Tips Membuat Aturan yang Menyenangkan Anak Di Rumah

8 Feb 2023 19:00 948 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tips Membuat Aturan Yang Menyenangkan Anak Di Rumah

 

Meskipun sedang berada di rumah, anda sebagai orangtua wajib tetap memperhatikan bahwa sangat penting mempunyai peraturan untuk membuat anak-anak memahami pa saja yang seharusnya dan tidak seharusnya mereka lakukan. Peraturan yang dimaksudkan adalah wajib untuk dipatuhi oleh anak-anak dan anda sebagai orangtua pun harus benar-benar menjalankan peraturan tersebut dengan bijaksana. Tujuan dibuatnya peraturan tersebut adalah agar bermanfaat bagi semua anggota keluarga sehingga dalam membuat peraturan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebagai orangtua, bukan berarti anda bisa langsung membuat peraturan secara subjektif, karena ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dimana pastinya peraturan yang anda buat haruslah bersifat objektif. Tujuannya adalah agar semua penghuni rumah dapat mematuhi peraturan tersebut tanpa kesan dipaksa atau tertekan.

Tips Membangun Aturan Yang Menyenangkan Anak Di Rumah

Seperti ulasan singkat dari kami tersebut di atas bahwa ada beberapa ketentuan yang perlu anda perhatikan pada saat hendak membuat peraturan. Misalnya adalah dengan berdiskusi, memberikan pujian, membuat peraturan yang jelas dan lain sebagainya. Informasi ini akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini dan bisa menjadi tuntunan bagi para orangtua dalam membuat perauturan sendiri di rumah untuk anak-anak.

1/ Diskusikan bersama dengan pasangan

Yang pertama adalah sebelum anda memutuskan untuk membuat peraturan bagi buah hati adalah dengan melakukan diskusi bersama pasangan. Anda bisa mengajak pasangan anda untuk mengobrol tentang tujuan dibuatnya peraturan. Pastikan bahwa peraturan-peraturan tersebut mempunyai tujuan yang jelas sehingga anak-anak akan lebih mudah memahaminya.

2/ Mengadakan pertemuan bersama keluarga

Jangan menjadi orangtua yang egois meskipun terhadap anak-anak anda sendiri. Dalam hal ini anda perlu mengadakan pertemuan dengan keluarga di ruang keluarga (meja makan). Ajaklah anak-anak agar mereka merasa terlibat dan ikut bergabung dalam pertemuan tersebut. Ajaklah anak-anak dalam membuat peraturan yang harus dipatuhi oleh mereka di rumah, tanyakan mengenai apakah peraturan tersebut terlalu memaksa atau terlalu berat dilakukan atau tidak ? Jangan sampai peraturan-peraturan tersebut justru menyebabkan mereka kaget dan merasa tertekan sehingga melakukan aksi mogok atau memberontak.

3/ Lakukan kerjasama

Dalam menciptakan peraturan yang bijaksana dan menyenangkan perlu memastikan semua anggota keluarga bekerja sama. Masing-masing orang di rumah haruslah saling bekerja sama dan wajib menghormati pendapat sesama anggota keluarga bahkan orang lain. Berikan ruang khusus bagi anak-anak anda untuk dapat mengemukakan pendapatnya tentang peraturan yang akan dibuat dan diberlakukan dalam rumah. Nantinya akan tercipta sebuah peraturan yang sifatnya konsisten sehingga buah hati anda dapat mematuhinya tanpa perlu merasa tertekan.

4/ Buat peraturan secara jelas

Ada kalanya anak-anak tidak mematuhi peraturan yang anda buat sebagai orangtua karena instruksi dalam peraturan tersebut kurang dapat dipahami oleh mereka yang berusia belia. Maka dari itu buatlah peraturan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Pastikan setiap kata dalam peraturan tersebut bisa dengan mudah dipahami dengan baik oleh anak-anak. Sehingga mereka bisa secara langsung mengetahui apa yang seharusnya mereka bisa lakukan dan tidak boleh dilakukan berdasarkan peraturan tersebut. Dengan begitu mereka bisa secara langsung mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan dan tidak boleh dilakukan berdasarkan peraturan yang dibuat.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel