Fenomena Alam Yang Jarang Melintasi Bumi, Gerhana Matahari Cincin

13 Feb 2023 13:30 573 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fenomena Alam Yang Jarang Melintasi Bumi :  Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam yang kemunculannya terjadi pada saat posisi bulan berada diantara matahari dan bumi sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Sedangkan bulan dalam hal ini mempunyai ukuran yang lebih kecil, tetapi bayangan bulan bisa melindungi cahaya matahari secara utuh karena bulan berjarak 384.000 km lebih dekat letaknya ke bumi. Jika dibandingkan dengan matahri yang berjarak 149.680.000 km ke arah bumi menyebabkan ukuran matahari menjadi terlihat lebih kecil yang menjadi ciri utama munculnya kondisi yang bernama gerhana matahari yang terbagi menjadi beberapa jenis atau bagian yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari hibrida dan gerhana matahari cincin.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin

Melalui artikel kami kali ini akan membahas mengenai gerhana matahari cincin adalah gerhana yang muncul apabila piringan bulan mencapai puncak gerhana yang bisa menutupi sebagian piringan. Gerhana jenis ini terjadi apabila piringan bulan ternyata lebih kecil dibandingkan piringan matahari sehingga posisi tepat pada bagian sisi atau pinggirnya tidak tertutup dengan sempurna lalu membentuk seperti cincin. Kondisi yang tidak tertutup ini adalah piringan matahari dimana bagian sisinya bercahaya dan terlihat seperti sebuah cincin.

Pada umumnya gerhana matahari terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada dalam satu posisi yang sejajar atau segaris dan pada saat bulan sedang melintas diantara matahari dan juga bumi atau saat fase bulan baru. Akibatnya adalah cahaya matahari menjadi terhalang dan menyebabkan adanya bayangan.

Para pengamat yang berdiri di kawasan penumbra tidak akan melihat adanya perubahan karena sorot cahaya matahari dan tidak akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Tetapi cahaya yang diterima berkurang dari sebelumnya 100%. Ini terjadi karena sebagian cahaya tertutup oleh benda langit sebagai pembentuk bayang-bayang. Semakin dekat ke umbra maka semakin besar cahaya matahari yang terhalangi tetapi tidak setiap gerhana matahari yang terjadi bisa membuat bumi gelap sempurna layaknya malam hari.

Gerhana matahari cincin bukanlah sebuah kondisi yang gelap total, justru dari bumi anda bisa menyaksikan dengan jelas matahari berbentuk cincin raksasa dimana seluruh permukaan bulan akan menutupi permukaan bumi. Kondisi ini terjadi karena bundaran bulan ukurannya lebih kecil karena danya variasi jarak bumi.

Dampak Gerhana Matahari Cincin

Adapun dampak yang diberikan dari gerhana matahari cincin atau GMC sebenarnya hampir sama dengan dampak gerhana matahari pada umumnya. Apa saja itu ? Silahkan simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Dampak secara langsung pada hewan

Dalam proses gerhana matahari cincin sebenarnya hampir sama dengan gerhana matahari biasa yaitu memberikan dampak secara langsung dimana yang paling sering terjadi adalah berhubungan pada hewan. Hewan dalam hal ini merupakan mahkluk hidup yang sangat bergantung kepada alam semesta. Dimana bumi ketika gelap menjadi tanda bagi mereka untuk beristirahat atau sebagian justru memulai beraktivitas khususnya hewan nokturnal. Karena gerhana matahari cincin merupakan gerhana yang terjadi dalam waktu yang sebentar dan membuat bumi menjadi gelap dalam waktu sementara, ini akan memberikan pengaruh kepada hewan yang mungkin akan kebingungan karena siklus kegiatan mereka berubah secara tiba-tiba. Tak jarang beberapa hewan menjadi resah dan kebingungan dengan mengeluarkan suara terus-menerus atau bergerak tak beraturan dan keluar dari sarangnya.

2/ Dampak terhadap perkembangan pengetahuan

Untuk manusia kemungkinan memiliki dampak yang tidak terlalu mencolok. Tetapi dampak yang bisa dirasakan adalah berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Dimana bumi yang menjadi planet tempat tinggal mahkluk hidup , matahari dan juga bulan menjadi satelit melakukan suatu fenomena. Pengetahuan ini akan membantu mengembangkan fenomena yang mungkin bisa terjadi dari gerhana matahari cincin atau fenomena yang akan terjadi berhubungan dengan kemunculan gerhana matahari cincin.

3/ Adanya gravitasi bumi

Meskipun dampaknya tidak terlalu dirasa, gerhana matahari cincin merupakan pergerakan antara gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian. Dampaknya tidak langsung kepada manusia namun sedikit demi sedikit menuju ke arah bumi. Menurut NASA dan BMKG menjelaskan dengan adanya gerhana matahari maka jarak antara bumi dengan matahari dan bulan menjadi sedikit mengalami perubahan. Perubahan tersebut memanglah tidak banyak dan tidak terlalu memberikan efek melainkan gerhana matahari menyebabkan bumi berjarak lebih dekat karena adanya gravitasi yang cukup besar.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel