalam jangka waktu yang cukup lama dan sering. Buah coklat dalam hal ini mempunyai khasiat untuk melancarkan aliran darah, hidrasi pada kulit serta membantu mencerahkan kulit yang terlanjur terbakar oleh sinar matahari melalui cara menurunkan pigmen dan mempercepat regenerasi pada kulit.

5/ Melembabkan bibir

Tanda yang sering muncul karena tubuh kekurangan cairan adalah bibir terlihat kering dan pecah-pecah. Biasanya ini bisa diatasi dengan menggunakan lipbalm yang sekaligus menutrisi bibir. Cocoa butter merupakan kandungan utama yang digunakan sebagai bahan mencampur produk lipbalm. Ini disebabkan karena asam lemak yang dimiliki oleh cocoa butter berkhasiat untuk melembabkan, melembutkan dan membuat bibir terasa sehat. Meskipun terlihat sepele, perawatan bibir merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kecantikan bibir anda.

Semoga bermanfaat

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel