Mengenal dengan Singkat Frida Kahlo, Sang Pelukis Meksiko yang Mendunia

31 May 2023 11:06 1826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Dengan Singkat Biografi Pelukis Meksiko Yang Mendunia : Frida Kahlo

Adalah Frida Kahlo de Rivera yang mempunyai nama lengkap Magdalena Carmen Frieda Kahlo y Calderon merupakan seorang pelukis berkebangsaan Meksiko yang terlahir pada tanggal 6 Juli 1907 di Coyooacan, Meksiko. Beliau merupakan seorang blasteran Jerman dan Spanyol, ayahnya bernama Guillermo Kahlo dan ibunya bernama Matilde Carderin y Gonzales. Frida adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ketika beliau memasuki usia 3 tahun, terjadilah peristiwa penting di Meksiko yaitu Revolusi Meksiko tahun 1910. Pada saat Frida menginjak usia 6 tahun, beliau difonis menderita penyakit folio yang menyebabkan kaki kanannya menjadi lebih kecil daripada kaki sebelah kiri. Inilah yang menyebabkan Frida memilih untuk menggunakan rok panjang sepanjang hidupnya.

Masa Remaja Dan Menginjak Usia Dewasa

Pada waktu Frida memasuki usia 15 tahun, beliau menempuh pendidikan di salah satu sekolah utama di Meksiko bernama Preparatoria. Di sini Frida kembali menyaksikan perjuangan bersenjata dengan kemunculan tindak kekerasan dan pertumpahan darah sebagai akibat dari Revolusi Meksiko yang berkelanjutan setelah sebelumnya terjadi pada tahun 1910. Pada tahun 1925 saat Frida berusia 18 tahun, beliau mengalami kecelakaan bus yang menyebabkan dirinya harus menjalani serangkaian operasi medis hingga 30 kali setelahnya.

Untuk mengisi waktu dalam masa-masa pemulihan dirinya, Frida pun mempelajari hal-hal tentang seni, membaca dan melukis secara otodidak. Lukisan pertamnya dibuat pada tahun 1926 menjadikan dirinya sendiri sebagai subjek, beliau melukis dirinya yang sedang mengenakan gaun beludur, memperlihatkan gambar abstrak yang beraliran realisme. Setelah Frida kembali pulih kesehatannya, beliau bergabung ke dalam Partai Komunis Meksiko / PMC yang mempertemukannya dengan Diego Rivera, adalah seorang muralis.

Pada tahun 1929, Frida menikah dengan Rivera yang menyebabkan perubahan besar dalam gaya lukisnya. Ciri yang menonjol dari karya lukisnya adalah menggunakan hiasan bunga di kepala, memakai gaun-gaun tradisional, perhiasan emas dan paduan blus longgar dengan bawahan rok panjang menutupi hampir sebagian kaki. Pada tahun 1931, lukisan selanjutnya terlahir yang diberi judul Frieda and Diego Rivera dibuat selama melakukan perjalanan menuju ke Amerika Serikat. Pada tahun 1932, beliau masuk rumah sakit karena mengalami keguguran, di sini Frida melukis karya tangan yang berjudul My Birth menggambarkan seorang wanita yang sedang dalam posisi melahirkan dimana pada waktu itu masih ditabukan oleh masyarakat setempat untuk disaksikan.

Pada tahun 1938, Frida bertemu dengan Andre Breton yang selanjutnya berpengaruh besar terhadap perkembangan karir melukis Frida. Di tahun yang sama Frida berpartisipasi dalam sebuah pameran lukisan yang digelar di Kota New York di Amerika Serikat. Dalam pameran ini beliau berhasil menjual banyak lukisan dan mempertemukannya dengan seorang editor majalah terkenal bernama Clare Boothe Luce yang akhirnya mengadakan kerjasama.

Tahun 1939 Frida dan Rivera memutuskan untuk bercerai dan selama masa ini Frida menghasilkan beberapa lukisan termasuk salah satunya yang berjudul The Two Fridas. Di dalamnya terlihat dirinya dalam sosok anak kembar sedang bergandengan tangan dengan masing-masing sosok mewakili sisi yang berlawanan dari seorang Frida Kahlo.

Pada tahun 1940, beliau dan mantan suami yaitu Rivera memutuskan untuk kembali menikah. Meskipun sudah kedua kali menjalani bahtera pernikahan, tetap saja rumah tangga mereka dipenuhi gejolak yang mengarah kepada kondisi buruk. Namun ini tidak mempengaruhi karir beliau yang semakin cemerlang. Pada tahun ini juga Frida ikut ambil bagian dalam pameran internasional surealis yang digelar di Galeria de Arte. Beliau membawa dua karyanya yang paling banyak memiliki penggemar yaitu masing-masing berjudul The Wounded Table dan The Two Fridas.

Pada tahun 1943, Frida diangkat menjadi profesor lukisan di sekolah tinggi seni rupa La Esmeralda. Memasuki tahun-tahun selanjutnya kesehatan Frida mulai memburuk namun beliau tetap melukis berbagai potret dari dirinya yang selalu digambarkan sebagai sosok dengan tatapan teguh dan tabah.

Akhir Hayat Frida Kahlo

Pada pameran tunggal pertamanya, kondisi kesehatan Frida Kahlo mulai menurun hingga beliau hanya mampu terbaring lemah di tempat tidur dan sesekali datang ke pamerannya menggunakan ambulan dan kursi roda.

Hingga akhirnya Frida Kahlo meninggal dunia pada tanggal 13 Juli 1954 di La Casa Azul, Meksiko dalam usia 47 tahun. Penyebab kematian Frida adalah emboli paru. Selanjutnya karya-karya beliau digantung dengan manis di Museum Frida Kahlo yang berlokasi di Meksiko. Pada tahun 2002, Julie Taymor menyutradai sebuah film yang diangkat dari kisah hidup Rida Kahlo dengan judul yang sama dengan namanya dan berhasil masuk nominasi dalam ajang Academy Awards.  

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel