Pengetahuan Tentang Hutan Musim

12 Feb 2023 12:30 1206 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengetahuan Tentang Hutan Musim

 

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang keberadaan hutan musim. Hutan musim atau bisa juga disebut dengan nama monosoon forest adalah salah satu jenis hutan yang memiliki sifat dipengaruhi oleh adanya perubahan musim yaitu umumnya terletak pada wilayah dengan iklim tropis hingga subtropis.

Ciri-Ciri Hutan Musim

Ciri-ciri hutan musim yang khas pada wilayah hutan musim adalah sebagai berikut :

  • Hutan musim mempunyai iklim yang hangat sepanjang tahun seperti iklim yang sedang terjadi di Indonesia yang cenderung mengalami musim kemarau yang durasinya cukup panjang hingga beberapa bulan.
  • Hutan musim mempunyai curah hujan yang cukup rendah.
  • Hutan musim pada umumnya mempunyai beragam jenis tumbuhan berupa tumbuhan tropofit yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan memiliki kemampuan untuk bisa bertahan dan beradaptasi dengan musim kemarau panjang dan musim hujan.
  • Tumbuhan pada hutan musim di musim penghujan akan mulai menumbuhkan daunnya yang sangat lebat namun daun-daun tersebut akan digugurkan hampir seluruhnya pada waktu memasuki musim kemarau atau musim kering.
  • Ekosistem pada hutan musim pada umumnya hanya mempunyai satu lapisan stratum atau satu lapisan tajuk yang bertumpuk-tumpuk tetapi tidak saling tumpang tindih. Maka dari itu sinar matahari masih bisa masuk ke dalam hutan sehingga memungkinkan untuk berbagai jenis semak dan herba untuk tumbuh berkembang di atas tanah yang berfungsi sebagai lantai hutan. Ini menyebabkan hutan menjadi rimbun oleh pepohonan yang kadang-kadang menyulitkan orang keluar masuk hutan.

Jenis-Jenis Hutan Musim

1/ berdasarkan curah hujan yang terjadi, hutan musim dibagi menjadi dua kelompok yaitu sebagai berikut :

  • Hutan gugur daun lembab / tropical moist deciduous forest adalah hutan gugur daun lembab sebagai hutan musim yang terbentuk pada daerah yang mempunyai curah hujan antara 1500 sampai dengan 4000 mm per tahun. Hutan gugur daun lembab mempunyai musim kemarau atau musim kering selama 4 hingga 6 bulan dalam satu tahun.
  • Hutan gugur daun kering / tropical dry deciduous forest yaitu hutan gugur daun kering sebagai hutan musim yang terbentuk pada daerah yang mempunyai curah hujan sekitar 1500 mm per tahun. Hutan gugur daun kering mempunyai musim kemarau atau musim kering dengan durasi lebih dari 6 bulan dalam satu tahun.

2/ Berdasarkan ketinggian letak hutan musim dari bawah permukaan laut, hutan musim terbagi menjadi dua kelompok yaitu sebagai berikut :

  • Hutan musim bawah adalah hutan musim yang terletak di lapisan atmosfer yang mempunyai ketinggian tempat mulai dari 0 m hingga 1000 m dari atas permukaan laut. Jenis flora yang tumbuh dalam hutan musim bawah ini adalah dari spesies tectona grandis, acacia leucophloea, aetinophora fragrans, albizzia chinensis, azadirachta indica, caesalpinia digyna, eucalyptus alba, santalum album, melaleuca leucadendron, eucalyptus spp., coryphe utan, timonius cerycus dan banksia dentate.
  • Hutan musim tengah dan atas adalah hutan musim yang lokasinya berada pada wilayah dengan ketinggian tempat mulai dari 1000 meter hingga 4100 meter dari atas permukaan laut. Ragam jenis flora yang tumbuh pada daerah hutan musim tengah dan atas ini antara lain berasal dari spesies casuarina junghuhnianase, eucalyptus spp. dan pinus merkusii.

Manfaat Hutan Musim

Hutan musim seperti yang kami jelaskan tersebut di atas mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan dan juga pemenuhan terhadap fungsi lingkungan hidup seperti :

  • Sebagai pencegah hal-hal yang menjadi penyebab banjir.
  • Sebagai penyimpan dan pengatur air tanah.
  • Sebagai pencegah erosi tanah yang menjadi penyebab tanah longsor.
  • Sebagai pencegah abrasi pantai.
  • Di dalamnya terdapat jenis-jenis sumber daya alam yang berguna bagi mahkluk hidup seperti terdapat pohon-pohon atau tumbuhan yang bisa dimakan dan sebagian lagi sebagai hasil hutan untuk fungsi lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel