Beberapa Sebab Munculnya Gempa pada Suatu Tempat

7 Dec 2022 12:15 603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Sebab Munculnya Gempa Pada Suatu Tempat

Yang dimaksud dengan gempa bumi adalah kondisi yang memperlihatkan permukaan bumi yang bergetar atau berguncang secara tiba-tiba yang bisa menyebabkan kerusakan. Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang terjadi pada saat dua lempeng bumi saling bergesekan dan terjadi pelepasan energi secara tiba-tiba sehingga menimbulkan getaran atau guncangan di bagian permukaan bumi. Bencana gempa bumi dapat diukur dengan menggunakan alat bernama seismometer dan untuk skala guncangan yang dirasakan secara langsung / magitudo menggunakan skala ritchter. Sama halnya dengan fenomena alam lainnya, gempa bumi tidak terjadi begitu saja tanpa adanya suatu penyebab.

 

Faktor Penyebab Gempa Bumi

Adanya fenomena alam seperti gempa bumi termasuk ke dalam bencana yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya sehingga anda harus tahu faktor-faktor apa saja yang dapat menimbulkan getaran di permukaan bumi. Untuk anda yang belum mengetahui faktor penyebab gempa bumi, simak ulasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

 

1/ Karena adanya pergeseran lempeng bumi

Seperti diketahui bahwa permukaan bumi terdiri dari lempeng-lempeng tektonik. Pada saat lempeng tektonik bertemu maka mereka akan saling bergesekan maka terjadilah pelepasan energi yang menyebabkan permukaan bumi tiba-tiba bergetar. Pergeseran lempeng bumi ini menjadi faktor penyebab gempa bumi terbanyak ditemukan pada berbagai daerah.

Pergeseran lempeng tektonik bisa muncul di dasar laut dengan mencapai jangkauan yang sangat luas dimana apabila hal ini terjadi maka kemungkinan gempa bumi akan terjadi di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami. Pergeseran lempeng tektonik ini dapat memicu terjadinya gempa bumi yang pernah melanda Aceh. Gempa bumi berupa tsunami ini disebabkan oleh lempeng tektonik yang ada di dasar laut terjadi pada tahun 2004 silam.

Penyebab gempa bumi karena adanya pergeseran lempeng bumi dikenal dengan istilah gempa tektonik yang seringkali dirasakan diberbagai wilayah di Indonesia dan menjadi salah satu bencana alam paling mengerikan. Indonesia adalah salah satu wilayah yang sering mengalami bencana alam seperti ini dikarenakan Indonesia terletak dijalur pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu lempeng indo-australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Sehingga Indonesia menjadi salah satu daerah yang rawan gempa bumi.

 

2/ Karena adanya tanah longsor

Gempa bumi bisa muncul karena adanya fenomena alam seperti tanah longsor yang bisa mempengaruhi kondisi tanah di wilayah tertentu. Tanah longsor adalah keruntuhan suatu lereng disertai dengan batuan, tanah, puing-puing dan kombinasi diantara ketiganya.

Tanah longsor muncul karena gempa bumi dan sebaliknya. Gempa bumi yang terjadi adalah karena adanya getaran tanah dan bebatuan yang merosot turun dan akan sangat terasa di permukaan bumi. Gerakan yang terjadi dari aktivitas longsor ini jelas saja menimbulkan getaran pada bagian permukaan bumi sehingga tanah longsor termasuk ke dalam salah satu penyebab gempa bumi. Getaran yang dikarenakan adanya tanah longsor ini diistilahkan dengan gempa runtuhan atau terban, dimana gempa seperti ini hanya berdampak kecil yang mencakup jangkauan tidak terlalu luas. Pada waktu gempa bumi terjadi yang disusul dengan longsor atau sebaliknya kemungkinan besar kerusakan yang ditimbulkan cukup besar yang menimbulkan korban jiwa.

 

3/ Karena adanya faktor manusia yang kurang bertanggung jawab

Di samping karena adanya faktor alam yang bisa menyebabkan guncangan atau getaran pada permukaan bumi, manusia juga bisa saja memicu terjadinya gempa bumi dalam skala yang rendah. Gempa bumi yang terjadi akibat ulah manusia disebut dengan istilah seismisitas terinduksi.

Beberapa contoh gempa bumi karena ulah manusia antara lain pembuatan bendungan atau waduk, pembangunan gedung-gedung pencakar langit hingga uji coba peledak berkekuatan tinggi seperti bom atom atau nuklir yang dapat memicu terjadinya gempa bumi. Ketika ada uji coba bom atom atau nuklir pada suatu negara maka secara otomatis ledakan yang terjadi dari bom buatan manusia yang diledakkan tadi akan menyebabkan terjadinya gempa bumi. Lahan pertambangan yang kurang terjaga dan terkontrol dengan baik akan merusak kontur atau struktur tanah sehingga mempengaruhi lempeng bumi. Jika lempeng bumi mulai rusak maka akan sangat rentan terjadi gesekan antar lempeng tektonik yang pada akhirnya akan menyebabkan guncangan di bagian permukaan bumi.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel