Tips Mencegah Bulu Rontok pada Kucing Kesayangan Anda

14 Dec 2022 09:42 807 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Mencegah Bulu Rontok Pada Kucing Kesayangan Anda

Tentulah menjadi kebanggaan jika anda memelihara kucing yang sehat, lucu dan cantik akan membuat anda merasa senang dan nyaman bersama dengan kucing peliharaan anda dan menjadi kesayangan. Tetapi jika kucing bermasalah maka akan membuat siapapun akan merasa risi. Salah satunya adalah yang paling sering dialami yaitu bulu rontok. Masalah bulu rontok memang sangat menyebalkan dan membuat annda merasa repot membersihkannya serta kuatir karena bisa saja bulu kucing rontok disebabkan oleh adanya penyakit. Penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi bulu kucing yang rontok.

Sebelum mulai untuk melakukan perawatan dan penanganan khusus, anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari bulu kucing mengalami kerontokan. Apakah karena adanya masa pergantian bulu, kurang nutrisi, over dosis vitamin, salah produk mandi atau tungau dan   kutu.

Cara Perawatan Bulu Kucing

Bagaimana cara mengatasi bulu kucing yang rontok berlebihan sebenarnya sangat sederhana dan banyak cara bisa anda lakukan seperti salah satunya adalah dengan cara tradisional di rumah. Anda bisa mencoba untuk merawat kucing dengan beberapa hal berikut ini agar masalah bulu rontok dapat terselesaikan dengan baik.

1/ Mandikan kucing seperti biasa

Yang pertama adalah memandikan kucing seperti biasa. Dengan rajin memandikan kucing maka kucing kesayangan anda akan terbebas dari kutu dan tungau. Ada banyak jenis sampo yang dapat anda beli untuk dipalikasikan kepada kucing anda namun disarankan untuk membeli sampo yang tepat yang memiliki kemampuan untuk membersihkan kutu dan tungau sekaligus. Mandikan secara teratur sebanyak 1 kali dalam 2 minggu maka akan membantu mengatasi masalah kerontokan bulu kucing.

2/ Mengganti produk mandi

Cara yang kedua adalah mengganti produk mandi kucing anda. Jika anda mengetahui bahwa penyebab dari masalah bulu kucing rontok adalah karena produk mandi kucing yang dipakai tidak sesuai dengan kondisi bulu kucing anda maka segeralah menggantinya. Carilah sampo atau bedak perawatan yang mampu membantu untuk menguatkan bulu kucing. Jika masih merasa bingung maka annda dapat mencari lebih banyak informasi melalui internet, bertanya kepada penjual di petshop atau langsung saja ke dokter hewan sehingga mendapatkan rekomendasi produk yang tepat dan berkualitas.

3/ Memberikan makanan bernutrisi

Kucing peliharaan anda penting untuk mendapatkan makanan / minuman yang bersih dan sehat. Berikanlah makanan yang kaya akan nutrisi agar kucing menjadi lebih sehat dan secara otomatis tubuh kucing akan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Pada saat kucing-kucing peliharaan anda mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi maka secara otomatis bulu yang dimiliki juga akan semakin sehat. Jangan abaikan masalah makanan kucing karena akan berdampak buruk terhadap kesehatan kucing peliharaan anda secara keseluruhan.

4/ Berikan vitamin dengan takaran tepat

Berikan vitamin dalam takaran pas untuk kucing kesayangan anda yang bisa diperoleh dengan menyakan secara langsung ke dokter hewan. Jika kucing anda kekurangan vitamin atau justru merasa kelebihan vitamin maka nantinya bisa menyebabkan kucing mengalami masalah seperti bulu menjadi mudah rontok yang cukup parah.

5/ Berikan obat anti rontok

Jika anda sudah melakukan empat cara tersebut di atas namun tetap saja kucing anda di rumah mengalami bulu rontok maka cobalah membeli obat anti rontok di petshop. Biasanya di sini tersedia banyak produk dengan fungsi untuk menguatkan akar bulu pada kucing anda. Dibarengi dengan pengetahuan penyebab dari bulu rontok, jika rontok karena birahi atau memang memasuki masa pergantian bulu, anda tidak perlu untuk membeli obat semacam ini. Tunggu hingga masa pergantian bulu telah lewat sehingga anda bisa melihat apakah kerontokan yang terjadi adalah hal wajar atau harus memperoleh perawatan khusus.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel