3 Merek Obat Diare Terampuh di Indonesia!

15 Feb 2023 13:15 538 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Simpan 3 Merek Obat Diare Terampuh Ini Di Kotak Obat Anda Di Rumah

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang muncul pada beberapa orang sehingga menyebabkan mereka lebih sering buang air besar dengan kondisi fese yang lebih cair. Gejalanya ditandai dengan perut melilit, kembung, mual, nyeri dan lemas. Adapun penyebab anda terkena diare ini adalah beragam mulai dari terjadinya infeksi pada bagian usus, keracunan makanan hingga efek samping obat-obatan yang bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Pengobatan diare bisa dilakukan secara alami atau mengkonsumsi obat dari apotik sebagai salah satu bentuk pertolongan pertama atau mengunjungi dokter jika kondisi anda semakin buruk dengan ditandai gejala lainnya.

Merek Obat Diare Ampuh Untuk Dewasa

Meskipun diare mungkin bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, tetapi anda tetap perlu melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi dampaknya yang semakin memburuk. Yuk simak daftar nama obat diare paling ampuh berikut ini.

1/ Diapet NR

Daun atau ekstrak jambu biji sejak dulu dipercaya bermanfaat untuk mengobati sakit diare. Sekarang obat ini dikemas dalam bentuk kapsul herbal yang dijual dengan harga terjangkau. Obat diare diproduksi oleh Soho dengan sitem kerja menyerap racun yang mengandalkan active carbon dan attapulgite terkandung di dalamnya. Diapet NR bermanfaat untuk membantu menghentikan buang air besar secara terus-menerus disertai rasa mulas sebagai akibat adanya gangguan sistem pencernaan akan lenyap perlahan-lahan. Obat ini juga membantu mengubah feses yang semula cair menjadi padat.

Indikasi : mengurangi frekuensi BAB dan sekaligus memperbaiki konsistensi feses pada pasien diare. 

Kontraindikasi : hipersensitifitas pada kandungan obat.

Perhatian : tidak dianjurkan untuk anak-anak usia < dari 5 tahun. Penderita disarankan untuk mengkonsumsi larutan cairan elektrolit tubuh. Bila dalam 3 hari tidak kunjung sembuh sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terdekat dengan tempat anda tinggal.

Rentang harga : Rp. 2.800 sampai dengan Rp. 4.500 (4 kapsul/10 kapsul).

 

2/ Oralit

Nama obat diare selanjutnya adalah Oralit. Obat ini termasuk sebagai salah satu andalan yang sudah terlkenal digunakan oleh para penderita sakit diare. Obat ini dijual dalam bentuk serbuk atau bubuk yang dilarutkan ke dalam air hangat. Oralit bisa anda beli tanpa melalui resep dokter di apotik. Efek yang diberikan oleh obat ini baru akan terasa setelah 8-12 jam usai mengkonsumsinya. Takaran bagi orang dewasa adalah sekitar 50-100 ml sedangkan pada anak-anak sekitar 15-100 ml.

Indikasi : mengobati dehidrasi sebagai akibat diare disertai muntah-muntah.

Kontraindikasi : pada penderita gangguan fungsi ginjal, malabsorpsi glukosa, dehidrasi parah serta hipersensitif pada kandungan obat.

Perhatian : disarankan untuk menghentikan pemakaian jika diare berhenti atau sembuh. Juga hentikan pemakaian obat ini jika terjadi gejala seperti adanya kekurangan garam natrium dalam darha. Jika kondisi pasien memburuk, segera bawa ke dokter.

Rentang harga : Rp. 600 hingga Rp. 38.000 ( 1 sachet / 100 sachet).

 

3/ Diatabs

Diatabs termasuk ke dalam salah satu jenis obat diare ternama yang ampuh menyembuhkan sakit diare dari rumah di Indonesia. Obat ini mengandung activated attapulgite yang tersedia di apotik dimana-mana sehingga mudah menemukannya. Ini juga termasuk salah satu jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter guna meringankan kondisi diare. Kandungan magnesium aluminium phyllosilicate di dalamnya mempunyai sifat-sifat alami sebagai penyerap di area lambung dan saluran pencernaan. Sehingga mampu meningkatkan konsistensi feses dan mengurangi kehilangan cairan sebagai akibat diare.

Indikasi : digunakan untuk pengobatan simtomatik pada diare yang tidak diketahuia penyebabnya.

Kontraindikasi : hipersensitif. Obat ini tidak boleh diberikan kepada pasien dengan kondisi konstipasi yang harus dihindari.

Perhatian : para pasien dengan gangguan fungsi ginjal, reaksi hipersensitivitas asma bronkila, obsturksi usus dan hipertrofi prostat. Jika diare pada anak-anak disertai dengan dihidrasi maka pengobatan awal harus diberikan cairan rehidrasi oral seperti oralit. Dapat mempengaruhi absorbs obat lain di dalam saluran pencernaan sehingga dianjurkan minum obat ini antara interval waktu 2-3 jam antara pemberian oral obat lain dengan obat ini. Jangan digunakan lebih dari 2 hari atau pada kondisi demam tinggi. Hindari diberikan kepada anak-anak usia kurang dari 3 tahun kecuali atas petunjuk dokter. Apabila gejala masih berlangsung terus maka harap berkonsultasi dengan dokter.

Rentang harga : Rp. 2.800 sampai dengan Rp. 15.000 ( untuk 4 tablet / 12 tablet ).

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel