Mengenal Ragam Sumber Daya Alam yang Tersimpan Di Nusa Tenggara Barat (NTB)

20 Feb 2023 17:00 5330 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ragam Sumber Daya Alam Yang Tersimpan Di Nusa Tenggara Barat (NTB)

 

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ibu kota di mataram. Provinsi ini terdiri dari 378 pulau-pulau kecil dan 2 pulau besar yaitu Lombok dan Sumbawa. Luas wilayah Nusa Tenggara Barat mencapai angka 20.153,15 km persegi mempunyai beragam jenis sumber daya ayam yang sangat bermanfaat sebagai sumber pendapatan daerah. Apa saja sumber daya alam yang bisa dimiliki oleh Nusa Tenggara Barat ? Berikut daftarnya.

1/ Hasil tambang dan penggalian

Sumber daya alam berupa hasil tambang dan penggalian banyak ditemukan di sekitar Pulau Lombok bagian selatan dan Sumbawa. Hasil tambang dan penggalian yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

  • Emas : Sumbawa (Kabupaten Dompu, Olat Cabe Kecamatan Mogo Hilir, Olat Labaong Desa Hijrah Kecamatan Lape, Kecamatan Lantung, Dodo Rinti Kecamatan Lenang Guar, Olat Paya Kecamatan Empang, Kecamatan Lantung dan Kabupaten Sumbawa Barat).
  • Tembaga : Sumbawa Barat dan Dompu.
  • Besi : Dompu dan Lombok Timur.
  • Titanium : Sumbawa.

2/ Pertanian, perkebunan dan peternakan

Pertanian menjadi salah satu sektor utama bagi warga di Nusa Tenggara Barat / NTB dimana tercatat kurang lebih 300.000 hektar lahan terbentang berupa swah, ladang dan area perkebunan serta 80.000 hektar hutan produksi di NTB. Sebagian besar lahan pertanian banyak dijumpai di Pulau Lombok dan hanya 20 persen saja yang baru menghasilkan produk pertanian. Adapun hasil pertanian yang terbesar dihasilkan oleh Nusa Tenggara Barat adalah sebagai berikut : padi, ketela pohon, ketela rambat, kacang hijau, kacang tanah dan bawang.

Di samping hasil pertanian tersebut di atas, NTB juga terkenal akan hasil perkebunannya yang sangat subur. Tidak sedikit hasil perkebunan warha yang berhasil diekspor ke beberapa negara antara lain sebagai berikut : kopi, kopra, jarak dan bungkil kopra.

Peternakan juga mempunyai peran penting sebagai salah satu sumber pemasukan pendapatan di daerah ini dimana ada banyak hewan ternak yang dijual ke sejumlah tempat baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Hewan-hewan ternak tersebut antara lain sebagai berikut : sapi, kuda, kerbau, domba, kambing dan babi.

4/ Rumput laut

Rumput laut basah banyak ditemukan di area provinsi ini bisa mencapai angka 1 juta ton setiap tahunnya dan apabila dijadikan rumput laut kering maka jumlahnya bisa sebanyak 125.000 ton per tahunnya. Potensi rumput laut di Nusa Tenggara Barat saat ini memang sangat menjanjikan dengan ditemukannya 2 daerah penghasil utama rumput laut berada di Lombok Timur dan Lombok Tengah. Sedangkan beberapa sentra minapolitan rumput laut yang terpusat di Lombok adalah Desa Pengantep di Kabupaten Lombok Barat dan Teluk Gerupuk di Kabupaten Lombok Tengah. Untuk area di Lombok Timur, minapolitan ditemukan di Teluk Ekas, Teluk Serewe dan Teluk Awang. Untuk di Sumbawa terdapat sentra daerah penghasil rumput laut terbesar di sini tepatnya berada di Kertasari, Kabupaten Sumbawa Barat, Labuhan Mapin dan Kecamatan Terano.

5/ Perikanan

Seperti diketahui Bahwa NTB dikelilingi oleh perairan yang memiliki potensial sebagai sumber daya laut utama yaitu ikan. Meskipun tidak masuk sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia, namun potensi perikanan di NTB tidak kalah besar dengan provinsi lainnya. Penangkapan ikan terbesar ada di Nusa Tenggara Barat bisa ditemukan di Teluk Saleh dan Teluk Awang Pulau Lombok. Komoditas perikanan yang memiliki nilai jual tinggi selain ikan adalah lobster, udang, kerang dan cumi-cumi.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel