Khasiat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh Telah Terbukti Secara Ilmiah

13 Dec 2022 15:30 480 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Khasiat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh Telah Terbukti Secara Ilmiah

Propolis adalah salah satu zat resin dan lilin yang dikeluarkan oleh lebah dari campuran air liur dan senyawa yang terkandung dalam sari bunga berbagai tanaman hias bunga dan bunga-bunga pada pohon buah-buahan. Inilah yang digunakan oleh lebah untuk melindungi sarangnya. Tidak hanya berguna bagi lebah, propolis juga banyak menyumbangkan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dimana saat ini propolis telah digunakan sebagai obat luka dan anti inflamasi.

Kandungan Propolis

Propolis mengandung nutrisi yang jenisnya berbeda-beda di setiap negara atau daerah tergantung pada bunga yang dihisap madunya oleh lebah. Pada umumnya propolis mengandung beberapa senyawa yang berasal dari sari bunga tanaman buah dan sayuran, serbuk sari, lilin lebah (beeswax), minyak esensial dan aromatik. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh propolis bermanfaat besar untuk kesehatan diantaranya adalah polifenol dan flavonoid. Dengan adanya kandungan nutrisi ini maka propolis bagus digunakan sebagai produk anti bakteri, anti jamur, anti virus, anti protozoal, anti inflamasi dan antioksidan.

Manfaat Dan Khasiat Propolis Untuk Kesehatan

Ada banyak penelitian yang secara ilmiah membuktikan khasiat propolis untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Mengatasi herpes

Propolis yang diminum sebanyak 3 kali dalam sehari secara rutin bisa membantu menyembuhkan sakit herpes lebih cepat. Pengobatan herbal dengan propolis ini tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes yang bersarang dalam tubuh tetapi juga melindungi tubuh dari serangan herpes di masa depan.

2/ Menjaga kesehatan mulut

Propolis membantu mencegah adanya pembentukan kalsium fosfat yang merupakan kandungan utama dari plak gigi. Pertimbangkan dari sekarang untuk menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung propolis karena bersifat anti bakteri. Dalam hal ini propolis dapat menurunkan jumlah bakteri dalam air liur secara signifikan pada penderita periodontitis atau infeksi gusi dan sariawan.

3/ Menyembuhkan luka

Propolis bagus digunakan sebagai media untuk menyembuhkan luka karena di dalamnya terdapat kandungan pinocembrin sebagai flavonoid. Zat ini berfungsi sebagai anti jamur dimana dalam hal ini propolis dapat membunuh beberapa jenis bakteri sehingga bisa membantu mencegah infeksi dan peradangan. Studi sudah membuktikan bahwa ekstrak alkohol propolis topical bersifat lebih efektif dibandingkan krim steroid dalam mengurangi sel mast (adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia) pada luka operasi mulut.

4/ Mengobati peradangan pada sendi

Propolis berguna untuk mengobati penyakit yang menyerang sendi seperti radang sendi. Ini bisa dilakukan karena propolis dapat mengatur zat inflamasi dalam tubuh seperti prostaglandin.

5/ Membantu meredakan jerawat

Pernahkah anda mendengar produk perawatan kulit yang mengandung propolis ? Jika anda sudah mengenalnya maka mungkin anda perlu mencobanya jika anda mempunyai masalah jerawat. Kemampuannya dalam menyembuhkan kulit dengan kandungan anti peradangan ampuh dalam mengurangi efek kemerahan dan pembengkakan disebabkan adanya peradangan akibat jerawat di wajah dan punggung.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel