Tips Menggemburkan Tanah Liat

2 Nov 2022 15:55 245 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Menggemburkan Tanah Liat

Tanah liat adalah salah satu jenis dari tanah yang umumnya digunakan untuk kerajinan seni. Biasanya tanah ini akan dibuat menjadi piring, mug, guci dan lain sebagainya. Meskipun tidak mudah menemukan jenis tanah ini tetapi ada banyak kerajinan tanah liat yang menghasilkan produk unik dan menarik yang bisa dijual dengan harga lumayan menguntungkan. Tanah liat banyak bermanfaat untuk kebutuhan hidup manusia seperti bahan baku bata, keramik dan bahan bangunan lainnya. Terlebih tanah ini mempunyai sifat yang sangat sulit untuk menyerap air sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan bangunan. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara menggemburkan tanah liat agar mendapatkan hasil optimal ketika dipalikasikan ke dalam bentuk produk pemenuhan kebutuhan rumah tangga manusia.

1/ Fokus olah tanah saat sedang musim kemarau

Cara pertama untuk menggemburkan tanah liat adalah dengan memperhatikan waktu tepat untuk mengelola tanah liat. Ini dilakukan untuk mempermudah menggemburkan tanah liat yang sangat dipengaruhi oleh musim. Di Indonesia sendiri memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Oleh karenanya waktu yang tepat perlu diperhatikan untuk menggemburkan tanah liat yaitu pada saat musim kemarau. Ini bermanfaat untuk menghindari kadar air yang berlebihan di dalam tanah terutama pada saat sedang musim hujan. Meskipun tanah liat sangat kering dan mengeras jika tidak memiliki air, tetapi anda bisa memakainya lagi dengan hanya menambahkan air saja agar tanah liat tersebut bisa dengan mudah dikelola. Jika anda membuatnya pada musim hujan, maka kadar air di tanah akan menjadi tinggi sehingga pada saat ditambahkan air maka tanah liat akan menjadi terlalu basah untuk dibentuk dan menyebabkan tanah liat semakin sulit untuk dikelola.

2/ Kontrol pH tanah

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menggemburkan tanah liat adalah dengan cara mengontrol pH dalam tanah liat. Karena saat tanah liat mengandung pH yang rendah atau terlalu tinggi maka akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi kurang lancar. Lakukan penambahan beberapa komponen guna menetralkan pH pada tanah agar bisa ditanami beberapa jenis tanaman. Dalam hal ini anda harus secara rutin mengontrol pH pada tanah karena tanah mempunyai kecenderungan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Oleh karena itulah gunakan pupuk dengan kandungan amonia, kompos atau sulfur di dalamnya untuk dapat menurunkan tingkat keasaman pada tanah liat jika akan digunakan untuk kerajinan.

3/ Campurkan beberapa bahan pada tanah liat

Cara ketiga yang dapat digunakan untuk menggemburkan tanah liat adalah dengan cara mencampurkan beberapa bahan untuk tanah liat sehingga tanah tersebut bisa menjadi lebih gembur. Tambahkan komponen seperti pasir atau gypsum agar tanah liat tersebut bisa lebih gembur lalu campurkan bahan-bahan hingga merata agar tidak mudah mengering jika terkena sinar matahari.

4/ Gunakanlah pupuk kompos

Cara keempat untuk dapat menggemburkan tanah liat adalah dengan menggunakan pupuk kompos. Ini sering dipakai oleh petani dalam menggemburkan tanah pada umumnya dimana bisa dibantu dengan menambahkan pupuk kompos yang diaplikasikan secara merata pada tanah liat yang akan digunakan. Karena pupuk kompos memberikan nutrisi pada tanah liat sehingga tanah liat menjadi lebih gembur dan kesuburannya tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel