Fungsi Keberadaan Batubara untuk Pembangunan Perekonomian Negara Indonesia

8 Dec 2022 11:00 692 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fungsi Keberadaan Batubara Untuk Pembangunan Perekonomian Negara Indonesia

Beberapa tahun terakhir ini Negara Indonesia tercatat sebagai salah satu produsen dan eksportir batubara terbesar di dunia. Ini sudah dilakukan sejak tahun 2005 pada waktu Indonesia berhasil melampaui produksi batubara dari Australia untuk jenis batubara thermal. Berdasarkan informasi yang disebarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, cadangan batubara Indonesia diperkirakan akan habis dalam waktu 83 tahun mendatang apabila tingkat produksi saat ini diteruskan / aktif. Cadangan batubara di masa lalu hanya ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan saja tetapi saat ini setelah dilakukannya penelitian, ternyata cadangan batubara di Indonesia tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan survey geologi terbaru, batubara ditemukan di 21 provinsi di wilayah Indonesia. Semua pulau tersebut tersebar di Indonesia yang menyimpan deposit batubara dan Pulau Maluku menjadi satu-satunya pulau kecil dengan sumber daya batubara yang menjanjikan di dalamnya. Berikut adalah detail penyebaran cadangan atau deposit batubara yang ada di Indonesia.

1/ Pulau Kalimantan

Sejauh ini batubara terbaik hanya ditemukan di wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Di daerah Kalimantan Tengah memiliki potensi pertambangan batubara sekitar 3,5 miliar ton dimana sebagian dari angka tersebut terdapat batubara jenis pembuat kokas / cooking coal yaitu jenis batubara terbaik dengan harga yang relatif tinggi. Diperkirakan mempunyai deposit terbesar dengan persentase sekitar 53,28 % cadangan nasional.

2/ Pulau Papua dan Pulau Sulawesi

Pertambangan yang ada di Papua selain menghasilkan emas dan minyak bumi dalam jumlah besar juga terdapat sumber energi batubara. Dengan adanya penggunaan teknik blanding membuat pertambangan di daerah ini menghasilkan kualitas batubara terbaik. Sehingga hasil batubara tersebut dapat digunakan untuk sumber PLTU dan diekspor keluar negeri. Secara detail, sekitar 129,55 juta ton sumber daya batubara ditemukan di Papua sedangkan jumlah cadangan batubara di Sulawesi diperkirakan mempunyai dua kali jumlah cadangan yang ada di Papua.

 

Batubara Berperan Penting Dalam Perekonomian Negara Indonesia

Dengan adanya pertambangan batubara di Indonesia maka batubara dalam hal ini bisa dijadikan sebagai komoditi ekspor untuk kepentingan negara yang tidak mempunyai sumber energi batubara dan minyak bumi. Secara umum hasil dari kerjasama batubara diharapkan mampu meningkatkan penghasilan negara melalui penerimaan pajak dan biaya kirim. Pertambangan batubara menjadikan terbukanya lapangan pekerjaan untuk rakyat Indonesia dari berbagai disiplin ilmu dimana industri-industri di dalamnya mempunyai bahan utama batubara yang menjadikannya sebagai roda perekonomian Indonesia seperti tersebut di bawah ini.

1/ Sebagai sumber tenaga pembangkit listrik

Batubara dalam hal ini dijadikan sebagai bahan bakar yang dikonversikan ke dalam bentuk uap panas dan menjadi salah satu sumber tenaga pembangkit listrik. Di Indonesia sendiri ada sekitar 10 PLTU yang masih menggunakan batubara sebagai salah satu bahan utamanya dimana kesepuluh pembangkit listrik tenaga uap tersebut berdiri di sekitar Pulau Jawa yaitu mulai dari Banten sampai Jawa Timur. Dari PLTU ini menghasilkan sumber penerangan di Indonesia sekitar 48 % dan juga sumber energi listrik yang merupakan sumber tenaga termurah apabila dibandingkan dengan sumber energi seperti BBM dan gas alam.

2/ Sebagai produksi produk pupuk pertanian

Produksi pupuk pertanian memerlukan gas khusus atau pembakaran khusus dari batubara. Dimana diketahui bahwa beberapa macam produk kimia yang digunakan adalah untuk membantu pupuk pertanian adalah sebagai hasil olahan sampingan dari sisa pembakaran batubara. Setelah dimurnikan, beberapa zat penting yang digunakan sebagai pupuk adalah asam nitrat dan garam amoniak.

3/ Sebagai komponen bahan sabun

Pabrik-pabrik yang mengolah sabun turut serta membutuhkan bahan-bahan khusus yang diperoleh dari hasil olahan sampingan batubara. Setelah mengalami pengolahan dan pemurnian, zat yang dibutuhkan dari hasil olahan batubara adalah zat pelarut dan pengikat aroma pada produk sabun.

4/ Sebagai produksi plastik

Batubara dijadikan sebagai salah satu bahan bakar utama dalam proses pembakaran biji plastik karena mempunyai panas khusus yang dapat mendukung produk dan kualitas plastik. Juga, pewarna untuk plastik didapatkan secara langsung dari produk olahan batubara.

5/ Sebagai industri baja

Industri yang menghasilkan baja bergantung sepenuhnya terhadap ketersediaan sumber batubara. Baja dalam hal ini mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah terhadap produk kesehatan seperti perlengkapan kesehatan, peralatan pertanian, model transportasi dan berbagai macam produk lainnya yang membutuhkan baja. Ada banyak industri yang masih menggunakan batubara untuk bahan pembakaran seperti industri produksi semen, industri produk aluminium dan industri pabrik kerts. Selanjutnya ada zat-zat tertentu yang dihasilkan dari olahan batubara yang bisa digunakan untuk industri farmasi.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel