Kucing dan Fakta Unik yang Mengelilinginya

6 Feb 2023 15:30 499 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Wajib Tahu Beberapa Fakta Unik Tentang Kucing Kesayangan Anda

Sejak 6.000 tahun SM., hewan bernama kucing telah berbaur dan bersahabat dengan manusia. Pada zaman dahulu orang-orang Mesir Kuno gemar memelihara kucing untuk menjauhkan lingkungan mereka dari hewan pengerat seperti tikus dari lumbung penyimpan hasil panen. Saat ini memelihara kucing telah mengalami perkembangan fungsi yaitu sebagai hobi baru di kalangan masyarakat seluruh dunia.

Ada beberapa jenis kucing yang sengaja dipelihara oleh pecinta hewan sebagai hewan kesayangan seperti kucing domestik, kucing kampung dan kucing ras. Kucing ras adalah jenis kucing yang memiliki nilai jual cukup mahal karena kucing jenis ini merupakan hewan yang mempunyai garis keturunan beragam jenis seperti kucing angora, siam, persia, manx, sphinx, bengal dan mainecoon. Kucing-kucing ini berkembang biak di tempat pemeliharaan hewan resmi dimana di seluruh dunia jumlah kucing ras hanya sebesar 1% saja dan sisanya merupakan kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa fakta unik tentang kucing untuk memudahkan anda mengenali kucing peliharaan sehingga bisa merawatnya dengan benar.

1/ Kucing tidak bisa merasakan manis

Ternyata kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang tidak bisa mengenali rasa manis. Dimana diketahui bahwa setiap mamalia pastilah mempunyai gen yang dapat menerima rasa manis. Biasanya hewan mamalia memiliki reseptor di bagian ujung sel perasa bernama T1R2 dan T1R3 yang berfungsi untuk merasakan rasa manis. Namun sel-sel perasa tersebut tidak berfungsi dengan baik pada kucing. Inilah salah satu alasan mengapa kucing dianggap sebagai salah satu hewan mamalia yang tidak bisa merasakan rasa manis.

2/ Kucing menghabiskan 70% hidupnya untuk tidur

Kucing sering dijuluki sebagai salah satu hewan peliharaan pemalas. Karena kucing memiliki kebiasaan yaitu lebih suka tidur daripada bermain. Kucing ternyata dapat menghabiskan waktu mereka dalam sehari untuk tidur selama rata-rata 15-20 jam per hari. Mengapa kucing menghabiskan 70% hidupnya hanya untuk tidur ? Karena kucing dikenal sebagai hewan predator kecil yang suka hidup berdampingan dengan manusia disamping menyisakan tenaga untuk berburu. Tidur adalah menjadi salah satu cara bagi kucing untuk menyimpan energi sehingga akan tetap tersedia ketika kucing melakukan perburuan.

3/ Kucing bisa berlari dengan sangat cepat

Dalam kondisi terancam, kucing rumahan yang biasa bergaul dengan manusia memiliki kemampuan berlari dengan sangat cepat. Kemampuan kucing peliharaan untuk urusan kecepatan berlari sudah tidak perlu diragukan lagi. Kucing-kucing ini berlari untuk menangkap hewan yang sedang menjadi incaran buruan atau menghindar dari berbagai ancaman berbahaya yang akan menimpa dirinya. Kucing diyakini bisa berlari dengan kecepatan sekitar 30 mph setara dengan mengendarai sepeda motor dalam kecepatan sedang.

4/ Kucing tertua di dunia hidup selama 38 tahun

Kucing adalah salah satu jenis mamalia crepuscular yang rata-rata mempunyai umur kisaran 12-15 tahun. Seekor kucing yang dipelihara di Austin, Texas, Amerika Serikat pernah dinobatkan sebagai kucing tertua di dunia yang memiliki umur mencapai 38 tahun lebih 3 hari. Kucing ini diberi nama Crème Puff tercatat di “Guinnes World Records’ / GWR hidup sejak tahun 1967 sampai 2005. Ini bisa terjadi karena ketelatenan pemiliknya yang merawat kucing ini dengan baik. Rahasia umur panjang dari Crème Puff adalah mengkonsumsi daging asap, telur, asparagus dan brokoli.

5/ Kucing bisa merasakan emosi manusia

Percaya atau tidak, kucing dewasa bisa merasakan emosi manusia terutama pada pemiliknya. Hewan peliharaan yang satu ini memiliki kemampuan untuk dapat memahami emosi manusia seperti rasa sedih, senang dan marah. Biasanya kucing akan menghampiri anda dan berusaha untuk menghibur anda ketika sedang sedih dan kesepian. Bahkan pada beberapa kucing peliharaan akan berperilaku layaknya bodyguard untuk melindungi pemiliknya. Tak mengherankan jika anda menemui kisah-kisah unik dan mengharukan yang terjalin antara kucing dengan manusia.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel