Percepat Proses Penyembuhan, Inilah Beberapa Obat Sariawan Terampuh !

14 Feb 2023 14:00 443 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Percepat Proses Penyembuhan, Inilah Beberapa Obat Sariawan Terampuh !

Sariawan adalah salah satu penyakit yang kerap dialami oleh semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebabnya adalah dari kondisi seperti stomatitis aftosa yaitu mulai melemahnya daya tahan tubuh, kurangnya vitamin B12 serta pemakaian kawat gigi.

Obat Sariawan Di Apotik

Meskipun sebenarnya sariawan perlahan-lahan dapat sembuh sendiri tetapi jika bisa lebih cepat akan menjadi lebih baik. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis merk obat sariawan paling ampuh yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

1/ Degirol

Degirol adalah obat sariawan pertama yang dokonsumsi dengan cara hisap memiliki rasa lemon yang segar. Obat ini mempunyai fungsi utama sebagai obat untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur di area mulut yang menjadi penyebab munculnya penyakit sariawan, sakit tenggorokan atau radang. Meskipun memiliki rasa yang enak, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Indikasi : bisa untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan seperti gingivitis, periodontitis, faringitis, stomatitis, laryngitis dan angina serta adanya infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.

Kontraindikasi : hipersensitif pada kandungan yang terdapat dalam obat ini. Anak-anak di bawah 6 tahun dilarang mengkonsumsinya.

Perhatian : tidak boleh untuk pemakaian jangka panjang. Hati-hati bagi ibu-ibu hamil dan menyusui, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika sariawan yang menyerang dalam kondisi sangat parah. Jika sariawan tidak hilang dalam beberapa hari segeralah periksa ke dokter.

Rentang harga : Rp. 11.800 sampai dengan Rp. 15.000 untuk 10 tablet.

2/ Enkasari

Enkasari adalah salah satu obat kumur cair yang ampuh untuk mengobati sariawan. Obat ini diproduksi oleh Pt. Kimia Farma yang di dalamnya mengandung ekstrak daun sirih yang terbukti bagus dalam mencegah infeksi karena sariawan. Enkasari juga mengandung daun saga dan mentholatum untuk bisa membantu menghilangkan bau mulut serta menyegarkannya.

Indikasi : membantu mengurangi sariawan, membantu menyegarkan mulut dan mengurangi bau mulut.

Kontraindikasi : hipersensitif dengan komposisi obat herbal ini.

Perhatian : harus disertai menjaga kesehatan rongga mulut secara teratur guna mencegah berkembangnya mikroba penyebab sariawan. Jangan sampai tertelan dan simpan di bawah suhu 30 derajat C.

Rentang harga : Rp. 7.500 hingga Rp. 31.000 (120 ml).

3/ Mix Saga

Obat sariawan yang ketiga adalah Mix Saga yang juga bisa difungsikan sebagai obat batuk dan aman dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung bahan-bahan alami seperti madu, ekstrak daun saga, ekstrak daun sirih serta ekstrak daun pegagan. Bahan-bahan ini merupakan bahan populer untuk mengatasi sariawan karena mempunyai sifat yang mematikan kuman.

Indikasi : mengobati sariawan dan batuk.

Kontraindikasi : hipersensitif pada kandungan bahan-bahan Mix Saga.

Perhatian : untuk pengobatan sariawan hanya perlu teteskan pada area luka sariawan sebanyak 3 kali dalam sehari rutin dilakukan selama sakit.

Rentang harga : Rp. 20.500 sampai dengan Rp. 35.000 ( 10 ml ).

4/ Plester Sariawan Ulceloocin

Berbeda dengan obat sariawan lainnya tersebut di atas, Ulceloocin menawarkan obat sariawan dalam bentuk plester. Sedangkan obat sariawan lainnya rata-rata dalam bentuk tetes dan obat kumur, plester sariawan ampuh untuk mengobati sariawan tanpa rasa perih. Ini disebabkan plester sariawan bekerja sebagai covering agen yang berfungsi menutupi luka sariawan. Plester ini cocok digunakan oleh anak-anak karena aman bila secara tidak sengaja tertelan.

Indikasi : digunakan untuk menutupi segala luka yang ada di mukosa mulut termasuk sariawan karena gusi luka akibat tergigit, panas dalam, pemakaian kawat gigi dan penggunaan gigi palsu.

Perhatian : segera untuk berkonsultasi ke dokter jika dalam 7 hari sariawan atau luka di mulut tidak kunjung sembuh atau bahkan memburuk. 

Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp. 32.000 sampai dengan Rp. 90.000 ( 4 pcs ).

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel