Inilah Sebab Kucing Kesayangan Anda Tidak Berselera Makan

9 Feb 2023 20:05 655 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Sebab Kucing Kesayangan Anda Tidak Berselera Makan

Apakah suatu hari anda menemukan kucing peliharaan anda tampak lemas, pasif dan tidak bersemangat ? tentulah kondisi ini akan membuat anda merasa cemas.

Dimana diketahui bahwa salah satu jenis hewan peliharaan yang umum dimiliki oleh para pecinta hewan adalah kucing. Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang tidak terlalu rewel dalam urusan makan. Terlalu banyak makan justru akan membuat kucing sakit dan salah asupan makan akan menyebabkan kucing rentan terserang diare. Untuk itulah perlu mengetahui beberapa penyebab kucing anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan.

1/ Karena adanya penyakit pernapasan

Yang pertama faktor penyebab kucing kesayangan anda tidak bernafsu makan adalah kucing terkena penyakit pada saluran pernapasan. Seperti diketahui bahwa masalah pernapasan seperti berkurangnya indra penciuman dan kemampuan kucing untuk bernapas bisa menjadi penyebab kucing kehilangan nafsu makan. Penyakit pada saluran pernapasan bagian atas bisa merembet yaitu menyumbat mata dan hidung, hal ini bisa mengakibatkan adanya pembatasan atau kehilangan penglihatan dan bau untuk sementara waktu. Untuk penyakit saluran pernapasan bagian bawah dapat berpengaruh pada organ paru-paru kucing yang menyebabkan sulit bernapas. Berikan beberapa antibiotik sederhana untuk membantu kucing anda membersihkannya dan sementara waktu ini bisa mengatasi pernapasan pada kucing. Kucing akan kehilangan selera makannya ketika tidak dapat mencium makanan.

2/ Karena adanya penyakit sistem pencernaan

Kucing yang terserang penyakit pada sistem pencernaan bisa menjadi penyebab kucing peliharaan anda tidak mau makan. Masalah yang dimaksudkan adalah penyakit pada pankreas, usus atau bagian lainnya dapat membuat kucing tidak nafsu makan. Kucing anda kemungkinan juga mengalami sakit perut, diare dan muntah-muntah. Pada umumnya pencernaan adalah salah satu bagian yang memiliki pengaruh besar terhadap penurunan nafsu makan pada kucing peliharaan. Masalah yang paling sering terjadi pada sistem pencernaan adalah tumor, refluks asam, parasit, ketidak seimbangan bakteri usus, iritasi usus dan lain sebagainya.

3/ Kucing secara tidak sengaja menelan benda asing

Kucing tiba-tiba mengalami kondisi buruk yaitu tidak nafsu makan ketika baru saja menelan benda asing. Bola-bola rambut dan benda asing lainnya bisa menjadi salah satu penyebab penyumbatan di bagian usus atau lambung. Beberapa kucing suka menelan benda-benda asing yang sifatnya tidak bisa diproses. Inilah yang menyebabkan benda asing dapat tersangkut di perut atau ususnya. Menelan benda-benda asing yang tersangkut bisa menjadi penghalang saluran pencernaan sehingga membuat kucing menjadi tidak nafsu makan, juga dapat menyebabkan kucing terserang diare atau muntah-muntah.

4/ Kucing terkena sakit gigi

Penyakit yang menyerang area mulut dan gigi pada kucing anda menyebabkan kucing tiba-tiba tidak mau makan. Kucing peliharaan dapat saja berhenti makan karena kondisi buruk yaitu gigi dan gusi yang sakit. Seperti halnya pada manusia, kucing mungkin tidak mau makan jika area mulut dalam kondisi sakit, untuk itu disarankan untuk membawa kucing anda ke dokter hewan karena penyakit yang satu ini sulit didiagnosa oleh orang awam. Biasanya dokter hewan akan membius kucing untuk melakukan evaluasi masalah yang terjadi.

5/ Kucing tidak mau makan karena rasa makanan

Rasa yang ada dalam makanan yang anda berikan ke kucing peliharaan bisa menjadi penyebab kucing anda tidak mau makan. Karena kucing mempunyai selera makan yang cukup unik, maka sebaiknya kenali varian rasa yang disukai oleh kucing anda. Kucing sebagai hewan peliharaan yang mudah bersahabat menggemari makanan yang berbau amis dan asin seperti ikan laut.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel