Efektif Mencegah Hutan Menjadi Gundul dengan Langkah Ini

6 Dec 2022 20:30 414 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Efektif Mencegah Hutan Menjadi Gundul Dengan Langkah Ini

Hutan yang kondisinya rusak akan berdampak buruk bagi manusia sehingga sudah seharusnya manusia mencegahnya yaitu dengan melestarikan hutan dan isi di dalamnya. Manusia mempunyai peranan penting dalam upaya kelestarian hutan dimana semua yang ada di dalam hutan boleh manusia manfaatkan asalkan tidak merusak dan menyalahi undang-undang yang berlaku seperti di Negara Indonesia. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa cara untuk mencegah hutan gundul yang dapat dilakukan oleh manusia.

1/ Legal

Bagi sekelompok manusia yang berniat melakukan bisnis di bidang hasil hutan terutama menjual kayu maka sebaiknya menggunakan bisnis yang sifatnya legal. Bisnis ilegal yang dilakukan akan merugikan negara karena pemasukan negara menjadi sedikit bahkan bisa tidak ada. Pajak yang diberlakukan oleh pemerintah untuk bisnis legal akan digunakan untuk keperluan pembangunan dan memperbaiki pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dimana semakin banyaknya bisnis kayu yang sifatnya ilegal bermunculan di negara ini akan membuat negara rugi dan jika dibiarkan bisa menyebabkan hutan menjadi semakin gundul.

2/ Reboisasi

Ketika manusia menebang satu pohon dewasa maka sebaiknya manusia tersebut juga menanam satu bibit pohon baru. Ketika ada satu pohon dewasa mati maka usahakan ada satu pohon baru yang bisa tumbuh kembali. Jika manusia memberlakukan hal ini maka niscaya kelestarian hutan bisa terjaga. Penghijauan hutan dapat terlaksana dengan cara penanaman satu pohon saja untuk melakukan niat baik yang dikenal dengan istilah reboisasi.

3/ Hati-hati menyalakan api di dalam hutan

Ini perlu sekali diperhatikan bagi manusia yang gemar melakukan camping atau bermalam di dalam hutan. Boleh-boleh saja melakukannya asalkan tetap menjaga kebersihan hutan dan tidak merugikan hutan. Ketika bercamping biasanya ada banyak manusia yang suka membuat api unggun. Nah sebelum meninggalkan tempat camping maka pastikan tidak ada api yang hidup atau menyala, karena api yang menyala meskipun kecil bisa berubah menjadi besar jika terkena angina yang berhembus. Bagi manusia perokok yang hobi jelajah hutan disarankan untuk tidak membuang sembarangan punting rokok yang masih menyala karena ini bisa memicu munculnya api.

4/ Menghindari ladang berpindah

Ini khusus berlaku bagi para petani yang suka bercocok tanam tidak boleh memberlakukan ladang berpindah. Dimana diketahui kadang-kadang ada petani yang tidak mau ambil pusing dengan kesuburan tanah di tempatnya bercocok tanam. Para petani ini cenderung akan berpindah tempat dari lahannya yang semula apabila dirasa lahannya tersebut sudah tidak memberikan keuntungan karena kurang subur. Ini adalah perbuatan yang tidak bertanggung jawab karena lahan lama yang dibiarkan begitu saja akan mengalami kekeringan atau tandus. Jika terus dibiarkan seperti ini maka lahan tersebut akan terbengkalai dan menyebabjan lahan kekeringan semakin meluas. Penyebab utamanya adalah para petani yang tidak bertanggung jawab tersebut akan terus berpindah-pindah tempat jika lahan yang ditanaminya sudah tidak subur lagi. Sehingga lahan yang terbengkalai akan menjadi semakin banyak dan semakin luas areanya.

5/ Kebijakan pemerintah

Ada banyak perusahaan nakal yang suka memanfaatkan hutan untuk mendapatkan kepentingan bisnis seperti perkebunan hingga wisata yang belum tentu bonafit. Bahkan beberapa diantaranya cenderung merugikan masyarakat sekitar. Adanya kebijakan pemerintah dalam hal ini sangat penting guna mencegah terjadinya hutan gundul yaitu dengan pembatasan izin dalam membabat hutan.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel