Mengenal Ciri Spesifik Dari Flora Peralihan

5 Dec 2022 12:05 4962 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ciri Spesifik Dari Flora Peralihan

 

Di alam semesta ini selain manusia ada juga makhluk hidup lainnya yang juga hidup di dalamnya. Manusia memang merupakan pemegang kunci kendali atas alam semesta dan semua yang ada di dalamnya. Namun anda juga harus ingat bahhwa selain manusia masih ada mahkluk lain seperti binatang dan tumbuh-tumbuhan. Kelompok binatang disebut dengan istilah fauna sementara kelompok tanaman lebih sering dikenal dengan istilah flora. Sebagai jenis mahkluk hidup yang menempati bumi atau alam semesta ini, flora dan fauna mempunyai ciri khasnya masing-masing. Maka dari itu kelompok flora dan fauna ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu salah satunya adalah jenis flora atau tanaman yang ada di Indonesia yaitu flora atau tanaman peralihan.

Pengertian Flora Peralihan

Barangkali anda sudah pernah mendengar dan mengetahui tentang apa itu flora peralihan. Flora peralihan merupakan jenis flora yang ditetapkan berdasarkan atas garis Weber dan Wallace dimana tipe flora dibagi menjadi tiga macam yaitu bagian barat atau asiatis, bagian timur atau Australia dan bagian tengah atau peralihan. Bagian tengah atau peralihan ini meliputi wilayah seperti Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Pulau Timor dan Maluku. Wilayah di dalamnya tidak hanya berlaku terhadap flora saja namun juga berlaku untuk fauna. Karena keberadaannya diapit oleh benua Asia dan juga benua Australia maka wilayah ini memiliki flora dan fauna yang dilengkapi oleh sifat-sifat menuruni dua wilayah tersebut. Maka dari itu di wilayah ini disebut sebagai wilayah peralihan.

Ciri-Ciri Dari Flora Peralihan

Hampir semua tempat di dunia ini mempunyai sesuatu yang khas seperti flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Ini tentu saja tidak lepas dari flora di wilayah peralihan. Flora atau tanaman di wilayah peralihan ini memiliki sesuatu yang khas yang akan membedakannya dengan flora lainnya. Ciri-ciri dari flora peralihan dan karakteristik yang dimiliki oleh flora peralihan antara lain adalh sebagai berikut :

1/ Tanaman yang tumbuh rata-rata mempunyai daun yang kecil

Ciri pertama dari tanaman atau flora peralihan adalah dilengkapi oleh daun yang berukuran kecil sehingga dain yang keluar tumbuh tidak selebar seperti flora bagian barat.

2/ Tumbuhan yang hidup rata-rata berukuran kecil

Selain daun yang berukuran kecil mungil, flora di wilayah peralihan mempunyai ukuran yang kecil termasuk tinggi tanamannya tidaklah sebesar flora yang ada di bagian barat.

3/ Tumbuhannya mempunyai daun yang pendek

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun flora peralihan rata-rata berukuran kecil dan ternyata tidak hanya berukuran kecil saja tetapi juga pendek-pendek.

4/ Tumbuh hanya di Indonesia

Yang terakhir adalah tanaman yang tumbuh hanya akan berkembangbiak dengan subur di Indonesia saja karena wilayah peralihan sendiri merupakan wilayah Indonesia bagian tengah.

Itulah beberapa ciri atau karakteristik yang menonjol dimiliki oleh flora di wilayah peralihan secara umum. Contohnya adalah longusei, gofasa, eboni, anggrek serat, cempaka hutan kasar, lontar, ajan kelicung, cendana, cengkeh dan ampupu. Flora peralihan ini banyak tumbuh di tengah hutan secara liar di wilayah Indonesia bagian tengah.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel