Mengenal Tanda Kucing Kesayangan Anda Cacingan

12 Dec 2022 12:25 654 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Tanda Kucing Kesayangan Anda Cacingan

Seperti diketahui bahwa kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang rentan terserang penyakit cacingan. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa kucing peliharaan anda sedang cacingan ? Kucing bisa saja terserang  cacingan karena disebabkan oleh adanya parasite seperti cacing gelang atau cacing pita. Kedua jenis cacing ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing bahkan kucing yang menderita cacingan akan berperilaku tidak normal dan cenderung pasif, mulai dari lesu hingga perubahan pola makan.

Apa saja ciri-ciri kucing cacingan ? Bisa diketahui dari perilaku kucing yang mulai terlihat kurang sehat dan terdapat kebiasaan baru yang aneh dan membuat kucing anda menjadi gelisah. Sebagai pemilik kucing, anda dapat mengetahui ciri-ciri kucing cacingan dengan mengamati beberapa hal sebagai berikut :

1/ Turunnya berat badan dan perut kembung

Kucing anda yang terkena cacingan kelihatan masih tetap mempunyai nafsu makan yang baik namun sebagai pemilik harus jeli memperhatikan apakah jumlah makanan yang dimakan normal atau tidak ? Karena kucing yang terkena cacaingan akan diketahui dengan terlihatnya berat badan yang mulai menurun walaupun porsi makanan yang diberikan normal. Apabila hal ini terjadi maka anda perlu membawa kucing ke dokter hewan guna memastikan bahwa kemungkinan kucing anda terkena cacingan. Penurunan berat badan kucing akan disertai dengan perut yang seolah-olah kembung atau bengkak maka merupakan kemungkinan kucing mengalami gejala cacingan.

2/ Bulu kucing menjadi kasar

Ciri kucing mengalami penyakit cacingan yang kedua adalah adanya perubahan kondisi pada bulu kucing yaitu menjadi agak kasar dan tidak berkilau seperti biasanya. Kondisi ini disertai dengan perut kucing yang membuncit.

3/ Perubahan perilaku

Tanda ketiga adalah adanya perubahan perilaku pada kebiasaan kucing anda di rumah. Kucing yang positif mengalami cacingan kemungkinan akan mengalami perubahan perilaku seperti buang air besar yang terlalu encer atau diare. Jika anda mendapati kotoran kucing seperti ini maka segera bawa kucing ke dokter hewan.

4/ Adanya jejak cacing

Secara garis besar, kucing yang mengalami cacingan akan ditemukan cacing pada kotorannya. Cacing-cacing ini terlihat pada tempat kucing membuang kotorannya atau di tempat kucing tidur. Cacing ini mempunyai beragam jenis ukuran dimana pada umumnya kucing akan mengalami masalah besar jika cacing yang menyarang adalah jenis cacing gelang. Cacing ini mampu tumbuh hingga panjang mencapai 10 cm dan berwarna putih. Sedangkan untuk cacing pita akan terlihat seperti seutas tali yang berwarna putih kecil pipih.

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Cacingan ?

Kucing peliharaan anda yang mengalami cacingan tentu saja membutuhkan perawatan khusus demi untuk mencegah resiko yang lebih besar dimana ada beberapa bahan alami untuk mengatasi kucing cacingan adalah sebagai berikut :

1/ Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu jenis obat alami yang berguna untuk menyembuhkan masalah kucing cacingan. Cara mengobati adalah silahkan campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel ke dalam air hangat kemudian berikan kepada kucing anda sekitar satu minggu sekali.

2/ Memberikan biji labu

Biji labu dapat digunakan sebagai obat pada kucing yang mempunyai ciri memperlihatkan kucing anda cacingan. Cara mengobati adalah tumbuk halus atau giling biji labu hingga halus kemudian taburkan ke makanan kucing secara teratur.

3/ Memberikan bawang putih

Bawang putih diketahui mempunyai multi nutrisi termasuk bagus untuk membantu kucing dalam hal melenyapkan cacing yang bersarang dalam perutnya. Bawang putih mengandung antiseptic dan antibakteri yang bagus untuk membunuh cacing dalam perut kucing. Cara mengobatinya adalah sangat mudah dilakukan yaitu haluskan bawang putih kemudian campurkan pada makanan kucing.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel