Tips Mengobati Kucing Terkena Sakit Mencret

13 Dec 2022 17:30 921 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Mengobati Kucing Terkena Sakit Mencret

Pada umumnya kucing dalam kondisi sehat akan mengeluarkan kotoran yang padat tetapi apabila kucing anda sedang diare maka tekstur kotorannya akan lebih encer dan intensitas buang airnya menjadi lebih sering dari sebelumnya. Kondisi ini tidak jauh berbeda dari keluhan seorang manusia ketika sedang diare. Jika anda sudah mengetahui ciri-ciri kucing sedang diare maka anda juga harus mempelajari tentang penyebabnya sehingga bisa mengambil tindakan pertama untuk pertolongan. Diare pada kucing memiliki kategori dalam 2 tingkatan yaitu level ringan dan level berat.

Penyebab Kucing Diare Level Ringan

Di bawah ini kami berikan penjelasan singkat mengenai beberapa penyebab kucing kesayangan anda di rumah mengalami diare level ringan, antara lain sebagai berikut :

1/ Faktor makanan

Apakah secara tidak sadar anda sering memberikan makanan yang berbeda-beda pada kucing peliharaan di rumah ? Ini bisa menjadi salah satu penyebab kucing terserang diare, terutama jika kucing diberikan makanan sisa. Perlu diingat bahwa pencernaan kucing memiliki daya tahan yang sangat sensitif. Jadi usahakan untuk memilih makanan yang sudah cocok dengan kucing anda.

2/ Faktor minuman

Ketika anda ingin memberikan minum kepada kucing peliharaan anda di rumah, janganlah asal-asalan saja karena air minum yang tidak higienis bisa menjadi salah satu faktor terjadinya diare. Meskipun sudah dirawat dengan optimal di dalam rumah, kucing kadang-kadang bisa meminum air minum yang kurang bersih di luar rumah. Maka dari itu jagalah kucing anda dengan baik.

3/ Faktor iklim

Iklim juga dapat menjadi penyebab kucing anda terkena sakit diare, karena di saat pergantian iklim maka bisa membuat kucing stres. Sehingga kondisi tubuh kucing menjadi drop dan mudah terjangkit diare.

4/ Faktor stres

Seperti pada penyebab sebelumnya, apabila kucing anda dalam keadaan stres, fisiknya drop dan mudah terjangkit penyakit dimana dalam hal ini anda harus mengetahui ciri-cirinya ketika kucing sedang stres. Selain karena faktor iklim, juga karena pergantian majikan atau hadirnya orang baru dilingkungannya.

Penyebab Kucing Diare Level Berat

Jika anda sudah mengetahui penyebab kucing diare pada level ringan maka di bawah ini kami berikan beberapa penyebab kucing anda terkena diare pada level berat, antara lain sebagai berikut.

1/ Karena virus atau bakteri

Adalah bakteri Escherichia coli merupakan salah satu jenis bakteri atau virus yang bisa menyebabkan diare berat pada kucing.

2/ FIV / AIDS pada kucing

Penyakit ini sangat berbahaya bagi kucing peliharaan anda dan bisa dibayangkan bagaimana berbahayanya jika menular ke manusia melalui cakar atau gigitan. Tetapi penyakit ini sangat jarang terjadi pada kucing.

3/ Karena radang usus

Penyakit ini bisa ditemui pada kucing peliharaan anda yang belum divaksin  yang menyebabkan kucing muntah, anemia serta diare akut.

4/ Ginjal rusak

Hal ini bisa saja terjadi apabila kucing kurang minum. Dimana diketahui bahwa kucing sangat butuh banyak cairan dalam tubuhnya maka dari itu berikanlah air putih bersih yang cukup dibarengi dengan memberikan makanan kering.

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Mencret ?

Setelah mengetahui penyebab kucing terkena penyakit diare seperti tersebut di atas maka selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara mengobati kucing mencret, lihat ulasan kami tersebut di bawah ini :

1/ Berikan yogurt

Cara mengobati kucing mencret yang pertama adalah dengan memberikan yogurt kepada kucing peliharaan anda. Yogurt mengandung bakteri baik seperti lactobacillus yang termasuk sebagai salah satu jenis bakteri non patagon. Menurut para ahli menjelaskan bahwa bakteri dalam minuman yogurt sangat baik bagi pencernaan tubuh kucing. Pilihlah yogurt yang kandungan laktosanya rendah dan berikan 1-2 sendok makan setiap hari.

2/ Berikan oralit khusus hewan

Oralit khusus hewan bisa dibeli di petshop di kota anda. Cobalah untuk membeli dan tanyakan saran pemakaiannya.

3/ Berikan multivitamin

Multivitamin juga bisa dibeli di petshop di kota anda. Selain bisa untuk mengobati diare pada kucing, multivitamin juga bisa dijadikan sebagai obat pencegah diare.

4/ Berikan obat cacing

Bisa juga karena cacingan maka kucing peliharaan anda terkena diare. Maka cobalah untuk memberikan obat cacing maka barangkali kucing anda benar mengalami cacingan.

5/ Berikan tempe

Tempe bisa mengobati penyakit mencret pada kucing peliharaan anda, maka dari itu dianjurkan untuk membeli tempe kemudian masak lalu berikan kepada kucing. Masaklah dengan cara direbus dengan pasta bawang putih dan garam seccukupnya agar kandungan dalam tempe tetap terjaga.

Jika terjadi hal-hal diluar penjelasan dari kami tersebut di atas, sebaiknya disarankan untuk membawa kucing anda ke dokter hewan sebelum terlambat.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel