Pengenalan Pengetahuan Umum tentang Negara Maritim

5 Dec 2022 14:05 502 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengenalan Pengetahuan Umum Tentang Negara Maritim

 

Masing-masing negara yang berlokasi di muka bumi ini berpotensi menjadikan wilayah lautan sebagai salah satu pembatas kawasan wilayah mereka. Dimana di dalamnya ada istilah zonasi dalam perairan suatu negara yang mempunyai beberapa tujuan dan fungsi berbeda-beda. Sebagai salah satu bagian kawasan terbesar di bumi, daerah lautan adalah menjadi salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam keperluan keberlangsungan kehidupan di bumi. Dimana kawasan ini tidak hanya dipandang sebagai kawasan yang mati atau sebuah kawasan beku yang kadang-kadang tidak bisa dimanfaatkan lagi juga kawasan ini memberikan pandangan lain terhadap negara maritime yang mempunyai kawasan perairan atau kawasan laut yang dimilikinya sebagai sebuah kawasan yang hidup dan dimanfaatkan.

Pengertian Yang Menyertai

Kawasan laut adalah salah satu jenis kawasan yang dapat dikatakan sebagai salah satu kawasan yang mencakup wilayah cukup besar di planet bumi. Lebih dari setengah kawasan permukaan bumi dikuasai oleh lautan. Inilah yang memberikan dampak dan efek berbeda-beda terhadap setiap sisi kehidupan manusia yaitu salah satunya adalah dipengaruhi oleh luas laut bersangkutan menjadi ruang lingkup konsep bernegara. Ada banyak negara yang menjadikan laut sebagai salah satu kawasan sebagai batas negara mereka. Bahkan ada juga beberapa negara yang justru mempunyai kawasan laut lebih besar dibandingkan dengan kawasan daratan sehingga negara ini dikenal dengan sebutan negara maritime atau sebagai negara kepulauan.

Negara-negara yang mempunyai kawasan laut berukuran cukup luas memiliki beberapa ketentuan atau resiko yang berbeda-beda. Resiko yang dimaksudkan adalah berasal dari dampak postif dan dampak negatif. Negara maritim sendiri bisa diartikan sebagai sebuah negara yang mempunyai kawasan perairan jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan kawasan daratan. Ada juga yang menjelaskan bahwa negara maritim adalah sebuah kawasan atau wilayah yang menjadikan kawasan perairan sebagai salah satu kawasan hidup yang bisa difungsikan atau dimanfaatkan secara penuh. Maka dari itu negara maritim memunculkan konsep pembangunan negara maritim. Konsep ini pada dasarnya adalah harapan atau keinginan untuk memanfaatkan dan menggunakan sumber daya perairan dimana dalam hal ini yang dimaksudkan adalah lautan guna kepentingan kemakmuran masyarakat dan negara itu sendiri.

Keunggulan Yang Diperoleh

Masing-masing kawasan wilayah yang ada di muka bumi mempunyai kondisi dan keuntungan yang berbeda-beda. Begitu juga terhadap konsep dari negara maritime, di dalamnya mempunyai keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan negara lain. Beberapa keunggulan yang dimaksudkan berhubungan dengan negara maritime adalah sebagai berikut :

1/ Memiliki wilayah lebih luas

Negara maritim pada umumnya mencakup wilayah yang sangat luas. Ini dikarenakan batas terdalam wilayah perairan ditarik dari garis lurus menuju wilayah batas terluar sejauh kurang lebih 200 meter. Garis terluar tersebut kemudian akan menjadi wilayah tambahan bagi negara tersebut.

2/ Adanya penambahan sumber daya

Negara maritim adalah salah satu jenis negara yang mempunyai kawasan perairan jauh lebih besar dimana kawasan laut disini tidak hanya sekedar menjadi kawasan mati yang tak bermanfaat melainkan kawasan laut tersebut adalah sebuah cadangan sumber daya tambahan yang bisa ditemukan di dalam kawasan laut. Dari beberapa relief dasar laut kadang-kadang menyimpan sumber daya yang bisa diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui.

3/ Adanya sumber cadangan ekonomi

Lautan merupakan sebuah kawasan cadangan ekonomi yang cukup potensial untuk dikembangkan dimana kawasan laut yang sangat luas tersebut tentu saja menyimpan berbagai macam jenis potensi yang bisa dikembangkan. Pemanfaatan dalam kawasan  laut tidak hanya dapat diambil ikannya saja melainkan juga memanfaatkan dari segi wisata dan jasa yang ada di dalamnya.

Contoh Negara Maritim

Apabila berbicara mengenai negara maritim, pada dasarnya tidak terlalu banyak negara yang bisa dikatakan sebagai negara maritim secara penuh. Dalam artian negara yang bersangkutan benar-benar terdiri dari kawasan lautan yang wilayahnya sangat besar. Namun jika anda membicarakan tentang contoh negara maritim maka sangat jelas yang dimaksudkan adalah Indonesia. Negara ini mempunyai kawasan lautan terbesar di dunia yang berpotensi sebagai sumber daya alam terbaik bisa difungsikan. Selain Indonesia, masih banyak negara-negara lain yang mempunyai kawasan laut cukup besar seperti Pilipina, New Zealand, Inggris, Hawai, Jepang dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel