Ikan Dendeng Lezat dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

2 Feb 2023 15:10 1640 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selain Bercita Rasa Lezat Dan Gurih, Ikan Dendeng Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Beragam jenis ikan air tawar maupun ikan air laut di Indonesia biasanya diolah menjadi ikan dendeng yang memiliki banyak kandungan nutrisi mampu menjaga kesehatan tubuh dan bisa dimakan setiap hari. Ikan yang biasa digunakan untuk ikan dendeng adalah ikan gabus, ikan cuek, ikan teri, ikan pari, ikan tongkol, ikan layang hingga ikan tenggiri karena jenis ikan ini rata-rata memiliki daging yang tebal. Cra mengolahnya tidaklah sulit dan hampir sama dengan cara pengolahan dendeng daging yaitu mulai dari membersihkan ikan, memotongnya tipis-tipis atau dalam bentuk utuh, perendaman dengan iar garam, diberi bumbu dan didiamkan beberapa waktu kemudian dijemur atau dikeringkan dan akhirnya digoreng sebagai menu untuk teman makan nasi pada waktu siang atau malam hari.

Begitu banyak manfaat yang diberikan bagi kebugaran dan kesehatan tubuh sehingga anak-anak dan lansia dianjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi ikan dendeng. Dimana hampir semua jenis ikan sangat bagus dan bermanfaat untuk diolah menjadi beragam jenis masakan. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat mengkonsumsi ikan dendeng untuk kesehatan tubuh, silahkan menyimaknya.

1/ Ikan dendeng ampuh mencegah penyakit jantung

Jantung adalah salah satu organ vital pada tubuh manusia sehingga kesehatan jantung mesti dijaga. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bagus untuk jantung sehat seperti ikan dendeng. Dengan suka dan rajin mengkonsumsi ikan dendeng setiap hari ampuh untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan penyakit lainnya seperti stroke dan jantung koroner.

2/ Ikan dendeng bagus untuk kesehatan tulang dan gigi

Manfaat ikan dendeng yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pada umumnya ikan banyak mengandung kalsium dan fosfor yang dikenal sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itu anak-anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan agar tulang dan giginya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

3/ Ikan dendeng mempercepat penyembuhan luka

Di samping kalsium dan fosfor, ikan juga banyak mengandung zat besi yang dikenal dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan rajin mengkonsumsi ikan dendeng maka membantu mempercepat luka sembuh pada bagian kulit. Penyembuhan luka secara lebih cepat dari ikan dendeng seperti yang diperoleh dari pemanfaatan minyak tawon yang banyak mengandung klorofil.

4/ Ikan dendeng mencegah anemia

Kandungan zat besi pada ikan dendeng sangat bagus untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Asupan zat besi yang mencukupi bisa dikumpulkan dengan cara mengkonsumsi ikan dendeng secara rutin setiap hari sehingga tubuh terpenuhi kebutuhan zat besi dan membantu produksi sel darah merah berjalan lancar. Juga bisa untuk mencegah anemia seperti yang diperoleh dari buah bit dan jambu biji.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel