Mengenal dengan Singkat Tentang Tari Manuk Dadali

8 Dec 2022 17:05 333 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Dengan Singkat Tentang Tari Manuk Dadali

Yang dimaksud dengan Tari Manuk Dadali adalah salah satu jenis tari tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat yang mempunyai gerakan-gerakan dasar didominasi oleh gerak dasar tari yang khas dari Suku Sunda. Tari tradisional ini terinspirasi dari sebuah lagu daerah yang berjudul sama dengan nama tarian ini hanya saja dikembangkan menjadi seni gerak yang di dalamnya terselip sebuah misi yang melukiskan makna dari masing-masing gerakan. Lagu Manuk Dadali pertama kali diciptakan oleh seorang jurnalis bernama Sambas Mangundikarta selanjutnya menjadi sangat populer di daerah Bandung. Pertama kali dirilis dan disiarkan oleh radio RRI Bandung, lagu ini menjadi sangat populer dan berhasil menduduki tangga lagu teratas merupakan puncak kesuksesan lagu paling tinggi di Indonesia. RRI Bandung sendiri dipercayai sebagai salah satu raja radio yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk memperkenalkan lagu-lagu baru.

Hingga saat ini Tari Manuk Dadali keberadaannya masih terus dilestarikan dan dikembangkan sehingga menciptakan berbagai varian Tari Manuk Dadali seperti Tari Dadali Campeurik. Tari ini memiliki umur yang sangat panjang sejak pertama kali diciptakan yang mampu menggambarkan tentang tarian perjalanan kesenian tari-tari tradisional di Indonesia. Meskipun ada beberapa tarian tradisional menyebar di seluruh Indonesia, Tari Manuk Dadali tetap mempunyai ciri khas tersendiri. Ini bisa terlihat dari tata rias, tata busana dan musik iringan yang mengikuti gerakan-gerakan tarian. Tari ini dipentaskan di provinsi asalnya dan juga beberapa provinsi lain seperti DKI Jakarta, Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Fungsi Dan Makna Dari Tari Manuk Dadali

Tari Manuk Dadali adalah salah satu tari tradisional dari Nusantara yang menggambarkan tentang kegagahan burung garuda, rasa nasionalisme dan persatuan NKRI. Melalui tarian ini tersirat bahwa Bangsa Indonesia perlu mengamalkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari para warganya.

1/ Sebagai media pendidikan

Dilihat dari sisi fungsi pendidikan, Tari Manuk Dadali tepat dijadikan sebagai salah satu wahana guna media pembelajaran anak-anak usia dini. Ada beberapa ilmu yang diperoleh dari tarian ini antara lain komunikasi, sosialisasi, pembiasaan mekanisasi tubuh, pembentukan tubuh dan penanaman jiwa sosial budaya. Karena dalam tarian ini terdapat gerakan dan juga lagu pengiring yang cukup mudah untuk dihafalkan oleh anak-anak. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai media pembelajaran untuk anak-anak yang baru memasuki usia pendidikan usia dini. Harapannya adalah pada saat anak-anak sudah mengetahui salah satu kebudayaan negaranya maka selanjutnya diharapkan tumbuh rasa cinta kepada tanah airnya sejak usia dini. Tentu saja di dalamnya terselip fungsi sebagai hiburan.

2/ Sebagai wadah sosial keagamaan

Ragam gerak dalam Tari Manuk Dadali adalah membentuk tarian yang memiliki gerakan-gerakan lincah dan riang. Diharapkan ini akan membawa para penonton yang sedang menyaksikan pertunjukan tari ini akan merasa terhibur. Juga tari ini berfungsi sebagai wadah sosial keagamaan dimana pada praktiknya, penampilan dari tari ini banyak melibatkan beberapa pihak yang ditampilkan pada momen tertentu seperti keagamaan. Jika ditelaah lebih dalam maka tari ini mempunyai fungsi sebagai alat pengerat hubungan sosial diantara masyarakat Sunda khususnya maupun warga Indonesia pada umumnya untuk terus berupaya melestarikan tari ini.

Ragam Gerak Dalam Tari Manuk Dadali

Beberapa gerak dari Tari Manuk Dadali terbagi menjadi beberapa tahap antara lain sebagai berikut :

  • Tarian akan diawali dengan posisi kuda-kuda sembari sedang mengayunkan kedua lengan.
  • Selanjutnya para penari akan berjalan maju-mundur dalam posisi kedua kaki jinjit sambil mengayunkan pinggang dan kedua lengan ke kanan dan ke kiri.
  • Kemudian dilanjutkan dengan berjalan maju-mundur dengan cara mengubah arah putaran sambil kedua lengan diayunkan.
  • Gerakan keempat adalah melompat ke kanan dan ke kiri secara bergantian sambil mengayunkan kedua lengan.
  • Setelah itu kakinya diayunkan ke bagian depan secara bergantian kemudian mata penari mengikuti arah kaki.
  • Gerakan terakhir adalah berupa meletakkan tangan di dada dalam posisi tangan melipat menjadi satu (gerakan sembada), kedua kaki ditekuk dari kepala mengikuti arah tangan yang digerakkan ke depan, kiri dan kanan.

Tari Manuk Dadali mempunyai pola lantai yang jenisnya sangat beragam serta masing-masing dari pola lantai tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut :

  • Berdasarkan aktivitasnya .
  • Berdasarkan ragamnya.
  • Berdasarkan jumlah penari.
  • Berdasarkan sifatnya.
  • Berdasarkan bentuknya.
  • Berdasarkan arah dan level posisi.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel