Review Singkat Novel Berjudul Anxious People (Para Pencemas) Karya Fredrik Backman

20 Feb 2023 15:00 999 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Review Singkat Novel Berjudul Anxious People (Para Pencemas) Karya Fredrik Backman

Ini adalah salah satu buku hasil karya apik dari Fredrik Backman yang di dalamnya mengulas tentang cerita menarik mengenai kehidupan dan kecemasan kerap dialami oleh kelompok remaja dan manusia dewasa.

Penulis : Fredrik Backman

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit : 7 Agustus 2022

Jumlah Halaman : 424

ISBN : 9786020662503

Sinopsis Buku Anxious People

Terdapat sekelompok perampok yang beranggotakan delapan orang asing yang memiliki satu pemikiran sama yang sangat buruk. Ini erat hubungannya dengan survey yang dilakukan untuk tempat tinggal yang tidak melibatkan situasi yang dapat mengancam hidup tetapi inilah yang terjadi selanjutnya.

Pada saat sekelompok perampok gagal melakukan misi dalam menyerbu sebuah apartemen dan justru berakhir pada penyanderaan sekelompok orang asing yang terdiri dari pasangan yang baru pension, seorang direktur sebuah bank yang sangat kaya-raya tetapi kurang peduli dengan orang lain, pasangan muda yang sebentar lagi akan mempunyai anak pertama selalu berseteru pendapat, seorang wanita tua berusia 87 tahun yang tak kuatir pada todongan pistol, agen real estat yang mudah panik, dan seorang pria misterius yang selalu mengunci diri di satu-satunya kamar mandi yang ada di apartemen tersebut.

Masing-masing sandera mempunyai luka, rahasia, kepedihan dan juga rencana yang begitu meluap-luap. Tidak ada seorang pun dari mereka yang terlihat sama seperti apa yang ditampilkan pada penampakan luar masing-masing individu. Mereka semua ternyata membutuhkan untuk diselamatkan. Selagi ada otoritas dan media yang masih mengepung apartemen tersebut, sekelompok orang asing tersebut justru mengungkapkan dan menyatakan kebenaran yang mengejutkan tentang siapa diri mereka lalu mendapati kalau sebenarnya mereka memiliki banyak sekali persamaan daripada apa yang mereka duga.

Mengulas Pros & Cons Dan Review Buku

1/ Pros

Cerita dalam buku ini mempunyai alur yang maju-mundur sehingga masing-masing kisah yang dimiliki oleh para tokoh tergambar dengan jelas. Tema dalam buku ini sangat beragam sehingga buku ini mempunyai banyak nilai-nilai penting terselip di dalamnya. Penulis berusaha untuk menyajikan cerita yang diangkat dari banyak sisi mengenai kehidupan manusia sehingga para pembaca merasa sangat dekat dengan setiap tokoh dalam buku ini.

2/ Cons

Ini adalah bukan genre misteri melainkan anda seperti membaca sebuah buku dengan bergaya genre misteri. Oleh karena itu bisa saja buku ini dianggap berat bagi para pembaca yang kurang menyukai genre-genre misteri.

3/ Review Buku

Buku cerita berjudul Para Pencemas atau Anxious People ini adalah sebuah karya apik dari Fredrik Backman yang kehadirannya sangat dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. Seperti dilihat dari judul buku cerita ini melukiskan tentang sekelompok orang yang menyimpan rasa cemas dalam diri masing-masing sebagai tokoh utama.

Di awal cerita, terdapat dua tokoh yang secara langsung diperkenalkan oleh pengarangnya yaitu Jack dan Jim. Keduanya adalah polisi yang pada waktu itu ditugaskan di post yang sama dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk bisa memecahkan semua teka-teki mengenai hilangnya si perampok bank yang bersembunyi sambil menyandera banyak orang yang secara kebetulan sedang melihat sebuah unit apartemen yang akan dijual.

Para pembaca akan menikmati percakapan-percakapan tokoh Jack dan Jim dan beberapa bagian bisa membuat anda merasa tertarik untuk lebih dalam membaca buku ini. Kedua tokoh ini melukiskan hubungan yang terjadi dari sosok anak laki-laki dan juga ayahnya. Ada rasa kikuk yang terasa nyata berhubungan dengan banyak kejadian yang muncul dalam keseharian kehidupan manusia. Kedua tokoh dalam buku cerita ini mempunyai banyak perbedaan dan satu-satunya hal yang membuat mereka merasa sama adalah rasa sayang keduanya terhadap Ibu Jack yang saat itu sudah tiada.

Secara tidak langsung buku ini mengajak anda untuk mampu melihat sesi interview yang dilakukan Jack dan Jim kepada semua saksi atas kejadian buruk yang sedang terjadi. Jack meyakini kalau salah satu dari saksi-saksi tersebut adalah seseorang yang membantu si perampok bank untuk bersembunyi. Mengapa demikian ? Karena alasan satu-satunya yang menyebabkan Jack merasa yakin tentang opini ini adalah pada waktu semua saksi atau sandera dari apartemen dilepaskan, si perampok bank malah menghilang. Padahal ia tidak keluar dari apartemen tersebut sama sekali dan ketika dicari serta diselidiki, perampok tersebut tetap tidak ada.

Masing-masing tokoh dalam penyanderaan di apartemen ini pada akhirnya akan memberitahukan hal-hal apa saja yang membuat mereka menjadi cemas. Tokoh pertama adalah bernama Zara yaitu seorang perempuan yang berusia 50 tahun dilukiskan sebagai karakter dingin, terlihat kaya-raya dan rasanya sangat aneh ketika dirinya berada di dalam salah satu kamar dari apartemen tersebut. Tokoh kedua adalah Estelle, seorang yang berusia paling tua dibandingkan tokoh lain yang ada dalam buku ini. Estelle berusia sekitar 80 tahun dengan memiliki karakter hangat dan mampu menenangkan tokoh-tokoh lainnya. Selanjutnya ada juga Anna Lena dan Roger yaitu shark couple. Ternyata ada alasan mengapa mereka dijuluki sebagai shark couple. Sebenarnya pasangan ini sangat suka bekunjung ke unit-unit apartemen yang tampak tidak terlalu bagus. Alasannya adalah sangat simpel. Mereka akan membelinya dengan harga yang murah kemudian akan melakukan renovasi dan kembali menjual unit apartemen tersebut dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan harga ketika mereka membeli dari tangan satu. Pasangan ini suka sekali dengan IKEA dimana saking sukanya, mereka telah menghampiri sekitar 20 toko IKEA yang menyebar di Swedia. Tokoh berikutnya adalah Julie dan Ro, salah satu pasangan yang pada saat itu sedang menantikan kehadiran anak pertama mereka. Mereka berdua adalah perempuan dan yang sedang mengandung adalah Julie. Ada juga tokoh yang bernama Lennart yaitu seorang yang sangat mencurigakan dan tidak ada yang dapat menduga kalau ia akan menjadi salah satu sosok yang disandera. Kemudian tokoh bernama London, ia adalah orang terakhir yang menjadi saksi penyanderaan tersebut. Dan terakhir adalah The Bank Robber yaitu sosok pamungkas yang menjadi highlight menyebabkan kejadian ini muncul secara tiba-tiba sehingga menjadi sebuah kisah menarik dalam buku ini untuk dibaca sebagai sebuah misteri.

Selamat membaca.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel