Jenis Pantai yang ada di Bumi

14 Nov 2022 10:18 364 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jenis Pantai Di Alam Semesta Ini

Pantai adalah suatu bentang geografis yang terdapat pada daerah pesisir laut yang terdiri dari beberapa partikel lepas penyusun pantai seperti halnya pasir, koral dan partikel biologis berupa cangkang moluska maupun alga koralin. Kawasan pantai adalah kawasan yang mempunyai dimensi dengan berbagai ekosistem kehidupan di dalamnya dimana seluruh kehidupan mempunyai keterkaitan antara satu sama lainnya.

Jenis-Jenis Pantai

1/ Pantai Landai

Yang dimaksud dengan pantai landau adalah sebuah pantai yang memiliki permukaan relatif datar dan pantai jenis ini mencangkup adanya beberapa pantai seperti pantai mangrove, pantai delta, pantai bukit pasir dan pantai estuarium.

2/ Pantai Curam

Yang dimaksud dengan pantai curam adalah sebuah pantai yang mempunyai bentuk geografis berupa bentuk bentang alam dengan deretan gunung-gunung yang disebabkan karena adanya retakan yang berbentuk memanjang sejajar dengan pantai dan telah terkikis oleh ombak besar yang menjadikan tebing di sekitarnya curam mengelilingi laut yang dalam. Misalnya adalah pantai di sebelah selatan Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sumatera.

3/ Pantai Bertebing / Flaise

Pantai ini memiliki bentuk geografis yang curam pada bagian muka tebingnya dikarenakan terdapat sebuah pegunungan yang melintang tegak lurus terhadap keberadaan pantai. Pantai jenis ini pada umumnya mempunyai laut dengan perairan yang dangkal. Pantai flaise disebabkan karena adanya proses penimbunan hasil rusakan tebing yang terjadi karena adanya abrasi atau erosi. Contohnya adalah Pantai Timang yang terletak di Yogyakarta.

4/ Pantai Karang

Pantai ini memiliki keindahan keanekaragaman terumbu karang membentang di sepanjang pantainya, contohnya adalah pada Taman Bunaken yang letaknya di Manado. Pantai karang muncul karena di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang yang mempunyai panorama pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk melakukan aktivitas seperti berenang atau menyelam sehingga sering dijadikan sebagai objek wisata bawah laut. Misalnya adalah pantai-pantai di Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara serta salah satu yang dijadikan sebagai objek wisata saat ini yaitu Taman Bunaken di Manado. 

5/ Pantai Bukit Pasir

Yang dimaksud dengan pantai bukit pasir adalah pantai yang terjadi karena adanya perbedaan pasang naik dan pasang surut yang besar sebagai akibat karena pantai jenis ini sering bertiup angina laut dan pesisirnya menjadi sangat kering. Contohnya adalah Pantai Parangtritis yang terletak di wilayah Yogyakarta.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel