Mengenal Kelompok Ordo Mamalia Laut Secara Umum

1 Dec 2022 12:35 342 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Kelompok Ordo Mamalia Laut Secara Umum

Mamalia merupakan kelas binatang vertebrata yang mempunyai kelenjar susu dan berkembang biak melalui cara melahirkan serta dilengkapi oleh sepasang telinga. Sedangkan mamalia laut adalah salah satu jenis mamalia yang hidupnya berada di lautan dimana sebagian dari mereka bergantung sepenuhnya pada laut atau samudera. Tetapi ada juga sebagian dari mereka yang tetap membutuhkan daratan, contohnya adalah pada waktu melahirkan. Mamalia laut atau mamalia air dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan pada ordo diantaranya adalah sebagai berikut. 

1/ Kelompok Ordo Cetacea

Kelompok yang pertama adalah ordo cetacean merupakan salah satu jenis mamalia yang dianggap paling mudah beradaptasi. Ordo ini sesekali akan naik ke permukaan air guna menghirup oksigen. Bintang yang termasuk sebagai ordo cetacea contohnya adalah paus, pesut dan lumba-lumba. Ciri-ciri yang dimiliki oleh cetacea adalah mempunyai lapisan lemak setebal 60 cm. Pada bagian tungkai depan mereka rata-rata berbentuk flipper atau sirip dayung. Sedangkan tungkai belakang berbentuk fluke atau sirip ekor horizontal. Semua ordo cetacea akan muncul ke permukaan air untuk bernafas.

2/ Kelompok Ordo Karnivora 

Kelompok yang kedua adalah ordo karnivora yaitu kelompok mamalia laut yang memiliki sifat saling memangsa daging. Dalam ordo ini dibagi lagi menjadi dua sub-ordo yaitu pinnipedia dan fissipedia. Untuk ordo pinnipedia adalah kelompok yang masih berkerabat dengan anjing dan kucing. Adapun hewan yang termasuk ke dalam ordo pinnipedia adalah singa laut, gajah laut, walrus dan anjing laut. Hewan-hewan ini adalah mereka yang hidup di perairan sejuk. Mengenali kelompok pinnipedia sangatlah mudah yaitu mamalia laut yang berjalan dengan menggunakan sirip mereka. Ciri umum yang dimiliki oleh anggota pinnipedia adalah tubuhnya licin dan ukurannya besar. Dilengkapi dengan tangan yang menyerupai sirip berukuran cukup besar. Rata-rata bentuk tubuh bagian belakang menyempit. Sedangkan ordo fissipedia adalah kelompok ordo yang sebagian besar anggotanya hidup di daratan. Hewan yang termasuk ke dalam ordo ini adalah berang-berang laut dan beruang kutub. 

3/ Kelompok Ordo Sirenia 

Yang ketiga adalah kelompok ordo sirenia disebut sebagai sapi laut adalah mamalia air yang memakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora. Hewan ini lebih banyak membuat tempat tinggal di daerah rawa-rawa, sungai, muara namun ada juga yang hidup di laut. Ciri umum yang dimiliki oleh ordo ini adalah bertubuh gempal, sirip berbentuk bulat, mempunyai moncong serta mulut ada di bawah moncong. Ordo sirenia terbagi menjadi dua kelompok keluarga yaitu trichechidae dan dungongidae. Keluarga trichechidae adalah kelompok yang meliputi semua jenis manatee atau dikenal juga sebagai lembu laut. Sedangkan keluarga dugongidae hanya ada satu saja berupa spesies yang tersisa dari kehidupan masa lalu yaitu dugong. Satwa yang lainnya hanyalah merupakan keluarga dugongidae seperti sapi laut steller namun sayangnya mereka sudah dinyatakan punah.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel