Fakta Singkat Tentang Hibernasi

2 Dec 2022 17:15 203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Singkat Tentang Hibernasi

Istilah hibernasi pada umumnya diaplikasikan terhadap semua jenis dormansi musim dingin pada kelompok hewan vertebrata. Jadi jika didefiniskan, sang hibernator atau pelaku hibernasi adalah hewan yang mayoritas hidup untuk menahan suhu dingin seperti ikan, amfibi dan reptil. Suhu tubuh mereka mendekati titik beku seperti beruang serta beberapa mamalia lainnya akan menghabiskan sebagian besar musim dingin dengan tidur dalam sarangnya. 

Fungsi Hibernasi

Masing-masing hewan di alam semesta ini akan membakar energi sepanjang waktu dimana aktivitas fisik seperti berjalan dan bernapas adalah termasuk ke dalam kegiatan yang membakar energi. Memompa darah dan mencerna makanan juga menjadi serangkaian proses pembakaran energi. Untuk hewan berdarah panas, banyak energi yang dibakar bertujuan untuk menjaga suhu tubuh termasuk ketika mereka sedang tidur, mereka tanpa menyadari sedang membakar energi. Inilah alasan utama hewan mengkonsumsi makanan guna mendapatkan energi yang mencukupi untuk bahan bakar semua proses kegiatan yang dilakukan. Untuk hewan seperti beruang, sistem tubuh akan bekerja dengan baik pada saat ada banyak buah di pohon atau kelinci dan ikan yang bisa ditangkap untuk dimakan.

Dalam hal ini hibernasi menjadi bersifat lebih fluktuatif dari yang diduga sebelumnya. Banyak hewan berhibernasi di dalam gua sepanjang musim dingin, tetapi beberapa melakukan hibernasi di musim dingin, tetapi beberapa yang lainnya melakukan hibernasi di musim panas. Beberapa ikan mungkin berhibernasi dengan cara menutup lendir tahan air ketika danau mengering dan membentuk tanah berlumpur. Burung dan kelelawar mengalami hibernasi harian yang disebut pembekuan.

Tujuan Hibernasi

Hibernasi pada umumnya berhubungan dengan adanya perubahan musim yang membatasi pasokan makanan. Ini diidentifikasikan oleh kondisi depresi metabolik, penurunan suhu tubuh dan pembekuan kondisi seperti tidur yang terganggu oleh periode terbangun yang singkat. Selama musim dingin, tidak ada yang lebih menarik daripada tempat tidur yang hangat. Ini bukan hanya berhubungan dengan masalah kenyamanan tetapi juga berkaitan secara langsung dengan masalah kelangsungan hidup. Hewan dari spesies tertentu telah mengembangkan adaptasi yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama ketika transisi diet menjadi waktu terakhir untuk dilakukan untuk selanjutnya menuju ke kondisi yang dikenal dengan istilah hibernasi. Apa yang akan terjadi ketika melihat seekor hewan tidak aktif yaitu hanya meringkuk saja untuk tidur siang dan malam yang panjang. Perubahan metabolisme yang ekstrim akan terjadi di sini terutama yang berkaitan dengan detak jantung dan pernapasan hewan melambat disertai dengan suhu tubuh turun. Ini tergantung pada spesies masing-masing berlangsung dalam beberapa hari atau minggu berlalu tanpa hewan itu makan, minum atau buang air.

Contoh Hewan yang Melakukan Hibernasi

Ada banyak jenis mamalia yang diketahui sebagai hibernator antara lain adalah kelelawar, tikus, beruang bahkan primata. Tiga spesies lemur kerdil dari Madagaskar dan kukang kerdil dari Vietnam yang tidak aktif. Marmut yang berhibernasi di Amerika Serikat akan menandai bahwa musim dingin akan tiba.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel