Mengenal 4 Macam Kenari yang Hidup di Indonesia

17 Feb 2023 14:55 1593 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal 4 Macam Kenari Yang Hidup Di Indonesia

Burung Kenari adalah salah satu jenis burung yang cukup banyak memiliki penggemar sehingga menjadi burung peliharaan di Indonesia. Burung Kenari atau Canary Bird merupakan jenis burung yang disukai karena mempunyai bulu yang cantik berwarna-warni dilengkapi dengan suara kicaunya yang unik dan merdu. Burung Kenari yang memiliki nama latin Serinus Canaria memiliki habitat asli di Kepulauan Canary yang pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut asal Perancis bernama Jean de Berthan Cout pada abad ke-15 kemudian burung ini dibawa ke Inggris dan Portugal untuk dikembangbiakkan. Burung ini selanjutnya masuk ke Indonesia karena dibawa oleh orang-orang Belanda pada penjajahan kolonial dahulu. Berikut adalah beberapa jenis Burung Kenari yang terpopuler dikoleksi oleh penggemar burung di Indonesia.

1/ Kenari Melayu / Kenari Gunung

Kenari Melayu atau Kenari Gunung biasa disebut dengan nama Javan Greenfinch merupakan salah satu jenis Burung Kenari yang berasal dari Indonesia yang umum ditemukan di daerah-daerah pegunungan di Pulau Jawa seperti Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Papandayan, Gunung Lawu dan Pegunungan Tengger. Burung ini mempunyai nama ilmiah yaitu Serinus Estherae yang suka hidup dalam kelompok kecil bahkan beberapa diantaranya hidup menyendiri karena sifatnya yang pemalu. Burung ini membuat sarang mereka di puncak pepohonan atau semak belukar dan di padang rumput. Kenari Melayu mempunyai ukuran tubuh rata-rata kecil yakni sekitar 11 cm dengan warna bulu kuning dan abu-abu. Di Bagian perut warna bulunya putih dengan kombinasi hitam. Burung ini mempunyai paruh tebal disesuaikan dengan makanannya berupa biji-bijian.

2/ Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire adalah jenis Burung Kenari kedua yang berasal dari Inggris memiliki nama ilmiah adalah Serinus Canaria Domesticus dikenal mempunyai ukuran tubuh lebih gagah dan agak besar jika dibandingkan dengan jenis Burung Kenari lainnya. Burung ini juga dilengkapi dengan suara yang merdu tinggi melengking dan sangat nyaring. Kenari ini aktif bergerak dan cukup agresif sehingga banyak diburu oleh para kolektor burung dan menjadikannya memiliki harga jual yang tinggi. Kenari Yorkshire mempunyai tubuh yang gagah dan dada bidang dengan kaki cukup panjang. Bulunya dominan berwarna kuning cerah dengan aksen cokelat kehitaman pada sebagian kepala, ekor dan punggung serta putih pada bagian sayap dan ekornya.

3/ Kenari Waterslager

Jenis Burung Kenari yang ketiga adalah terbanyak dijadikan sebagai pilihan untuk dipelihara dan diperlombakan yaitu diberi nama Burung Kenari Waterslager. Ini adalah jenis Burung Kenari yang berasal dari daerah Fladres di Belgia. Burung ini mempunyai suara kicauan yang khas yaitu menyerupai gemericik suara air pancuran. Secara fisik, burung ini berukuran biasa saja cenderung kecil. Pada umumnya rata-rata panjang burung ini sekitar 16 cm, paruhnya terlihat lancip dan lebih kecil dibandingkan jenis Burung Kenari lainnya. Warna bulu burung ini dominan kombinasi putih dan kuning muda. Ada aksen warna cokelat kehitaman pada bagian tengkuknya. Keunikan lain burung yang memiliki nama ilmiah Serinus Canaria Domesticus adalah kicauannya yang khas dan lebih variatif dibandingkan dengan jenis burung kenari lainnya.

4/ Kenari Spanish Timbrado

Kenari yang keempat bernama Spanish Timbardo adalah salah satu jenis Burung Kenari yang berasal dari Spanyol. Burung dengan nama ilmiah Serinus Canaria Domesticus ini merupakan salah satu jenis Burung Kenari yang banyak diminati oleh pecinta burung kicauan karena mempunyai suara kicau yang jernih dan nyaring juga dilengkapi dengan bentuk tubuh yang bagus yaitu tegap dan kokog dengan dada lebar dan ukuran kaki cukup pendek. Warna bulu yang melekat di tubuh adalah hitam, abu-abu dan semburat kuning di beberapa bagian tubuh. Bagian ekornya membentuk huruf V namun tidak terlalu panjang. Kenari jenis ini merupakan salah satu jenis Kenari yang masih murni dalam artian belum mengalami perkawinan silang dari jenis lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel