Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

4 Nov 2022 13:45 616 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Memilih jurusan kuliah sangat penting untuk dilakukan sehingga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari agar bisa memilih jurusan yang tepat. Hindari melakukannya dengan mendadak. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam melakukan persiapan pemilihan jurusan yaitu perbanyak informasi, meminta saran dan persiapkan diri dalam menghadapi tantangan.

Anda bisa browsing di internet untuk mengumpulkan informasi tentang apa saja yang perlu dipelajari dari jurusan yang akan dipilih, bagaimana prospek berkariernya, dan kampus mana yang bagus untuk jurusan tersebut. Keputusan dalam memilih jurusan selalu diikuti oleh tantangan yang mendorong anda untuk bekerja lebih keras karena pelajarannya sulit atau harus mencari pekerjaan tambahan karena biaya kuliah yang mahal, harus pindah keluar kota karena jurusan yang diinginkan tidak ada di kampus terdekat dan tantangan lainnya membuat anda harus mempersiapkan diri sejak dini untuk melewati semua tantangan tersebut.

Bagimana Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat ?

Ada beberapa cara yang mudah ditiru agar bisa memilih jurusan kuliah dengan tepat yang menjanjikan kesuksesan dalam karier. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Niatkan belajar dalam diri anda sendiri dan bukan karena diperintah oleh guru, pacar atau takut dimarahi oleh orangtua.
  2. Bulatkan tekad terutama karena anda akan berada jauh dari rumah dan berpisah dengan keluarga seandainya jurusan yang anda pilih tidak ada di dalam kota dimana anda berasal dan tinggal. Jika anda loyo maka bisa dipastikan anda akan kandas di awal-awal karena memikirkan harus hidup mandiri di perantauan dan jauh dari keluarga. Atau anda akan mudah merasa bosan karena harus mempelajari pelajaran-pelajaran yang susah dan banyak tugas dari kampus.
  3. Carilah tujuan mengapa anda harus belajar, seperti karena mau jadi dokter, ilmuan, membahagiakan kedua orangtua atau berguna bagi masyarakat. Cari tahu terlebih dahulu tujuan anda belajar untuk apa ? Kalau hanya untuk ikut-ikutan teman maka agak susah mewujudkan keinginan. Tentukan tujuan belajar untuk apa.
  4. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun anda memiliki dorongan untuk belajar lebih giat karena anda menyukai bidang ini. Tanpa disuruh pun anda sudah berinisiatif sendiri untuk mengumpulkan info secara otodidak dan ketika sudah masuk di jurusan yang dipilih maka anda tidak akan merasa terbebani karena annda memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Pilihlah jurusan dimana anda rela menghabiskan waktu melakukannya meskipun tidak dibayar yang dikenal dengan istilah passion.
  5. Pilihlah jurusan yang ingin anda tekuni sampai akhir hayat. Dengan memilih jurusan yang pas maka anda akan terus belajar tanpa mengenal waktu, tahu-tahu sudah lulus bahkan kadang-kadang tidak sedikit yang menghasilkan karya luar biasa.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel