Kesehatan Bibir Bisa Dijaga dengan Memanfaatkan Kulit dari Buah Naga

14 Dec 2022 17:45 1193 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kesehatan Bibir Bisa Dijaga Dengan Memanfaatkan Kulit Dari Buah Naga

Buah naga banyak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Buah yang berwarna cerah ini selain memiliki tampilan yang menawan, rasa buah yang segar juga memiliki multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan yang diperoleh dari daging buah dan kulitnya. Ada beberapa jenis buah naga yang saat ini banyak dibudidayakan khususnya di Indonesia yaitu buah naga kulit merah dengan daging merah atau buah naga merah, buah naga kulit kuning dengan daging putih atau buah naga kuning dan buah naga kulit merah dengan daging putih atau buah naga pink. Masing-masing buah naga beserta kulitnya mengandung antioksidan, vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan menyembuhkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan kulit termasuk tanda-tanda penuaan, jerawat dan kulit terbakar.

Melalui artikel kami kali ini hanya akan membahas tentang manfaat dari kulit buah naga saja yang ternyata bagus digunakan untuk menjaga kesehatan area bibir. Silahkan menyimak ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Berguna untuk melembabkan bibir

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang bisa difungsikan sebagai pelembab alami karena di dalamnya banyak mengandung air, vitamin dan antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan buah naga agar bisa mengoptimalkan fungsinya adalah dengan cara mengoleskan secara langsung untuk kulit yang bermasalah. Buah naga juga mengandung vitamin B3 dimana bermanfaat untuk melembabkan kulit dan juga area bibir sehingga cocok dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi bibir pecah dan kering serta sariawan. Karena banyak manfaat inilah maka buah naga terutama kulitnya banyak diolah menjadi ekstrak kulit buah naga sebagai produk suplemen kesehatan seperti liptint atau lipbalm juga masker bibir dari kulit buah naga. Kandungan berbagai bahan pelembab untuk lipbalm akan membantu memaksimalkan fungsi kulit buah naga untuk melembabkan bibir.

2/ Mengembalikan warna alami pada bibir

Beberapa orang sering mengeluh karena memiliki warna bibir yang gelap. Bibir yang gelap ini terjadi karena adanya proses hiperpigmentasi. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya tetapi dapat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri pada sebagian orang terutama wanita. Bibir gelap juga bisa disebabkan oleh adanya kelebihan melanin, dimana kondisi ini akan dipertajam oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, kurangnya hidrasi, merokok, reaksi alergi terhadap pasta gigi atau lipstick, terlalu banyak kafein dan kebiasaan sering menghisap atau menggigit bibir. Bibir hitam bisa diatai dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan memperbanyak asupan buah dan sayur tak terkecuali buah naga. Selain makan daging buah yang segar dan manis, manfaat bisa diperoleh dari kulit buah naga untuk dapat mengembalikan warna alami bibir. Zat pewarna alami yang terkandung di dalam kulit buah naga merah  dipercaya ampuh  mengembalikan warna alami bibir. Oleh karena itu kulit buah naga bisa diolah untuk dapat membantu mengembalikan warna alami bibir seperti yang banyak terkandung dalam produk lipbalm. 

3/ Mencegah pertumbuhan sel kanker pada bibir

Buah naga secara keseluruhan mengandung karotenoid berpigmen seperti beta-karoten dan likopen serta vitamin C yang berpotensi melawan kanker. Antioksidan seperti betalain ampuh untuk mengurangi stres oksidatif dan melawan sel-sel kanker. Penelitian kesehatan menemukan bahwa betacyanin yang terkandung dalam buah naga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Dimana diketahui bahwa kanker sendiri adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan ada dalam tubuh karena sel-sel abnormal membelah dengan cepat lalu menyebar ke jaringan dan organ lainnya. Untuk dapat menghindar dari tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh, maka bisa mencoba memanfaatkan kulit buah naga yang banyak mengandung fitoalbumin, vitamin C dan mineral. Nutrisi ini dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Beberapa orang percaya bahwa kulit buah naga ampuh untuk menangkal kanker payudara, kanker bibir, kanker darah dan kanker paru-paru serta bisa untuk memperbaiki kerusakan sel.

4/ Mencegah kulit bibir terbakar oleh sinar matahari

Masing-masing anggota tubuh yang terkena sinar matahari sangat terik secara langsung bisa terbakar dan menjadi hitam yang tentu saja akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Beberapa orang mengantisipasinya dengan menggunakan sunscreen atau sunblock guna melindungi kesehatan kulit. Kulit yang dimaksudkan adalah bukan hanya pada kulit wajah, tangan atau kaki saja melainkan juga kulit bibir. Kondisi kulit di bagian ini yang terbakar sinar matahari secara langsung terlalu sering bisa diatasi dengan cara tradisional untuk tingkatan ringan tetapi akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengembalikan kecermalangan kulit jika kondisinya sudah parah. Diketahui bahwa kulit buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang memungkinkan kulit untuk tenang serta menghindari dari peradangan, kemerahan dan gatal disebabkan oleh ultra violet yang keras. Kulit buah naga membantu mengurangi peradangan kulit di sekitar area bibir. Cobalah dengan mengaplikasikan masker dari kulit buah naga yaitu campurkan kulit buah naga merah dengan jus buah mentimun segar dan madu kemudian oleskan pada bagian kulit bibir yang terbakar matahari. Bisa juga diaplikasikan pada bagian kulit lainnya yang terbakar.

Semoga bermanfaat.

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel